Indahnya Alam di Lubang Sewu Erorejo, Wonosobo

Lanskapnya yang menawan dan sangat instagenic.

Lubang Sewu Erorejo,Wonosobo
Lubang Sewu Erorejo,Wonosobo

Kota Wonosobo terkenal akan keindahan alamnya, tak heran banyak wisatawan yang datang mengunjungi kota nan sejuk ini, untuk dijadikan destinasi wisata. Terutama Kawasan Dieng yang sangat terkenal itu. Namun, saat ini perhatian wisatawan mulai berbagi dengan destinasi wisata lainnya di Wonosobo yang tak kalah cantiknya, yaitu wisata Lubang Sewu Erorejo.

Wonosobo, Lubang Sewu Erorejo
Lubang Sewu Erorejo,Wonosobo

Lubang Sewu Erorejo merupakan wisata alam yang menampilkan sekumpulan bebatuan cadas yang berlubang dengan tekstur dan jenis yang beda dari yang lain. Merupakan batu karang yang tersusun rapi membentuk jajaran batu dengan pemandangan indah. Keindahan batu karangnya, terkadang terlihat seperti Grand Canyon mini nan cantik yang berwarna putih.

Bebatuan yang membentuk seribu lubang cantik inilah, banyak dicari para pemburu destinasi wisata. Kecantikannya makin menawan terutama saat mentari mulai tenggelam. Pancaran sinar sang surya yang semakin temaram di sore hari membuat panorama Erorejo lebih cantik memukau. Ke-eksotisannya sangat kental. Membuat semua mata yang menantikan moment ini menjadi terpana, mengagumi keindahan alam ini. Yah, pemandangan yang ditawarkan di Lubang Sewu Erorejo ini sungguh luar biasa.

Lubang Sewu Erorejo,Wonosobo
Lubang Sewu Erorejo,Wonosobo

Salah satu hal yang diunggulkan dari Lubang Sewu adalah lanskapnya yang menawan dan sangat instagenic. Objek wisata ini semakin dikenal masyarakat di instagram. Perbukitan kapur di Indonesia yang menjulang tinggi ini, dengan waduk yang masih asri dapat menjadi latar belakang yang indah dalam jepretan lensa kamera wisatawan ini.

Lubang Sewu Erorejo,Wonosobo
Lubang Sewu Erorejo,Wonosobo

Lubang Sewu Erorejo ini sebenarnya merupakan tepian dari Waduk Wadaslintang. Waduk ini terletak di Desa Erorejo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Biasanya, tepiannya digunakan untuk tempat memancing ikan bagi warga sekitar. Untuk menuju ke destinasi ini, Traveler harus pergi ke area perbatasan antara Wonosobo dan Kebumen. Perjalanan dari Kota Wonosobo melewati arah Banjarnegara hingga sampai perempatan Sawangan, lalu melewati Kaliwiro dan menuju ke Wadaslintang. Disitu sudah terpampang jelas tulisan Desa Wisata Erorejo Lubang Sewu. Jarak yang ditempuh jika melalui Wonosobo sekitar 43 km.

Tempat wisata ini dapat dikatakan merupakan destinasi musiman, karena pemandangan bebatuan yang menjadi pusat yang dituju wisatawan ini, akan tenggelam saat musim hujan. Lubang Sewu Erorejo hanya bisa dilihat di waktu-waktu tertentu. Bebatuan indah ini hanya muncul ketika air waduk surut, yaitu di musim kemarau, namun sayangnya, apabila hujan, batu-batu instagrammable tersebut akan tenggelam ditutupi air.(Nil)