Pesona Pantai Marumasa yang Selalu Memikat

Surga Tersembunyi di Ujung Kaki Sulawesi

Pantai Marumasa
Tebing dan laut, latar seru untuk berswaphoto, Photo by PesonaSulawesi

Bulukumba merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki sejuta keindahan alam. Bulukumba ibarat semenanjung pantai yang sangat eksotis, berada di ujung kaki Pulau Sulawesi. Dimana setengah luas wilayah berbatasan dan menjorok ke lautan. Di sisi bagian timur, perairan Bulukumba menghadap Teluk Bone sementara pada sisi bagian selatan terdapat Teluk Birangkeke dan Laut Flores.

Pantai Marumasa
Gudangnya Spot Berselfi Ria, Photo by JJS_Makassar

Bulukumba banyak menyajikan objek wisata. Sejumlah destinasi wisata nan elok, ‘terselubung’ di jazirah bagian selatan hingga timur Bulukumba ini, salah satunya Pantai Marumasa. Pantai ini tidak hanya menawarkan lautnya yang biru jernih, namun kekokohan tebing-tebing cadasnya nan menjulang, menjadi daya tarik penuh pikat.  Traveler dapat menikmati matahari terbit disini, dengan sajian panoramanya yang eksotis. Sementara spot-spot lainnya juga menawarkan keindahan dan keseruan tiada tara.

Keelokan pantainya terlihat dengan hamparan pasir di atas pantai yang luas dan memanjang. Dengan garis pantainya yang  berwarna putih serta air lautnya yang bening dan tenang, menjadi keunikan tersendiri bagi objek wisata ini.  Udaranya pun aduhai sejuk dan teduh dengan keberadaan jejeran pepohonan kelapa yang tumbuh subur nan lebat.  Kawasan Pantai Marumasa kian eksotik karena memiliki gugusan tebing cadas yang asyik dijadikan lokasi swafoto para pengunjung.  Beberapa spot swafoto pun bisa dijumpai di atas tebing tersebut dengan latar lautan lepas di Teluk Bone.

Pantai Marumasa
Berjemur, menikmati angin pantai dan deru ombak, ,Photo by Taufiqrahman92

Pantai Marumasa menyediakan paket lengkap dalam menikmati keseruan alam pantainya, seperti menikmati air laut atau bermain pasir pantai. Pantai ini juga merupakan surganya bagi penyuka swaphoto, karena begitu banyak spot-spot keunikan dan keindahan yang cocok bagi Traveler penyuka hunting foto. Adanya rumah kayu, hammock, hingga ayunan, bebatuan, bahkan gardu pandang akan menjadi spot-spot pilihan untuk Traveler berswaphoto, berkolaborasi dengan alam Pantai Marumasa.

Selain itu, di lokasi ini Traveler juga dapat melakukan aktivitas menyelam seperti snorkeling dan diving, untuk menikmati keindahan dunia bawah air yang memiliki aneka jenis terumbu karang dan ikan laut.  Untuk menikmati kegiatan tersebut, Traveler akan dipandu oleh tim penyelaman dari Komunitas Lalabata Tebing Marumasa.

Pantai Marumasa
Pantai yang penuh takjub, Photo by Nzalya

Pantai Marumasa berlokasi di Desa Darubiah, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Berjarak 4 kilometer dari Pantai Tanjung Bira sedangkan jika dari dari pusat kota Bulukumba berjarak 40 kilometer.  Obyek wisata ini bisa dijangkau dengan motor dan mobil dengan waktu tempuh sekitar satu jam.  Namun, jika Traveler berangkat dari Kota Makassar, untuk sampai di pantai Marumasa membutuhkan waktu  kurang lebih 4,5 jam. Karena letaknya yang cukup tersembunyi, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Apalagi jalan ke lokasi masih kurang nyaman.

Pantai Marumasa
Sejuta Keindahan di Pantai Marumasa, Photo by Visit_Sulsel

Bulukumba mendapat julukan Bumi Panrita Lopi yang artinya tanah pelaut dan ahli pembuat perahu, karena disini memang ahlinya pembuat perahu phinisi.  Bisa jadi karena faktor geografis yang sebagian besar dikelilingi perairan sehingga warganya pun sigap dalam membuat armada perahu phinisi ini.  Tak heran, daerah ini menjadi populer dengan ikon Perahu Phinisi-nya yang mendunia.  Dan kawasan pesisir Pantai Marumasa dijadikan warga setempat sebagai lokasi pembuatan perahu dan kapal Phinisi. Konon, nama Marumasa berasal dari pemberian warga asal Jepang yang berkunjung ke daerah itu.(Adhit)