Indahnya Laguna di Pantai Bopong

Laguna Menambah Keindahan Pantai Bopong

Pantai Bopong
Kolaborasi Pantai, Laguna, Laut

Berlibur ke pantai, menghabiskan hari untuk rehat sejenak, keluar dari rutinitas yang menjemukan, menjadi satu solusi yang cukup ampuh untuk dijalani. Di pantai, Traveler akan menikmati keindahan birunya laut, suara ombak bak nyanyian merdu, semilir angin pantai yang memberi kenyamanan, karang dan tebing yang menjadi incaran untuk spot berfoto, yang semua fasilitas ini akan selalu ditemui hampir di semua pantai.  Namun, beda dengan di Pantai Bopong.

Laguna Pantai Bopong
Laguna yang menambah kesejukan pantai

Ada keunikan tersendiri di Pantai Bopong, pantai yang terletak di Kebumen, Jawa Tengah.  Selain menyajikan keindahan pasir pantai dan deru ombak lautnya, di tengah pantai ada laguna, yang menambah keindahan panorama sekitar.   Laguna tersebut merupakan aliran dari muara Sungai Gajah yang lokasinya di antara Pantai Bopong dan Pantai Cliringsilongob, di Desa Waluyorejo.  Memang Laguna-nya tidak terlalu besar, tapi Traveler dapat menikmati sensasi asyiknya bermain di laguna ini.  Apalagi bagi Traveler yang trauma atau takut dengan ombak laut.  Berenang atau berendam di Laguna ini, Traveler tetap akan merasakan se akan-akan berada di tengah laut.  Karena suara deburan ombak dari pantai serta keindahan pasir pantai tetap dapat dinikmati di laguna ini.

Laguna yang berada di tengah atau masuk dalam area Pantai Bopong ini, bagi warga kebumen disebut juga dengan nama Kali Gajah. Karena kawasan ini sebelumnya memang sangat   luas seperti gajah.  Karena itulah, mereka menyebutnya kaki gajah.  Jika ingin berkunjung ke laguna, Traveler harus memasuki area Pantai Bopong terlebih dahulu.

Laguna Pantai Bopong
Laguna yang berdampingan dengan laut

Selain Laguna, disini juga banyak bukit-bukit kecil yang menyebar terhampar luas, juga beberapa tebing, sehingga menciptakan satu keindahan yang sangat menyegarkan bagi Pantai Bopong dan Laguna-nya ini.  Naik turun bukit jadi satu kegiatan mengasyikkan disini.  Yah, menikmati panorama Pantai Bopong dan Laguna dari atas bukit, laksana seperti melihat lukisan, sungguh indah menakjubkan. Semuanya benar-benar seperti gambar dalam sebuah lukisan.

Bercengkerama, menghabiskan waktu di Pantai Bopong memang mengasyikkan, kombinasi keteduhan dan kedamaian dalam suasana pantai, sangat terasa.  Hembusan angin pantai yang bak menina bobokan, suara ombak yang menenangkan hati, menjadi obat penghilang kejenuhan.  Begitu juga di Laguna nya, yang memiliki banyak spot-spot unik dan keren yang wajib disambangi.  Selain menawarkan sisi keindahan, spot-spot ini juga dapat membangkitkan sisi romantis.  Ada jembatan klasik yang terbuat dari kayu yang letaknya berada di ujung Laguna.  Siapa pun yang melihat pemandangan ini, akan langsung terpesona dan sulit bergeming dari tempat itu.

Pantai Bopong
Spot Jembatan Klasik yang Asyik

Selain itu, di sekitar jembatan juga sudah tersedia beberapa spot lainnya yang unik dan legendaris, seperti adanya perosotan yang menarik, ayunan serta pepohonan yang yang sangat rindang dan bentuknya cantik sekali.  Juga ada rumah pohon atau gardu pandang, spot foto berbentuk hati, dan spot unik lainnya.

Lokasi Pantai Bopong berada di di Desa Surorejan, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Dari Kota Kebumen jarak yang ditempuh mencapai sekitar 24 kilometer, sementara kalau mengakses dari Kabupaten Gombong jarak yang ditempuh kira-kira 20 kilometer.

Pantai Bopong
Kesejukan diwarnai banyak pohon

Jika memilih perjalanan dari Kebumen, bisa dimulai dari jalan Ronggowarsito, lalu arahkan kendaraan menuju ke jalan petanahan. Kemudian menuju ke kecamatan Klirong sampai ke Kecamatan Petanahan. Setelah berjalan beberapa ratus meter, akan bertemu dengan jalan Daendles di pertigaan Klirong.  Belok kanan lalu ambil jalan lurus menuju ke pertigaan Munggu. Lurus terus hingga sampai di Kecamatan Puring, Desa Sororejo. Setelah beberapa ratus meter, barulah Traveler akan menemukan Pantai Bopong. Untuk menemukan lagunanya, setelah masuk kawasan pantai jalan saja ke arah timur dengan berjalan kaki, kurang lebih jaraknya 500 meter.(Rafa)