Icip-Icip Sate Kambing Bu Hj. Bejo, Solo

Sensasi Menikmati Kelezatan Daging Kambing

Icip-Icip Sate Kambing Bu Hj. Bejo
Sate Buntel, Menu Favorit

Kota Solo memang dikenal banyak menyajikan kuliner yang kelezatannya tak dipungkiri lagi.  Salah satunya yang terkenal dan cukup legendaris adalah Sate Kambing Bu Hj. Bejo.   Warung makan yang berlokasi di Jalan Sungai Sebakung No. 10, Kedung Lembu, atau yang lebih terkenal dengan Lojiwetan Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta ini, sangat sederhana.  Namun lokasinya ini cukup strategis, di dekat Pasar Kliwon sehingga banyak pembeli yang rela antri untuk menikmati sajian lezatnya masakan ini.

Icip-Icip Sate Kambing Bu Hj. Bejo
Diberi bumbu yang pas lalu dibakar, sensasi lezatnya mulai tercium

Menu yang ditawarkan di Sate Kambing Bu Hj. Bejo adalah berbagai macam olahan kambing. Tapi, menu andalan di warung ini adalah sate buntelnya. Rasa sate buntel di Warung Sate Bu Hj. Bejo ini begitu nikmat dengan racikan bumbu-bumbunya yang terasa pas. Daging sate buntelnya empuk serta tidak ada aroma prengus kambingnya. Bumbunya yang juga memiliki citarasa yang begitu kuat, menambah kelezatan menu ini.   Salah satu rahasia yang membuat sate buntel di sini memiliki cita rasa yang sangat lezat dan gurih adalah proses pencelupan dan peresapan bumbunya yang dilakukan berulang kali. Mulai dari saat digiling, sebelum disate dan saat proses pemasakan.  Biasanya untuk menikmati sate buntel ini disajikan dengan nasi hangat beserta bumbu kecap.  Dengan tambahan sambel rawit merah ulek atau cabe utuh, akan menambah kelezatan sajian makanan ini. Sate buntel ini pun disajikan tanpa menggunakan tusuk sate.  Tapi, jika Traveler merasa lebih seru menikmati sate buntel ini disajikan dengan tusuknya, bisa order sebelumnya, kok!

Icip-Icip Sate Kambing Bu Hj. Bejo
Gibran bersama Wisnutama menikmati sajian Sate Buntel Cs

Sate Buntel adalah sejenis sate dengan menggunakan bahan daging kambing yang dicincang lalu dibungkus dengan lemak daging. Daging kambing yang sudah dibentuk sate ini, kemudian di bakar dengan diberikan kecap manis. Tekstur daging kambingnya sangat empuk, dipadukan dengan bumbu yang gurih dan lezat yang dapat memanjakan lidah. Tidak tercium aroma kambing sehingga selera makan pun terjaga.  Dengan citarasa yang otentik dan tidak berubah sejak 40 tahun lalu, penggemar sate buntel pun makin hari makin banyak.

Menu menggiurkan lainnya yaitu gulai, tengkleng, tongseng dan juga ada nasi goreng kambing. Yang pasti, semua menunya berbahan dasar kambing. Citarasa dari berbagai menu yang disuguhkan ini begitu khas, serta kelezatannya tak diragukan lagi.  Tak heran selalu banyak orang rela antri untuk mencicipinya. Dan dari sejumlah menu yang disajikan, menu yang paling favorit adalah sate buntel dan tengkleng.

Icip-Icip Sate Kambing Bu Hj. Bejo
Dinikmati bersama cabe rawit, semakin menambah kelezatannya

Presiden Jokowi dan keluarganya pun sangat menggemari sajian masakan di Sate Kambing Bu Hj. Bejo ini.  Konon, makan di warung sederhana ini sudah sering dan menjadi santapan favorit keluarga Presiden RI ini.

Kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1970-an ini buka setiap hari sejak pukul 8 pagi sampai pukul 4 sore.  Sebelum warung ini berdiri, cikal bakal berjualan sate buntel diawali oleh Pak H. Bejo yang memberanikan diri berjualan sate dengan berkeliling, mengunakan gerobak yang dipikul.  Dengan berbekal resep dari sang istri, Bu Hj. Bejo, usaha sate ini perlahan mulai berkembang.  Akhirnya beliau pun memutuskan untuk berjualan di salah satu emperan toko. Setelah Pak H. Bejo meninggal, usaha ini diteruskan oleh Bu Bejo dengan membuka warung di Lojiwetan yang saat ini berdiri, yang dibantu oleh beberapa anaknya.

Icip-Icip Sate Kambing Bu Hj. Bejo
Tempatnya sederhana tapi kelezatan masakannya luar biasa

Yah, Solo memang menyuguhkan ragam pilihan kuliner dengan citarasa yang tidak perlu untuk diragukan lagi kelezatannya. Dan, jika Traveler tengah menyambangi Solo, jangan lupa pastikan menikmati icip-icip di Warung Sate Kambing Bu hj. Bejo!(Niel)