Hamparan Panorama Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung merupakan tempat favorit bagi warga setempat untuk menghabiskan waktu akhir pekan mereka, menikmati panoramanya dan melepaskan kepenatan.

photo by cingcingpolitaa
photo by cingcingpolitaa

Menengok keindahan Danau Toba dari ketinggian mungkin akan terasa lebih menyenangkan. Seperti melalui Bukit Indah Simarjarunjung yang terletak di Jalan Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Pemandangan Danau Toba pun semakin cantik dan menarik dilihatnya.

Untuk menuju ke lokasi ini, jika dari Kota Medan traveler pergi menuju Berastagi. Kemudian menuju ke arah Samosir atau bisa juga ke arah Parapat. Setelah itu, perjalanan masih harus diteruskan menuju ke Simalungun kemudian lanjutkan ke aeah Simarjarunjung.

photo by Ayu_srn7

Biaya tiket masuk di Bukit Indah Simarjarunjung sebesar Rp 5 ribu. Sedangkan untuk biaya parkir motor Rp 2 ribu dan biaya parkir untuk kendaraan roda 4 atau mobil sebesar Rp 3 ribu.

Bukit Indah Simarjarunjung merupakan tempat favorit bagi warga setempat untuk menghabiskan waktu akhir pekan mereka, menikmati panoramanya dan melepaskan kepenatan. Di sini traveler akan merasakan nyaman, karena hembusan angin sejuk menyambut kedatangan traveler serta udara yang segar sehingga bisa membuat kondisi bugar kembali.

Selain itu, di Bukit Indah Simarjarunjung terdapat pepohonan pinus yang tingginya bisa mencapai 7 meter serta fasilitas yang lumayan banyak. Beberapa fasilitasnya yaitu, spot-spot selfie yang instagramable, gardu-gardu panjang yang bergambar 3d sehingga terasa lebih nyata.

Ada satu yang menarik perhatian, yaitu balon udara. Traveler bisa mencobanya, menikmati panorama alam di balon udara rupanya akan menjadi kenangan tersendiri. Selain itu terdapat beberapa wahana yang menantang adrenalin. Bagi traveler yang tidak takut ketinggian dan suka tantangan, bisa langsung mencoba sky bike. Tidak sampai di situ saja, terdapat flying fox sepanjang 100 m. Adrenalin akan terpacu ketika meluncur, karena berbatasan langsung dengan jurang. Ada juga ayunan yang bisa traveler coba dan nikmati sensasinya.

Sejauh mata memandang di Bukit Indah Simarjarunjung panorama alamnya sangat mengesankan. Dari arah Barat akan terlihat keelokan Danau Toba beserta Pulau Samosir dan Gunung Pusuk Bukit. Jika traveler menengok ke arah Timur akan melihat panorama kota Asahan dan Batubara.

Sedangkan dari arah Selatan menyuguhkan kemegahan Gunung Sinabung dan dataran tinggi Kabupaten Karo. Dan yang terakhir dari arah Utara, akan terlihat keindahan Kota Balige. Semua itu akan terlihat lebih ekstosis pada saat matahari akan terbit atau matahari kan tenggelam.

Disarankan untuk tidak berkunjung pada saat musim hujan, pasalnya jalanannya licin dan karena tempatnya berada di ketinggian, tujuannya supaya meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. (AS/IPG)