Gugusan Karang Cantik di Pantai Batu Picah, Biak

Semburan Ombak Menghantam Karang Hingga Setinggi 15 meter.

Pantai Batu Picah
Serunya di Pantai Batu Picah, Photo by @papuakel

Salah satu kekayaan alam di Biak yang terkenal dan sering dikunjungi banyak wisatawan adalah Pantai Batu Picah.  Keindahan Pantai Batu Picah atau yang suka disebut Pantai Batu Gong, sangat terkenal dan tersohor di Biak.  Pantai ini merupakan pantai yang mempunyai gugusan karang, yang dipahat secara alami oleh hantaman ombak, menciptakan tekstur karang yang cantik dan menarik.  Bentuk karang ini sangat indah, bagaikan potongan meja di pinggir laut yang dapat memecah ombak di bibir Samudera Pasifik.  Keindahan karang-karang alami ini terbentuk di pantai pesisir utara Biak, Papua.  Biak merupakan pulau kecil yang terletak di Teluk Cendrawasih dekat sebelah utara pesisir Papua. Posisi Biak berada di sebelah barat laut Papua Nugini.

Pantai Batu Picah
Lempengan Karang Bak Meja Tepi Laut

Pantai Batu Picah memiliki karakter pantai yang berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya di Indonesia.  Pantai ini bukanlah pantai yang bisa digunakan untuk berenang, karena medannya yang berupa batu karang serta hempasan ombaknya yang penuh fantastis. Harus hati-hati jika Traveler ingin menginjakkan kaki di atas karang-karang ini.  Permukaan karang yang terhampar di  sekelilingnya mempunyai sudut-sudut yang tajam.

Pantai Batu Picah
Debur ombak yang Maha dahsyat di Pantai batu Picah

Pantai Batu Picah merupakan fenomena alam yang sangat indah yang terletak di Kabupaten Biak Numfor, Papua. Jika ingin menyaksikan keindahan yang sempurna, sebaiknya Traveler datang pada waktu sore hari ketika ombak sedang tinggi-tingginya.  Saat gelombang pasang, ombak Samudera Pasifik menerpa batu gamping koral dari Formasi Mokmer ini, maka terciptalah semburan air yang menjulang hingga setinggi 15 meter.  Tingginya semburan air itulah yang menjadi daya tarik utama dari Pantai Batu Picah ini.  Kolam-kolam kecil di tepiannya terisi air laut saat ombak menyembur tinggi dan menghempas bibir karang.  Airnya terlihat sangat jernih. Air di pantai ini terhubung langsung dengan Samudera Pasifik.

Pantai ini tergolong sunyi dan sepi.  Dari atas karang yang paling tinggi dan sedikit menjorok ke laut, terdapat hamparan rumput hijau yang sangat cantik dan begitu memanjakan pandangan mata.  Banyak yang datang kesini memanfaatkan tempat ini untuk bersantai, menikmati suara debur ombak serta birunya cakrawala.  Selain itu, Traveler juga dapat menikmati keindahan birunya Laut Banda yang sangat luas, serta cantiknya gugusan Pegunungan Nipanipa.

Pantai Batu Picah
Indahnya Panorama Pantai Batu Picah, Photo by hitspapuadotId

Pantai Batu Picah berlokasi di Distrik Warsa Kabupaten Biak Numfor, tepatnya berada sekitar 75 kilometer dari Kota Biak, Papua.  Akses menuju Pantai Batu Picah cukup mudah, karena berada di Desa Lalonggaluku, Kecamatan Sampara.  Pantai ini berada di Biak Utara, sekitar 2-3 jam perjalanan dari kota Biak.(Adhit)