Green Bowl Beach, A Hidden Beach in Bali

Letaknya Tersembunyi Menyerupai Mangkok

Green Bowl Beach
Pantai Tersembunyi yang Menangkan

Pantai Green Bowl di Bali memang tidak setenar pantai-pantai di Bali lainnya.  Namun, destinasi pantai satu ini menjanjikan surga pantai tak kalah dengan keindahan pantai lainnya.  Dengan keindahan alam batu karangnya yang menakjubkan, gagahnya ombak yang cukup besar yang membuat para peselancar handal tak kuasa untuk segera menikmati ombaknya ini, serta air lautnya yang bersih dengan warna kehijauan yang membuat setiap orang melihatnya menjadi merasa tenang.  Yang lebih mengasyikkan lagi, suasana pantai Green Bowl tidak seramai pantai-pantai di Bali lainnya.  Sehingga Traveler merasa nyaman dan tenang bisa menikmati puas untuk beristirahat, bermanja-manja dengan udara dan suasana pantai.

Green Bowl Beach
Pantai berpasir dan Indahnya Deretan Batu Karang Kehijauan

Pantai Green Bowl Bali, merupakan salah satu pantai pasir putih terbaik di bagian selatan pulau Bali dengan lokasi pantai tersembunyi.  Sebagian besar landscape  Pulau Bali bagian selatan berupa perbukitan. Otomatis Pantai Green Bowl ini berada di bagian bawah bukit. Nah, bibir pantai Green Bowl berada di bawah tebing, hal ini sangat menarik bagi Traveler yang menyukai pantai indah serta sepi.  Kawasan bibir pantainya masih sangat alami dan bersih dengan pasir putihnya, hal ini menjanjikan keasyikkan untuk bermain puas di sepanjang hamparan pantai ini.

Lokasi Pantai Green Bowl Bali berada di titik paling selatan pulau Bali. Tepatnya berada di desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung – Bali.  Traveler dapat melalui jalan menuju arah pura Uluwatu dan menanyakan lokasi hotel Bali Cliff, untuk mempermudah menemukan lokasi Green Bowl Beach ini.  Selain itu, lokasi Green Bowl Beach juga berdekatan dengan dua pantai pasir putih terkenal di Bali selatan, yaitu Pantai Pandawa Kutuh dan Pantai Melasti Ungasan.

Green Bowl Beach
Tangga menuju dan kembali dari pantai

Pantai Green Bowl memang cukup dikenal dengan ombak lautnya yang dahsyat dan mengasyikkan. Memancing adrenalin bagi para peselancar handal.  Gelombang air laut di bagian dalam pantai sangat kuat dan tinggi, mungkin karena ombak tinggi dan kuat menyebabkan pantai Green Bowl Ungasan banyak dikunjungi wisatawan yang hobi surfing. Tah heran, sebagian besar wisatawan yang suka datang ke pantai ini memiliki tujuan untuk berselancar dan berjemur. Banyak peselancar asing menikmati hobinya di pantai ini.

Selain pantai berpasir dan indahnya deretan batu karang kehijauan, Traveler juga dapat mengeksplore goa-goa kecil yang terdapat di sekitar bibir pantai, tempat kelelawar bersarang. Di siang hari, akan tampak terlihat ratusan kelelawar tidur menggantung di langit-langit goa. Asalkan tidak mengganggu waktu tidurnya, Traveler dapat masuk ke bibir goa dan memotret kelelawar-kelelawar ini.

Green Bowl Beach
Banyak Goa-Goa Kecil

Green Bowl Beach lebih dikenal dengan nama Pantai Bali Cliff, karena dulu terdapat Hotel Bali Cliff, yang letaknya tepat berada di atas tebing pantai. Pantai ini pun juga disebut-sebut dengan nama Hidden Beach Ungasan, karena lokasinya yang berada di desa Ungasan yang letaknya tersembunyi.  Sementara itu, asal muasal nama menjadi sebutan Green Bowl Beach, karena ketika air pantai ini surut, maka karang-karang sekitar yang ditumbuhi lumut hijau membentuk menyerupai mangkok, sehingga dijuluki ‘green bowl’ yang artinya mangkuk hijau.  Selain itu, pantai ini kalau dilihat dari atas tebing juga tampak pemandangan menyerupai bentuk mangkuk yang berwarna hijau.

Green Bowl Beach letaknya cukup tersembunyi.  Untuk menuju ke lokasi pantai ini, dibutuhkan tenaga ekstra dalam perjalanannya.  Karena, untuk menjangkau Pantai Green Bowl Bali, Traveler harus menyiapkan stamina yang cukup untuk menuruni anak tangga yang jumlahnya kurang lebih 328  anak tangga. Ini jalan satu-satunya untuk sampai ke pantai Green Bowl.  Setelah melalui deretan anak tangga kecil yang berliku dan cukup curam, melewati hutan kecil juga harus waspada terhadap beberapa monyet nakal saat melewati hutan tersebut, Traveler akan menemukan surga tersembunyi di Desa Ungasan ini.   Rasa lelah setelah berjalan akan terbayarkan begitu mencapai kawasan bibir pantai yang masih sangat alami dan bersih dengan pasir putihnya ini.

Green Bowl Beach
Dunia Asyik bagi Peselancar Handal

Untuk memudahakan menemukan lokasi Green Bowl Beach ini, Traveler dapat melalui jalan raya menuju arah tempat wisata Pura Luhur Uluwatu Bali dan menanyakan lokasi hotel Bali Cliff untuk mempermudah menemukan lokasinya.  Arahkan kendaraan menuju Pura Uluwatu atau Garuda Wisnu Kencana (GWK), setelah sampai di GWK, akan menjumpai sebuah perempatan jalan.  Lalu ambil arah kiri sampai kira kira 3 km. Setelah itu akan ada papan petunjuk yang mengarahkan pada Pantai Bali Cliff (patokan Pantai Green Bowl).  Dari situ,Traveler hanya perlu mengikuti petunjuk selanjutnya. Sesampainya di tebing Bali Cliff, Traveler dapat menitipkan kendaraan di area parkir dengan membayar 5 ribu rupiah.  Area parkir disini cukup luas.

Disarankan jika ingin berwisata ke pantai ini, sebaiknya sudah membawa beberapa makanan atau snack ringan serta minuman. Karena disekitar areal pantai tidak ada pedagang makanan. Pedagang makanan dan minuman hanya akan ditemui di sekitar areal parkir diatas tebing. Dan jangan lupa selalu menjaga kebersihan pantai dengan membawa kembali sampah dari plastik atau minuman yang Traveler bawa.(Niel)