Jemeluk, Destinasi Pariwisata yang Mempesona di Pantai Amed Bali Timur

Sunset dan Sunrise dari Jemeluk Viewpoint Sangat Mengagumkan

Jemeluk Viewpoint
Sunset dan Sunrise nya sangat Menakjubkan, Photo by @magghugues

Jemeluk Viewpoint merupakan pemandangan populer yang menghadap ke teluk indah Pantai Amed di Bali Timur. Tempatnya berada tepat di atas perbukitan selatan di atas teluk.  Dari puncak bukit yang berumput ini, Traveler dapat melihat ke arah utara melewati pantai yang berkelok-kelok di mana perahu nelayan tradisional Bali diparkir dalam barisan yang rapi.

Pemandangan matahari terbenam dari Jemeluk Viewpoint bisa sama menakjubkannya dengan matahari terbit. Namun pemandangan pertama Teluk Jemeluk yang harus Traveler dapatkan yaitu saat sunset. Hal itu akan membuat Traveler bersemangat saat matahari terbit.

Jemeluk Viewpoint
Panoramanya Menentramkan Hati, Photo by @arthana74

Perairan biru yang jernih dan tenang di lepas pantai dihiasi dengan perahu nelayan berkilauan di bawah cahaya pagi. Semuanya dibingkai oleh garis bentuk puncak tertinggi di Bali, Gunung Agung, yang menjulang megah sebagai latar belakang.  Jika sedikit menoleh ke utara, akan melihat garis gunung terpotong dari Gunung Vulkanik Batur yang meledakkan bagian atasnya dan sebagian besar sisinya beberapa ribu tahun yang lalu. Jemeluk Viewpoint juga memiliki area kecil untuk privasi dan beberapa gazebo di mana Traveler dapat tidur nyenyak atau menikmati makan siang sebelum melanjutkan jalan-jalan. Traveler juga dapat mencapai puncak bukit dengan berkendara sejauh 500 meter dari area teluk utama Pantai Amed.

Teluk Jemeluk di Amed dahulu merupakan desa nelayan yang tenang, namun kini telah menjadi tujuan penyelam favorit di sepanjang jalur teluk dan desa nelayan yang indah. Teluk yang indah dilapisi dengan perahu nelayan (masyarakat lokal menyebutnya jukung) , dan restoran kecil yang ramah, toko alat selam, dan akomodasi lucu.

Teluk Jemeluk
Surga Bawah Laut Yang Mempesona, Photo by @putri.dives

Meskipun tetap mempertahankan tradisi,  Teluk Jemeluk benar-benar sebuah desa yang berada di ambang perubahan.  Banyak anak kecil di pantai menjual garam Amed dan pernak-pernik. Di sisi lain setiap pagi perahu nelayan ditarik ke pantai dengan harapan membawa hasil tangkapan untuk dinikmati bersama keluarganya.  Desa Amed telah menjadi semacam daerah backpacker yang terjangkau di pesisir, terlihat seperti Kuta 50 tahun yang lalu hingga menjadi incaran wisatawan khususnya para penyelam. Teluk Jemeluk sedang berkembang menjadi versi Ubud di tepi laut.

Selain pemandangan yang mempesona, Jemeluk juga terkenal memiliki surga bawah laut. Maka tak heran jika banyak penyelam manca negara berbondong-bondong datang ke Jemeluk.  Papan yoga sudah mulai bermunculan di antara kios-kios yang menjual pakaian murah dan oleh-oleh. Salah satunya Apneista Bali Freediving and Yoga School, di sana Traveler bisa belajar Yoga, Menyelam, workshop hingga paket jalan-jalan.

Jemeluk
Menikmati Keindahan Panorama Jemeluk, Photo by @blueearthvillage

Salah satu tempat terindah di Teluk Jemeluk adalah Warung Pantai, tempat sederhana yang menghadap ke pantai dengan ikan segar yang bisa dibayangkan. Cobalah panggang atau lebih enak lagi digoreng dengan remah roti dengan minyak kelapa yang memberi rasa sehat. Jika suka makan makanan kelas atas, cobalah Sails Restaurant di desa nelayan terdekat. Atau jika ingin benar-benar mewah, Traveler dapat mencoba Griya Villas and Spa atau Grill di Bunatan!

Teluk Jemeluk hanyalah satu tempat di Bali Timur. Traveler bisa temukan destinasi wisata lainnya seperti Taman Air Bali Timur, Goa Lawah di Pura Gua Kelelawar Bali atau mungkin Petani Garam Laut Klungkung.(Ipg)