Istana dalam Goa Maharani, Lamongan

Keindahannya Menyerupai Istana

Goa Maharani
Goa Maharani yang dibilang menyerupai Istana

Goa Maharani adalah goa yang memiliki keindahan di dalamnya seperti istana, karena itu disebut juga sebagai Goa Istana Maharani.  Goa Maharani yang terletak di kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur ini, memiliki kedalaman 25 meter dari permukaan tanah dengan rongga gua seluas 2500 meter persegi.

Goa Maharani berada di Lamongan.  Goa ini menyajikan pemandangan yang sangat menakjubkan yang berbeda dengan goa-goa lainnya. Keindahan batu-batu stalagmit dan stalaktitnya sangat cantik, hal ini membuat banyak wisatawan mengaguminya.  Yah, begitu Traveler memasuki pintu goa, pemandangan stalakmit dan stalaktit yang benar-benar hasil alami ini, langsung menyita perhatian.  Hampir di setiap sudut goa, pemandangan cantik ini dapat dinikmati. Apalagi dengan adanya pencahayaan dari lampu-lampu, semakin menambah indah penampilan ruang dalam Goa Maharani ini.

Goa Maharani
Tangga dan Pegangan nya yang memudahkan Traveler

Fasilitas yang disediakan pengelola juga sangat lengkap, Traveler akan dimudahkan dalam penyusuran goa ini melalui anak tangga yang dilengkapi dengan pegangan pada setiap sisi gua. Ini bertujuan untuk memberi rasa nyaman bagi setiap pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan Goa Maharani ini.

Lokasi Goa Maharani berada di perkotaan, yaitu di Jalan Raya Paciran, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.  Karena berada dalam kota, Traveler yang datang ke Lamongan wajib menyambangi goa ini, agar dapat menikmati pesona eksotisnya yang sangat indah, yang selalu meninggalkan kesan menarik bagi yang mengunjunginya.  Goa Maharani memiliki letak yang strategis dan juga sangat dekat dengan lokasi wisata bahari Lamongan. Selain itu, Goa Maharani juga berdampingan dengan kebun binatang.  Kebun binatang ini sangat cocok dikunjungi untuk wisata edukasi, terutama bagi anak-anak.  Nah, meringankan langkah Traveler dalam berwisata, kesatu tempat tapi banyak tujuan yang dicapai!

Goa Maharani
Stalakmit dan Stalaktitnya yang terbentuk dari Ribuan Tahun Lalu

Goa Maharani pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh Bupati Lamongan saat itu, yaitu Muhammad Faried sekitar tahun 1992, dan resmi dibuka untuk umum pada tahun 1994. Pemerintah juga membantu dari segi biaya untuk tetap bisa melestarikan dan membudidayakannya area wisata disini, terutama Goa Maharani.(Adhit)