Sensasi Air Terjun Seluang Bersisik Emas

Dikelilingi Hijaunya Pepohonan

Air Terjun Seluang Bersisik Emas
Air Terjun Seluang Bersisik Emas yang Mempesona

Namanya cukup unik, Air Terjun Seluang Bersisik Emas.  Air terjun ini terletak di desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi.   Tempatnya masih sangat alami, udara sekitarnya sejuk serta lingkungannya terasa masih belum terjamah.  Traveler dapat memanjakan diri dengan berendam dan mandi langsung dibawah pancuran air terjun ini dan merasakan betapa dingin dan segarnya air terjun ini.

Air Terjun Seluang Bersisik Emas
Segarnya Udara Sekitar Air Terjun, Photo by @m.adityaputraa

Air Terjun Seluang Bersisik Emas memiliki daya tarik tersendiri.  Lokasi air terjun yang dikelilingi hutan-hutan lebat diantaranya terdapat tanaman kayu manis (casiavera) serta pohon-pohon bambu. Yah, sekepal surga kekayaan alam yang sangat indah ini, menyajikan pesona yang begitu menakjubkan.  Air terjun ini memiliki tinggi sekitar kurang lebih 160 meter.  Dengan ketinggian seperti ini, membuat jatuhnya air yang berasal dari ketinggian yang cukup tinggi ini, menimbulkan hujan embun atau agak berawan di sekitar air jatuh, hal ini menambah pemandangan semakin indah.

Air Terjun Seluang Bersisik Emas berada di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. Dari pusat Kota Sungai Penuh Kerinci menuju desa tersebut kurang lebih 45 kilometer, dan bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4 selama kurang lebih 1,5 jam perjalanan.  Dari Desa Lempur, Traveler masih harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun.  Agar nyaman dan tidak salah arah, sebaiknya Traveler mengambil jasa seorang pemandu yang berasal dari warga Desa Lempur, yang memang sudah menguasai medan kawasan ini. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 30 menit ini.

Air Terjun Seluang Bersisik Emas
Masih Sangat Alami, Panoramanya Sangat Mempesona

Di sepanjang perjalanan, Traveler akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan alam yang mempesona, juga menyaksikan berbagai artefak peninggalan budaya masa lampau seperti batu bedil, batu kursi, mesjid kuno dan bilik padi yang berusia ratusan tahun.  Traveler akan melewati Benteng Perjuangan Depati Parbo, yang letaknya memang dekat dengan Air Terjun Seluang Bersisik Emas ini.(Rafa)