Keindahan 5 Tempat Wisata di Sukabumi

Tempat wisatanya keren dan fantastis.

foto by andressnw

Berbagai macam tempat wisata ada di Sukabumi, Jawa Barat. Mulai dari bukit-bukit, pegunungan, hingga pantai yang eksotis bisa traveler temukan, seperti Pelabuhan Ratu yang merupakan tempat wisata favorit bagi masyarakat sekitar. Selain Pelabuhan Ratu, masih banyak tempat wisata lainnya di Sukabumi yang keren dan fantastis. Berikut kami rangkum tempat wisata di Sukabumi yang wajib traveler kunjungi.

foto by ig_nusantara

Bukit Karang Para

Tempat wisata ini sangat hits di kalangan milenial, pasalnya di sini terdapat jembatan berbentuk hati, sehingga menarik para traveler untuk mengabadikan momen disini. Hal unik lainnya dari Bukit Karang Para adalah keindahan bebatuan karang yang berbentuk unik, seperti atap, goa, dan ikan hiu. Selain itu, dari atas bukit akan menikmati sejuknya udara serta panorama Kota Sukabumi dengan hijaunya sawah-sawah para petani, dan megahnya gunung di sekitarnya.

Bukit Karang Para terletak di Desa Kebun Manggu, Kecamatan Gunung Guruh, Sukabumi, Jawa Barat. Untuk menuju ke Bukit Karang Para traveler bisa melalui jalan Padjadjaran-Gunungguruh-Lio Cikujang. Dan untuk biaya masuknya hanya Rp3 ribu, biaya parkir motor sebesar Rp2 ribu, sedangkan mobil Rp5 ribu.

Fasilitas yang ada di sini pun cukup lengkap. Ada toilet, musolah, serta warung-warung yang menawarkan cemilan atau makanan khas daerah.

foto by exploresukabumi

Curug Cigangsa

Curug Cigangsa biasa disebut Curug Luhur terbentuk dari longsoran dengan dindingnya yang berwarna hitam, hal inilah yang menjadi suatu keunikan tersendiri. Dinamakan Curug Cigangsa karena disesuikan dengan tokoh terkenal dikampung itu yaitu Eyang Gangsa.

Curug Cigangsa terletak di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi ini memang masih sulit, terlebih bagi traveler yang belum pernah ke Curug Cikaso. Bagi traveler yang sudah pernah mengunjungi Curug Cikaso, lokasi Curug Cigangsa tidak jauh dari situ, sekitar 10km dan memakan waktu sekitar 25 menit.

Traveler dapat menikmati udara yang sejuk, hamparan sawah hijau, serta suasana yang begitu tenang. Air yang mengalir dari curug ini sangat jernih dan terdapat 3 undakan, biasanya para petani sekitar memanfaatkannya untuk irigasi sawah mereka.

foto by rezaalcatraz

Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi mempunyai pasir putih yang lembut serta bersih. Traveler bisa bermain di sini, semisal bermain pasir, bola, atau voli. Pasir putih yang tersebar di sepanjang pantai tersebut dipadu dengan birunya air laut yang jernih, menambah keindahan alam di Pantai Cicaladi. Sapuan angin sepoi-sepoi, ombak yang landai, serta suasana yang masih sepi, bisa menenangkan pikiran traveler. Pantai ini cocok untuk bermeditasi atau melakukan yoga.

Pantai Cicaladi terletak di Desa Sukatani, kecamatan Surade, Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini masih alami dan jarang dieksplore keindahan alamnya.

Aktifitas yang bisa traveler lakukan di sini adalah berenang, menyelam melihat cantiknya terumbu-terumbu karang dan ikan-ikannya, memancing, menikmati sunrise dan sunset yang seksi. Bagi traveler yang ingin bermalam di sini juga bisa, tentunya harus menyiapkan segala peralatan dan kebutuhannya.

foto by nurilia88

Gua Buniayu

Gua Buniayu terletak di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Gua Buniayu atau yang dulu sering disebut Gua Siluman, terdengar mengerikan namanya, akan tetapi gua ini menyimpan keindahan yang tersembunyi.

Gua dengan panjang 3,5 km ini sangat cocok bagi traveler yang hobi petualangan serta berani menantang adrenalin. Terdapat beberapa lorong di Gua Buniayu, diantaranya Gua Nyangkut, Gua Adni, dan Gua Bibijalan.

Ketika masuk ke dalam gua, traveler akan melihat stalagmit-stalagmit yang indah, serta bermacam bebatuan yang berbentuk unik. Selain itu, tentunya terdapat juga hewan-hewan khas gua, seperti kelelawar, laba-laba, jangkrik. Aliran air yang berada di dalam gua berpadu dengan suara-suara hewan tersebut menambah suasana semakin menantang.

Untuk menikmati itu semua, sangat disarankan untuk datang bersama rombongan dan menyiapkan semua peralatan dan kebutuhannya. Bisa juga mengajak seseorang yang sudah ahli menjelajah gua.

Jembatan Situ Gunung

Jembatan Situ Gunung terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Resort Situ Gunung, Kecamatan Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.  Jembatan Situ Gunung merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia, bahkan di Asia, panjangnya yaitu 240m serta lebar 2m. Bukan hanya panjang, tetapi tinggi juga 161m.  Pijakan jembatan tersebut dibuat dari kayu merbau yang berasal dari Papua. Jembatan Situ Gunung terbentang di atas pepohonan.

Traveler bisa mencoba sensasi menyebrangi Jembatan Situ Gunung. Traveler dapat menikmati udara sejuk, hijaunya pepohonan di sekitar, serta melihat keindahan bukit-bukit dan kemegahan Gunung Pangrango.

Kabut-kabut tipis juga sering menyelimuti jembatan tersebut, sehingga semakin menambah keelokan Jembatan Situ Gunung. (AS/IPG)