Ie Suum, Pemandian Air Panas Alami di Kabupaten Aceh Besar

Objek wisata ini buka 24 jam.

photo by isaannoer

Di Aceh, ada sumber air panas yang cukup terkenal, sebutannya ie suum. Lokasinya berada di Desa le Suum, Mukim Krueng Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. Objek wisata ini merupakan salah tempat wisata yang terdapat di pedalaman Aceh Besar. Meski berada di wilayah pedalaman, namun jaraknya relatif dekat, 45 kilometer atau sekitar kurang lebih satu jam perjalanan dari Kota Banda Aceh.

photo by fadhelirza

Sumber air panas alami ini berasal dari Gunung Seulawah, sekitar 38 km dari Banda Aceh. Untuk mencapai tempat ini, traveler dapat melewati jalur Banda Aceh Krueng Raya terus menuju arah Lam Teuba atau melalui Bandara Sultan Iskandar Muda.

Di sini, traveler dapat marasakan sensasi berendam di air panas yang berada persis di kaki bukit Gunoeng Meuh (Gunung Emas), sambil menikmati indahnya perbukitan yang mengelilingi. Selain itu, traveler dapat melihat-lihat aliran air panas di sekitar kaki bukit yang berbentuk saluran-saluran kecil yang mengeluarkan asap.

photo by ritaisnandaa

Sumber air panas (ie seuum) mempunyai suhu kira-kira 85° Celcius, dengan volume air yang cukup besar, dan mempunyai empat sumber mata air. Banyak pembenahan di lokasi pemandian air panas alami ini pascatsunami.

Di sini terdapat tiga kolam permanen khusus anak, dan dua kolam untuk pria dan wanita. Di setiap kolam, ada petugas yang berjaga. Anak-anak mandi di kolam yang airnya tergolong dangkal. Sementara untuk pria dan wanita, kolamnya dipisah oleh dinding yang menjulang tinggi. Di pintu masuk, tertulis larangan kaum adam memasuki area kolam lawan jenis.

photo by fadhelirza

Objek wisata ini buka 24 jam. Jadi di malam hari pun traveler dapat menghangatkan badan dengan berendam di sini. Pada malam hari, wanita diperbolehkan ke sana dengan syarat datang bersama keluarga. Beberapa pemuda setempat dengan ramah melayani setiap wisatawan yang datang.

Di Ie Suum, traveler dapat langsung menikmati sensasi mandi air panas, mandi sauna atau pun merebus telur. Khusus untuk merebus telur, dapat mengunjungi sumber air panasnya langsung. Jaraknya tak jauh dari kolam. Hanya butuh waktu beberapa menit, telur yang ditaruh dalam air siap untuk disantap.

Setiap hari libur, khususnya Sabtu dan Minggu, ratusan wisatawan lokal berdatangan dari sekitar Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Seperti diketahui, air panas bumi mengandung belerang dan mineral lainnya dan dipercaya berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit kulit. Hangatnya air panas juga bisa dimanfaatkan untuk berendam, hal ini diyakini dapat menormalkan otot-otot yang kaku dan sebagai terapi ketenangan.(IPG)