Jember, Menyimpan Sejuta Keindahan

Memiliki berbagai destinasi wisata menarik

Jember, Puncak Rembangan
Jember, Puncak Rembangan

Jember adalah sebuah wilayah di Jawa Timur yang terletak di daerah tapal kuda. Berada di bagian selatan membuat Jember berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di bagian selatan. Bagian tengah Jember adalah barisan Pegunungan yang tinggi. Sedangkan di bagian timur adalah rangkaian dataran tinggi Ijen. Kota Karnaval ini ternyata memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Jember, Bukit Samboja
Jember, Bukit Samboja

Bukit Samboja

Bukit Samboja termasuk salah satu bukit yang terdapat di area pantai Payangan, di bagian selatan kota Jember dan bersebelahan dengan pantai Watu Ulo. Samboja merupakan nama yang unik bagi sebuah bukit. Di bukit ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang sangat memukau.

Untuk mencapai puncak bukit, Traveler diharuskan berjalan kaki yang cukup menguras tenaga. Namun begitu sampai di puncaknya, rasa lelah akan sirna memandang panorama yang menakjubkab. Melihat Samudera Hindia yang luas ditemani angin sepoi-sepoi dan suara deburan ombak yang menenangkan, sungguh sangat mempesona.

Bukit Samboja berlokasi di Sumberrejo, Ambulu, Jember, buka dari jam 05.00 – 18.00 dengan tiket masuk sebesar Rp5.000.

Bukit Pasir Puger

Di Bukit Pasir Puger banyak spot foto instagramable, tinggal pilih saja mau background ratusan kapal yang beragam, pantai dengan ombak besarnya, bukit-bukit nan hijau, atau ibu-ibu yang berjualan ikan. Untuk penikmat sunrise dan sunset, di Pantai Kucur bisa puas menikmati keduanya dengan pesona khas pantai puger.

Bukit Pasir Puger adalah sebuah destinasi wisata yang berlokasi di atas gundukan pasir.  Wisata yang dibuka dan dikelola oleh Aliansi Peduli Lingkungan Hidup (Ampuh) tersebut berada di sekitar kawasan pantai. Dari atas bukit tersebut pengunjung dapat menikmati hamparan pasir, luasnya lautan, serta pemandangan perahu yang sedang bersandar. Selain itu terdapat pula tulisan ‘bukit pasir’ yang bisa digunakan untuk berswafoto.

Pantai Puger yang letaknya tidak jauh dari Bukit Pasir Pruger, terkenal dengan ombak besar nan ganas. Ombak ganas inilah yang menjadi perhatian atlet surfing lokal maupun mancanegara. Bahkan, tahun 2008 silam pantai Puger pernah menjadi tuan rumah event besar bertema Internastional Surf Exhibition.

Muara Mangrove Getem

Ekowisata Mangrove Getem ini terdiri dari rawa alami sekitar 2 hektar.  Destinasi wisata yang ditawarkan di Muara Mangrove Getem ini meliputi Tubing Mangrove, river tubing, hommomacking, dan Gembok Cinta. Tempat ini sebenarnya adalah sebuah muara sungai yang berbentuk teluk. Lokasinya cenderung berbatu, berpasir, dan terdapat terumbu bawah air.

Muara Getem ini merupkan spot yang bagus untuk memancing. Alam Getem juga menyuguhkan sunrise dan sunset khas pantai selatan, saat malam wisatawan yang melakukan camp akan disuguhi milky way indah di langit Getem. Bagi wisatawan yang hobi photography tentu akan dipuaskan dengan keindahan panorama alami di sekitar Muara Getem.

Muara Mangrove Getem berlokasi di Mojomulyo, Puger, Jember, buka 24 setiap hari dengan tiket sebesar Rp5.000.

Wisata Selo Bonang

Tempat wisata di jember ini cocok untuk mengisi liburan keluarga. Wisata Selo Bonang merupakan sebuah destinasi wisata geologi berupa batu yang mengeluarkan nada gamelan saat diketuk. Setiap batunya bisa mengeluarkan hingga 6 nada gamelan. Tempat ini berlokasi di daerah dengan ketinggian 800 mdpl. Selain karena keunikannya, panorama alam di sini juga cukup menarik.

Deretan perbukitan dan hijaunya pepohonan yang terlihat dari tempat batu berada menjadi nilai tambah tempat ini. Meskipun belum diakui secara resmi dan masih dalam tahap pelaporan ke Pemkab, obyek wisata ini bisa menjadi salah satu alternatif. Wisata Selo Bonang berlokasi di Panduman, Jelbuk, Jember, buka setiap harinya dengan tanpa dipungut biaya masuk.

Jember, Dira Park
Jember, Dira Park

Dira Park

Dira Park merupakan tempat wisata yang asyik di jember. Di sini tersedia rumah pohon, kolam renang dan kebun bunga dengan latar belakang replika rumah-rumah khas Belanda. Objek wisata instagramable ini menyuguhkan atmosfer khas negeri kincir angin. Desain-desain replika bangunan di tempat ini dibuat bergaya khas Belanda. Warna-warni yang cerah pada dinding rumah, serta bunga yang ada di sekitarnya menambah kental suasana. Traveler dapat berfoto di sini dan seolah sedang berada di Negeri Kincir Angin.

Dira Park dikelola dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti wahana-wahana permainan anak dan dewasa yang terhitung lengkap, kawasan parkir yang memadai, aula, pujasera hingga gazebo.

Lokasi : Jln. Kota Blater KM 4 Andongsari, Kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur.

Jember, Situs Duplang
Jember, Situs Duplang

Situs Duplang

Situs Duplang menyimpan banyak koleksi peninggalan kehidupan zaman purbakala. Destinasi wisata Jember ini berlokasi di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, lokasi yang mudah dijangkau karena memang jaraknya cukup dekat dengan pusat kota Jember. Hanya sekitar 10-15 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Berada pada lahan yang berukuran tidak lebih dari 10 meter persegi, situs ini menyimpan sejarah panjang peradaban manusia purba di nusantara. Para wisatawan yang berkunjung dapat melihat benda-benda peninggalan purbakala yang masih sangat terawat baik di Situs Duplang ini, seperti menhir, watu kenong, dan dolmen.

Banyak yang meyakini situs ini telah ada sejak abad ke-4 M. Benda-benda purbakala ini memiliki fungsi yang berbeda beda. Menhir digunakan untuk pemujaan, watu kenong sebagai saran persembahan, dan dolmen adalah kubur batu.

Situs Duplang berlokasi di Kamal, Arjasa, Jember, buka 24 jam setiap hari dengan tanpa tiket masuk.

Puncak Rembangan

Lokasi wisata Puncak Rembangan Jember ini terletak di alamat Darungan, Kemuning Lor, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota Jember yaitu kurang lebih 15 kilometer atau membutuhkan waktu tempuh 30 menit. Ini merupakan salah satu tempat wisata paling favorit di Jember. Daya tarik wisata Puncak Rembangan Jember ini terletak pada keindahan alam dari atas puncak yang begitu indah melihat pemandangan siang hari ataupun malam hari.

Tempat wisata ini dulunya adalah sebuah tempat peninggalan Belanda, sama seperti Selecta, salah satu kawasan wisata hits di Malang juga, dengan luas sekitar 16 hektar yang ditanami biji kopi dan kakao. Ditemani dengan udara khas pegunungan yang sejuk dan segar membuat siapapun yang datang ke Puncak Rembangan Jember ini akan merasa nyaman dan senang. Puncak Rembangan berada pada ketinggian 650 mdpl, dan ternyata sudah ada sejak tahun 1937.

Puncak Rembangan berlokasi di Kemuning Lor, Arjasa, Jember, buka 24 jam setiap hari dengan tiket Rp7.500.

Nah, saatnya mengexplore destinasi wisata kota Jember!(Niel)