Danau Love Nan Eksotis, Danau Indah di Papua

Danau yang Dikelilingi Savana nan Luas

Danau Love
Danau Love dikelilingi padang savana nan luas

Keindahan alam Papua memang tak ada habisnya untuk dibicarakan.  Alamnya yang selalu menakjubkan ini, banyak menyajikan spot-spot unik yang seru dan asyik untuk disambangi.  Seperti pada wisata alam Danau Love, danau yang sangat cantik dan indah ini.  Danau yang terletak di Kecamatan Ebungfau, Kabupaten Jayapura, Papua ini memiliki bentuk unik seperti bentuk love atau hati, makanya disebut Danau Love. Namun, masyarakat setempat menyebutnya Danau Imfote.

Danau Love atau Danau Imfote ini seringkali menjadi serbuan wisatawan untuk menghabiskan waktu sambil menikmati keindahan alam Papua dan menyaksikan langsung danau yang berbentuk hati ini.

Danau Love
Danau Imfote, sebutan masyarakat sekitar untuk Danau Love ini

Sebenarnya danau ini tidak begitu besar, makanya sering juga di sebut Teluk Cinta, namun modelnya yang unik menyerupai ikon hati serta memiliki permukaan air yang tenang, menciptakan panorama yang begitu mempesona.  Apalagi jika menikmatinya dari atas bukit, pemandangan danau ini menjadi latarbelakang Traveler berfoto. Dengan dikelilingi bukit-bukit nan hijau serta gunung yang masih indah dan asri, menjadi  satu kesatuan panorama Danau Love semakin cantik.  Yah, Danau Love terlihat begitu indah dengan latar belakang keindahan Danau Sentani yang begitu luas serta ketinggian Gunung Cyclop yang berfungsi sebagai sumber air bagi warga Kabupaten dan kota Jayapura.

Danau Love letaknya masih dalam kawasan Danau Sentani yang sangat luas dan dikelilingi banyak bukit-bukit.  Untuk mencapai lokasi Danau Love, butuh perjuangan yang cukup menyita tenaga.  Disarankan untuk menggunakan jasa pemandu wisata dari masyarakat setempat yang sudah mengenal akrab kawasan ini, agar Traveler tidak tersesat.

Danau Love
Sangat Indah jika Dinikmatinya Dari Atas Bukit

Dari Bandara dibutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di Danau Imfote.  Traveler dapat memilih transportasi melalui air atau darat.  Jika memilih melalui jalur air, dapat menggunakan perahu atau speedboat dari pelabuhan Yahim yang berada di belakang Bandara Sentani ke pelabuhan Kawi di desa Putaly.  Jika memilih melalui jalur darat, perjalanan menuju ke Danau Love dapat di tempuh dengan roda dua atau roda empat.  Traveler akan melalui perjalanan dengan jalur yang berkelok-kelok, namun perjalanan panjang ini selalu menyajikan panorama alam yang cantik. Di sebelah kanan jalan, pandangan mata dimanjakan dengan hamparan biru Danau Sentani dengan pohon sagu di tepiannya. Sementara di sebelah kiri jalan terdapat hutan lebat Abepura yang tampak asri menyejukkan.

Di awal perjalanan darat, Traveler akan menelusuri Danau Sentani terlebih dahulu, setelah itu akan memasuki padang savana yang sangat luas. Tak lupa juga melewati beberapa perkampungan warga.  Pada perkampungan warga ini, banyak hewan berkeliaran bebas, seperti babi bahkan Burung Kaswari juga berkeliaran bebas di pekarangan rumah.

Danau Love
Danau dengan Permukaan Airnya yang Tenang

Setelah menempuh perjalanan berkelok-kelok dan naik turun, akhirnya tiba di pemberhentian untuk membeli tiket masuk mobil. Setelah dari pemberhentian, jalan mulai berubah, tidak beraspal lagi dan hanya tanah.  Namun, dari sini keindahan Danau Love sudah mulai tampak.  Danau Love yang  dikelilingi padang savana yang sangat luas ini, memiliki fasilitas shelter dan toilet yang cukup terawat.(Adhit)