Fenomena Kafe Rooftop Makin Banyak Disukai

Sensasi Menyantap Hidangan di atas Gedung Tinggi

Fenomena Kafe Rooftop Makin Banyak Disukai
Hause Rooftop dikala siang hari

Maraknya Kafe atau Resto Rooftop di Jakarta makin mem-booming.  Tempat makan yang terletak pada gedung bertingkat dengan konsep ‘akrab bersama alam terbuka’ ini, menjadi alternatif yang seru untuk menyantap makanan sekaligus menikmati view alam sekitar dari atas gedung.  Termasuk saat ngabuburit atau menaaunggu waktu berbuka puasa.

Selain hawa sejuk dari atap yang outdoor atau semi outdoor, membuat suasana jadi berbeda.  Yah, sebaiknya Traveler pilih kafe atau restauran rooftop yang memiliki area indoornya juga, sehingga ketika turun hujan dapat bernaung area yang indoor.  Menikmati pemandangan Jakarta dengan megahnya gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, sambil menikmati sajian kuliner yang menggiurkan, menjadi sensasi yang mengasyikkan, sekaligus mengurangi stres dari rutinitas kesibukan hari-hari. Memanjakan para foodies dan milenial yang ingin menghabiskan malam di Jakarta sambil makan dan minum.

Berikut ini, 5 restoran dan kafe rooftop di Jakarta yang asyik dan seru untuk didatangi!

Henshin Restoran

Resto ini berada di gedung tertinggi di Jakarta, yaitu di gedung The Westin Jakarta lantai 67 dan 69, Jalan HR Rasuna Said Kavling C-22A, Karet Kuningan, Jakarta Selatan.  Dengan mengusung konsep gastronomi Nikkei (gabungan makanan Jepang dan Peru), Henshin Restoran terdiri dari tiga lantai. Untuk menemukan bar dan lounge, Traveler harus ke lantai 67, sementara restoran fine dining ada di lantai 68 dan 69.

Fenomena Kafe Rooftop Makin Banyak Disukai
Henshin Resto dengan nuansa kaca

Interior restonya sangat unik.  Bar dan lounge memiliki dekorasi lantai keramik bermotif tradisional, serta batu alam yang menghiasi area bar. Sementara itu, dinding restoran terbuat dari kaca, sehingga membuat pengunjung dapat melihat jelas pemandangan ibukota, sembari bersantap dalam hidangan mewah ala fine dining.

Wah, membayangkan menyantap sajian mewah nan lezat sembari memandang lalu lalang bisingnya ibukota dari ketingggian, menjadi satu keseruan yang begitu menakjubkan!

Rocketz Live Coffee

Rocketz Live Coffee, salah satu cafe rooftop Jakarta yang jadi inceran pemburu kuliner dan penikmat keindahan Jakarta ini, menyajikan area duduk dengan pembagian indoor dan outdoor.  Kafe ini terletak di The Nyaman Hotel yang berada di Jalan Tebet Barat 8 Nomor 14.  Mengambil lokasi di area paling atas, Rocketz Live Coffee pun sangat nyaman untuk dijadikan tempat berkumpul bersama teman dan sahabat.

Fenomena Kafe Rooftop Makin Banyak Disukai
Rocketz Live Coffee tetap asri meski di kala siang

Disini, Traveler dapat menikmati udara terbuka meskipun cuaca sedang kurang bersahabat.  Karena adanya area duduk terbuka dan area duduk tertutup, sehingga saat cuaca panas maupun hujan, para pemburu kuliner tetap bisa menikmati dengan nyaman disini.

Menu yang disajikan pun cukup beragam. Selain kopi dan minuman lainnya, disini juga tersedia berbagai makanan ringan dan berat, ada nasi goreng bahkan berjenis pasta juga dapat dipesan disini.  Yah, sambil menikmati santapan lezat khas ala Rocketz Live Coffee, Traveler juga dapat menikmati puas keindahan sunset, perjalanan matahari menyelam ke bumi.

Langit Seduh

Nama Resto Langit Seduh cukup populer dikalangan remaja milenial.  Tidak hanya lidah yang dimanjakan dengan kelezatan masakannya, namun mata pun termanjakan dengan panorama alam sekitarnya.  Langit Seduh berlokasi di rooftop Take Mansion and Hotel yang letaknya di Jalan Kebon Sirih, tepat di selatan kompleks gedung perkantoran Bank Indonesia, Jakarta Pusat.

Kafe yang memang mengincar keindahan lampu-lampu perkotaan ini, buka mulai pukul 5 sore.  Sebagian area kafe dilindungi oleh kanopi kaca tembus pandang.  Sehingga, pancaran sinar matahari sore terutama ketika warna kuning oranye menyala yang mengiringi matahari tenggelam, dapat diintip melalui posisi ini.  Saat duduk di bagian beratap pun, Traveler dapat menikmati langit secara langsung, karena sebagian lainnya atapnya dibiarkan terbuka.

Fenomena Kafe Rooftop Makin Banyak Disukai
Langit Seduh yang berada diantara gedung perkantoran

Secara keseluruhan, Langit Seduh memiliki desain yang sederhana, dengan adanya kursi dan meja yang didominasi warna coklat dan putih. Namun, ketika malam mulai menyapa, suasana sekitar langsung berubah menjadi sangat indah dan memukau, karena pancaran sinar lampu-lampu kecil yang menggantung mulai hidup. Juga hiasan lampu gedung yang menyala, menambah keindahan pemandangan malam Kota Jakarta.

Setengah 6 Kopi

Setengah 6 Kopi di Jakarta ini bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan suasana rooftop yang lebih sederhana.  Berlokasi di Jalan Ciledug Raya nomor 6A, Pesanggrahan, Setengah 6 Kopi memiliki area rooftop yang diatur untuk bersantai di ruang terbuka dengan hamparan rumput sintetis dan area  bean-bag warna-warni sebagai tempat duduk.

Letak Setengah 6 Kopi memang berada di wilayah yang padat kendaraannya, namun sajian yang diciptakannya membuat Traveler yang butuh oase kesegaran dan asupan penyemangat, dapat mampir ke tempat ini.  Dengan menyeruput secangkir kopi seperti kopi susu pandan caramel serta menikmati sajian kudapan lainnya seperti churros dengan saos coklat, atau cireng isi dan lainnya, membuat Traveler kembali bersemangat untuk melanjutkan perjalanan pulang.

Fenomena Kafe Rooftop Makin Banyak Disukai
Suasana santai dan mengasyikkan di Setengah 6 Kopi

Sebagai tempat tongkrongan, posisi di lantai 3 ini merupakan tempat favorit untuk bincang santai dengan sahabat-sahabat.  Display area unik yaitu dengan alas rumput imitasi serta dipenataan meja yang terbuat dari peti bekas peti telur.  Beberapa beanbag warna warni serta lampu-lampu yang menyala ketika malam mulai menyapa, menciptakan panorama cantik yang sangat mengesankan.

Hause Rooftop

Hause Rooftop merupakan tempat nongkrong dengan interior yang nyaman.  Dengan memakai konsep outdoor garden di rooftop, resto yang terletak di Tower 2 MD Place, tepatnya di Jalan Setia Budi Selatan No.7, RT.5/RW.1, Kuningan, Karet Kuningan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta ini, menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan senja bersama kerabat.

Beragam jenis hidangan yang disajikan, ada kuliner ala nusantara dan juga ala western.  Mulai dari aneka pasta, pizza, hamburger, sandwich, hamburger sampai dengan nasi goreng, nasi gila,  sup, hingga berbagai macam ala barbeque. Traveler yang tengah menjalani program diet, resto ini juga menyediakan salad dengan berbagai macam topping serta pilihan nasi dengan kalori rendah, seperti nasi merah.

Fenomena Kafe Rooftop Makin Banyak Disukai
Malam kelap kelip di Resto Hause Rooftop

Suguhan interiornya sangat menarik, mengusung nuansa industrial.  Area bagian dalam Hause Rooftop Bar dan Restaurant ini sangat luas, dimana terdapat desain kursi dan meja yang memanjang.  Sementara pada bagian luarnya, suasana berbeda namun tetap menyenangkan.  Dihiasi dengan berbagai macam tanaman yang banyak diletakkan di setiap sudut. Bahkan, beberapa tanaman ditaruh dalam pot-pot yang digantung di plafon atap teras, sangat asri. Saat malam, suasana teras di Hause Rooftop Bar & Restaurant ini pun terkesan eksotis, dengan menghadirkan lampu-lampu temaram.(Puteri)