Menikmati Kelezatan  Udang Selingkuh, Kuliner Khas Wamena di Tanah Papua

Masakan Udang Selingkuh Menggugah Selera

Udang Selingkuh
Udang Selingkuh, Kuliner Khas Papua

Namanya bukan mengada-ada, benar-benar nama bahan pokok makanan salah satu sajian kuliner khas Tanah Papua.  Yah, ‘udang selingkuh’ merupakan sebutan dari udang air tawar yang bisa ditemukan di Sungai Baliem, Kabupaten Jayawijaya, Papua.  Namanya udang namun penampakannya mempunyai capit kepiting.  Itulah kenapa binatang ini disebut ‘udang selingkuh’ karena merupakan hasil dari indukan udang yang ‘berselingkuh’ dengan kepiting.  Sebutan lainnya, merupakan lobster air tawar yang berjenis crayfish atau udang karang yang memiliki capit kepiting dengan warna kebiruan.  Namun, warna kebiruan ini berubah menjadi jingga setelah udang ini dicuci dan direbus.

Udang Selingkuh
Disantap dengan Sambal Terasi, Menjadi Nikmat

Sajian masakan udang selingkuh benar-benar menggugah selera.  Dalam penyajiannya, udang selingkuh biasanya direbus atau digoreng, namun masyarakat Papua gemar mengolahnya dengan cara dibakar dengan menambahkan garam saja. Aromanya langsung menggiurkan.  Selain itu, aneka resep lainnya yang dapat menciptakan kelezatan dari udang selingkuh ini, dapat Traveler coba, seperti saus mentega, saus tiram, saus padang, asam pedas, atau saus asam manis.

Cita rasa udang selingkuh hampir sama dengan udang pada umumnya, namun teksturnya terasa lebih lembut.  Udang selingkuh memiliki perpaduan rasa gurih, manis dan legit.  Dalam penyajiannya, sepiring udang selingkuh rebus disajikan bersama kangkung tumis atau sayur bunga pepaya, nasi hangat dan kombinasi sambal colo-colo.  Wow, benar-benar menggugah selera!

Udang Selingkuh
Varian masakannya, mentega, asam manis, asam pedas dan lainnya

Banyak manfaat buat kesehatan jika Traveler mengkonsumsi udang selingkuh ini. Selain rasanya yang memang sangat lezat, udang selingkuh juga mengandung kalsium dan protein yang tinggi, namun rendah kalori.  Selain itu, udang selingkuh juga memiliki kandungan mineral, fosfor dan zinc yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.  Namun, lantaran ukuran udangnya luar biasa besar, harga udang ini pun tergolong mahal.  Satu porsi udang selingkuh bisa dibanderol sampai harga Rp 500.000.    Bahkan bila tidak sedang musim panen udang selingkuh, harganya bisa mencapai Rp 1.000.000-an.

Kuliner udang selingkuh banyak Traveler temui di berbagai resto seafood di kota Wamena. Tak heran, wisata kuliner udang selingkuh merupakan kuliner khas Wamena yang sayang dilewatkan jika Traveler sedang singgah ke Papua.(Putri)