Menikmati Wisata di Air Terjun Kakek Bodo, Pasuruan

Menikmati Wisata di Air Terjun Kakek Bodo, Pasuruan
Sensasi Terbuai Irama Alam di Air Terjun Kakek Bodo, Photo by @2novikahildaa

Wisata air terjun memang selalu mengasyikkan!  Akan terbayang segarnya bermain air, menghirup udara sekitar yang menyejukkan serta terbuai dengan irama gemericik air terjun.  Seperti di Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di lereng utara Gunung Welirang, Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Air Terjun Kakek Bodo yang menyajikan keindahan ini memiliki ketinggian air jatuh sekitar 40 meter dan berada di ketinggian 850 mdpl.  Air terjun yang sumber airnya berasal dari Sungai Kaligetik ini, mengalir sepanjang tahun, namun debit airnya sesuai musimnya. Jika musim hujan, debit air jatuh sangat deras, namun jika musim panas, debit airnya agak berkurang. Di bawahnya, terdapat kolam alami dengan kedalaman mencapai 5 meter. Area sekelilingnya didominasi oleh bebatuan sungai yang besar dan licin. Di air terjun ini, Traveler dapat berenang, bermain air, atau hanya sekadar duduk bersantai di batu menikmati keindahan air terjun.

Menikmati Wisata di Air Terjun Kakek Bodo, Pasuruan
Banyak Pepohonan yang mengelilinginya, membuat sejuk suasana sekitar, photo by @frankypoe

Air Terjun Kakek Bodo ini dikelilingi oleh bebatuan yang di topang oleh banyak akar pepohonan, nuansa semi hutan yang rindang dan sejuk sangat terasa saat menjelajah wilayah air terjun ini. Keberadaan Air Terjun Kakek Bodo masuk dalam kawasan Wisata Tretes, berada di tengah hutan lindung yang dikelola oleh RPH Prigen, BKPH Lawang Barat. Di kawasan ini, selain menyajikan keindahan air terjun alami, wana wisata ini juga menawarkan tempat rekreasi lengkap yang cocok untuk piknik keluarga, terbuka untuk umum setiap hari sejak pagi hingga sore hari.

Akses menuju lokasi Air Terjun Kakek Bodo sangat aman untuk dilalui bersama keluarga. Yah, meski air terjun ini berada di tengah hutan, namun kawasan sekitar dan akses jalannya sudah ditata sedemikian rupa.  Tak heran, perjalanan menuju air terjun ini sangat mengasyikkan.  Setelah melewati gerbang, Traveler langsung berjalan ke tengah hutan.  Perjalanan yang berjarak sekitar 1 kilometer ini, benar-benar asyik sehingga Traveler pun tidak merasakan kelelahan.  Dengan lingkungan hutan yang masih terjaga keasriannya, udara yang dihirupkan masih sangat menyegarkan.  Di beberapa tempat, terdapat spesies kera yang hidup liar. Selama tidak mengganggu dan merusak, wisatawan dapat menikmati rekreasi di wana wisata ini dengan nyaman.

Menikmati Wisata di Air Terjun Kakek Bodo, Pasuruan
Airnya Dingin menyegarkan, Photo by @alvin_candra7

Harga tiket masuk Air Terjun Kakek Bodo tergolong sangat terjangkau jika melihat seluruh fasilitas yang disediakan. Harga tiket yang berbeda berlaku untuk turis mancanegara.  Nama air terjun ini diambil dari cerita legenda yang menyelimutinya. Selain dihiasi oleh legenda, Air Terjun Kakek Bodo juga memiliki ragam fasilitas yang memadai. Wana wisata ini menyajikan pengalaman rekreasi di tengah alam terbuka dengan fasilitas yang nyaman.

Aksesnya Mudah

Terdapat tiga gerbang masuk untuk mengakses Air Terjun Kakek Bodo ini. Di antara ketiganya, loket 1 yang berada di Pines Garden Resort adalah gerbang yang paling ramai dikunjungi. Gerbang ini memiliki rute yang paling dekat dan mudah untuk dilalui.  Traveler akan melalui jalan setapak berupa barisan anak tangga yang cukup lebar dan rapi, dengan dihiasi aneka tanaman hias. Banyaknya pohon-pohon yang menjulang tinggi, memberi suasana menjadi lebih teduh. Traveler akan melintasi jembatan yang dibawahnya terdapat aliran sungai berbatu. Ini merupakan salah satu spot yang keren untuk pengambilan foto.

Di sepanjang jalan, Traveler dengan mudah dapat menemukan toilet, mushola, serta  warung maupun penjaja makanan. Traveler dapat beristirahat sejenak di tempat-tempat yang ditemui sepanjang perjalanan ini.

Beberapa spot photo sengaja dibangun guna memanjakan wisatawan yang datang berkunjung, agar dapat mengabadikan dirinya dengan sejumlah spot foto keren sebagai latarnya. Di tengah perjalanan, Traveler akan menemukan kolam renang anak-anak. Dengan ukuran yang cukup luas, kolam renang ini dilengkapi wahana seluncuran.

Menikmati Wisata di Air Terjun Kakek Bodo, Pasuruan
Dikelilingi bebatuan dan ditopang akar-akar besar, Photo by @JatimnewsDotCom

Objek wisata air terjun ini terletak di kawasan wisata Tretes, tepatnya di Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Ada sejumlah gerbang masuk yang bisa dipilih untuk menuju lokasi. Selain Loket 1 yang sudah diceritakan diatas, yaitu yang berada di lokasi yang sama dengan gerbang masuk Pines Garden Resort,  Loket ke-2 dapat ditemukan di Taman Safari II Prigen. Sementara Loket 3 berada di belakang Hotel Surya. Ini adalah gerbang masuk bagi pendaki Gunung Arjuna. Rute dari gerbang ini lebih cocok untuk pendaki-pendaki yang berpengalaman karena jaraknya cukup jauh.

Sejarah dinamai Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo berkaitan erat dengan sejarah masa lalu yang terjadi di era penjajahan Belanda.  Bagi masyarakat sekitar, kisah masa lalu ini yang menjadikan air terjun ini dinamai Air Terjun Kakek Bodo.

Konon, saat itu ada seorang kakek yang menghabiskan masa hidupnya pada sebuah keluarga Belanda.  Si kakek ini hidup tenang karena segala kebutuhannya dijamin oleh keluarga Belanda ini.  Suatu hati, entah kenapa, tiba-tiba si kakek meninggalkan semua fasilitas kenyamanan yang selama ini diterimanya.  Keluarga Belanda ini pun merasa heran dan akhirnya menganggap si kakek ini bodoh, karena meninggalkan kenyamanan dan kekayaan yang dimilikinya ini.

Menikmati Wisata di Air Terjun Kakek Bodo, Pasuruan
Jembatan warna warni, salah satu spot instagramable, Photo by @yoli_pasuruan

Si kakek itu ternyata pergi ke sebuah air terjun, bertapa disana guna mendapatkan kesaktian.  Kesaktian yang diperolehnya ini guna dapat menolong warga setempat yang mengalami kesulitan.  Air terjun tempat kakek ini bertapalah, yang saat kini disebut-sebut Air Terjun Kakek Bodo, seperti yang dijuluki keluarga Belanda itu kepada kakek ini.  Saat ini, makam Kakek Bodo itu masih ada, bentuknya berupa bangunan serupa rumah dengan atap limas. Makam Kakek Bodo terletak di sebelah timur jalan setapak yang akan mengantar pengunjung ke puncak air terjun, yang hanya berjarak 100 meter.  Makam ini dianggap keramat oleh warga sekitar.  Wisatawan yang ingin berziarah tidak bisa sembarang untuk datang ke makam ini.(Rafa)