Hanyut Menikmati Perkasanya Air Terjun Madakaripura

Debit Air Jatuh Selalu Stabil Sepanjang Tahun,

Air Terjun Madakaripura
Terkesan Gagah dengan Tinggi 200 meter

Air terjun Madakaripura adalah air terjun yang sangat indah dan memiliki pesona magis yang begitu kuat. Pesona ini membuat siapa pun merasa penasaran dan ingin selalu mengunjungi tempat ini.  Apalagi, Air terjun Madakaripura ini berada tepat di lereng Gunung Bromo dengan ketinggian 1000 mdpl. Sudah pasti udara disini sangat sejuk berpadu dengan hijaunya alam menjadikan siapa saja betah berada di sini!

Air Terjun Madakaripura adalah air terjun tertinggi kedua di Indonesia.  Yah, melihat tingginya air terjun ini, menciptakan image betapa megah dan gagahnya Air Terjun Madakaripura ini.  Kegagahannya tertorehkan lewat jatuhnya air yang sangat perkasa. Ditunjang dengan pesona alam sekitarnya yang masih sangat asri dan menyejukan, menjadi nilai tambah bagi keindahan yang dimiliki air terjun ini.

Masih berada di kawasan Taman Nasional Gunung Bromo – Tengger – Semeru, Air Terjun Madakaripura  yang spektakuler ini akan dengan mudah dijangkau.  Kira-kira 1 jam perjalanan ke sebelah utara dari Gunung Bromo, Traveler akan menjumpai air terjun ini.  Di sebut juga sebagai air terjun abadi, karena biasanya air terjun irigasi memiliki debit air naik turun, sementara Air Terjun Madakaripura selalu memiliki debit air yang stabil sepanjang tahun, dan yang terpenting adalah airnya selalu jernih dan menyegarkan.

Air Terjun Madakaripura
Bentuk Air Terjun yang Melingkar

Air Terjun Madakaripura berbentuk goa dengan ketinggian kurang lebih 200 meter. Dan memiliki luas kurang lebih 25 meter. Uniknya, bentuk air terjun disini melingkar. Sebelum Traveler mencapai air terjun utama, terlebih dahulu akan disambut dengan 4 air terjun lainnya, yang salah satunya berbentuk seperti sebuah rongga. Jika dilihat lebih detail, jatuhnya air sangat unik sekali. Yaitu, dari satu titik lalu jatuh ke bawah dengan menyebar, seperti layaknya air hujan.  Sangat mengesankan dan nikmat dirasakan.  Hempasan air yang begitu deras membuat butir-butir air bagai kabut meliputi permukaan danau / kolam sedalam 7 meter di bawah air terjun ini.

Begitu pula saat mendengarkan debur air yang jatuh ke tengah kolam, suara air terjun ini menghadirkan gelombang yang mampu menimbulkan efek nyaman dalam pikiran.  Suara air terjun dapat dikatakan sebagai relaksasi bagi seseorang yang ingin menenangkan pikiran.  Selain itu, Traveler juga dapat menyambangi goa yang terletak di sekitar air terjun. Diyakini bahwa goa ini pernah menjadi tempat meditasi dari Patih Gajah Mada. Di tempat inilah, menurut cerita yang sudah turun temurun, Patih Gajah Mada yang berasal dari kerajaan Majapahit ini mendapat kesaktiannya namun di tempat ini pula diyakini kesaktian tersebut menghilang secara mistis.  Bahkan, air terjun ini dipercaya sebagai tempat peristirahatan dan pertapaan sang patih hingga masa akhir hidupnya.  Sampai saat ini, legenda cerita ini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Secara global, medan untuk mencapai lokasi air terjun ini tidak terlalu sulit, karena jalan menuju kesana sudah ditata sedemikian rupa, memudahkan Traveler untuk menjangkaunya. Begitu sampai di lokasi parkir mobil, disarankan untuk menaik gojek menuju pintu loket / pos masuk ke Air Terjun Madakaripura, karena jarak dari parkiran mobil ke pintu loket cukup jauh.  Dari pintu loket, Traveler masih harus berjalan kaki menuju lokasi air terjun.  Trekking perjalanan ini cukup mengasyikkan, karena jalannya cukup landai, tidak naik turun seperti bukit.  Akan melalui jalan setapak, jembatan dan menemui sungai dengan airnya yang jernih menyegarkan.  Yah, medan yang dilalui cukup beragam, jalan berbatu dan beberapa di antaranya sudah berupa jalan yang rapi namun sering rusak ketika terjadi banjir bandang, termasuk menyeberangi beberapa sungai.   Selain itu, sepanjang perjalanan ini, Traveler akan dimanjakan dengan keindahan hijaunya pohon-pohon di tebing dan bukit-bukit sisi kiri dan kanan.

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun tertinggi kedua di Indonesia

Disarankan juga untuk memakai jas hujan yang dapat dibeli di pintu masuk. Hal ini untuk mempermudah Traveler agar tidak basah terkena cipratan air terjun.  Karena sepanjang tebing menuju Air Terjun Mandakaripura, jatuhnya air terjun ini sangat deras yang bisa membuat siapapun yang lewat keimbas tampias cipratannya.

Air Terjun Madakaripura berada di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Kota besar terdekat dengan kawasan ini adalah Surabaya dan Malang. Perjalanan dari Surabaya sekitar 3 jam menuju kawasan Bromo lalu dilanjutkan ke Air Terjun Madakaripura.

Dengan mengambil rute perjalanan Probolinggo – Bromo melalui Tongas, nanti Traveler akan menemukan pertigaan sukapura. Kemudian belok kanan menuju ke lumbung, sesampainya di lumbung arahkan kendaraan menuju ke Pasar Lumbang, kemudian belok kanan dan akan tiba di lokasi air terjun ini.(Raditya)