The Heritage Palace, Sensasi Wisata Ala Eropa di Solo

Wisata Kekinian Yang Lagi Hits

The Heritage Palace
Bangunan Ala Istana Eropa

Kota Solo dikenal dengan tempat-tempat wisatanya yang bertema budaya serta wisata kulinernya.  Namun, seiring perkembangan zaman, Solo pun mulai menciptakan objek wisata yang konsepnya kekinian.  Seperti salah satu objek wisata berikut ini, yaitu The Heritage Palace, destinasi wisata yang menyajikan nuansa ala Eropa dengan banyak spot-spot pemotretan yang instagramable.

The Heritage Palace termasuk wisata baru, launching pada tanggal 9 Juni 2018 lalu.  Disini Traveler akan disajikan konsep wisata foto dengan latar bangunan tua khas Eropa, menikmati arsitektur bangunan, melihat berbagai macam mobil tua zaman dahulu dan lainnya.  Traveler benar-benar mersakan sensasi keseruan berada di Eropa saat melancong ke tempat ini.

The Heritage Palace
Semua Sudut Asyik Buat di Foto, Photo by @ainulsuryati

The Heritage Palace ini sebenarnya berawal dari sebuah pabrik gula yang dibangun pada tahun 1892 oleh Sultan Pakubowono. Konon membangun pabrik gula ini yang dikenal dengan Pabrik Gula Gombongan.  Saat itu pabrik ini merupakan salah satu pabrik gula terbesar di tanah Jawa.  Sayangnya setelah kemerdekaan, bangunan pabrik ini tak terurus hingga akhirnya berubahlah fungsi tempat ini menjadi sebagai tempat wisata. Bangunan pabrik gula ini tentunya dibangun pada masa Belanda sehingga arsitekturnya sangat kental dengan nuansa Eropa tempo dulu.  Tak heran, ketika memasuki kawasan ini, sensasi ala Eropa sangat terasa.

The Heritage Palace
Spot Wajib Untuk Berfoto, Photo by @jawaisme

Beberapa spot wisata dan kegiatan dalam kawasan The Heritage Palace dapat Traveler nikmati :

Museum Angkut (Transportasi)

Tempat dimana dipamerkannya koleksi mobil-mobil antik.   Mobil-mobil ini dijejerkan di dalam sebuah ruangan yang cukup luas. Untuk menambah daya tarik dan keindahan, mobil-mobil ini dihiasi dengan aneka property untuk mendukungnya agar semakin tampak antik dan bernilai artistik.

Juga ada beberapa mobil antik yang ditempatkan di bagian luar bangunan dengan posisi acak. Yah, berbagai koleksi mobil klasik dan antik bisa disaksikan disini. Mulai dari sedan klasik bergaya vintage sampai ke mobil jeep dari tahun 1968 siap menjadi objek foto menarik.  Komposisi seperti ini membuat seolah-olah benar-benar sedang berada di tanah Eropa zaman dulu.  Tempat ini sangat asyik dan pas untuk dijadikan latar pemotretan.  Yang perlu diperhatian, Traveler tidak boleh menaiki apalagi menyalakan mesin mobil.

Museum 3D

Begitu Traveler memasuki bangunan gedung lebih ke dalam lagi, akan menemukan sebuah area yang disebut museum 3D Trick Art.  Disini, akan menyaksikan beraneka macam lukisan 3D dengan tema masing-masing.

The Heritage Palace
Spot yang Kekinian, Photo by @aafarah74

Sangat unik dan konsepnya benar-benar kekinian, menambah koleksi photo-photo dengan latar yang instagramable.  Traveler dapat berfoto dengan latar lukisan bertema perahu nelayan, rumah terbalik, aliran sungai, juga ada terkesan bermain dengan dinosaurus, dan yang tak kalah seru lukisan 3D bertema tembok besar China.  Keren juga berfoto dengan latar seperti sedang berselancar atau menikmati laut.

Area Outdoor

Area outdoor ini sangat kental terasa nuansa Eropa-nya.  Berdirinya gedung The Heritage Palace ini yang tampak gagah dan kolosal dengan arsitektur bangunannya yang khas, membuat pengunjung yang hadir disini serasa tidak berada di Kota Solo.  Kemegahannya dilambangkan dengan pilar-pilar besar yang menjulang tinggi layaknya istana.  Banyak sudut-sudut yang asyik untuk dijadikan inspirasi latar photo.  Spot yang paling utama dan wajib untuk dijadikan latar pemotretan yaitu di depat pintu masuk, yang di atasnya bertuliskan nama tempat wisata ini yaitu ‘The Heritage Palace’.

The Heritage Palace terletak di Honggobayan, Pabelan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.  Jika Traveler dari pusat Kota Solo, untuk sampai ditempat wisata ini harus menempuh perjalanan sejauh kira-kira 9 kilometer, dengan memakan waktu tempuh sekitar 20 menit berkendara.

The Heritage Palace
Nuansa Klasik Ala Eropa

Akses jalan ke obyek wisata ini cukup mudah. Berada di jalan arteri yang sudah teraspal, titik lokasinya juga bisa ditemukan dengan mudah melalui aplikasi Google Maps.  Jam  buka berlangsung pada pukul 09.00 hingga 16.00 wib, dengan harga tiket masuk mulai dari Rp 20.000 per orang, dimana harga tiket tersebut termasuk merupakan harga tiket terusan, sudah termasuk tiket pintu gerbang, tiket berkunjung ke Museum 3D dan tiket museum transportasi. Bagi anak-anak dengan tinggi badan kurang dari 100cm tidak dikenakan biaya tiket masuk.(Raditya)