Melihat Pesona Pulau Karampuang Mamuju Sulawesi Barat

Traveler akan dimanjakan dengan sepoi-sepoi angin serta menatap segar jernihnya air laut.

foto by kandoradivecenter

Pulau Karampuang merupakan sebuah pulau yang berada di Desa Karampuang, Kecamatan Mamuju, Mamuju, Sulawesi Barat. Hanya berjarak 5 km dari pusat kota.  Pulau ini adalah tempat wisata favorit masyarakat Mamuju. Untuk mencapai ke lokasi hanya bisa menggunakan perahu motor yang berada di Pelabuhan Mamuju, dengan biaya sebesar Rp30 ribu dan memakan waktu sekitar 20 menit.

foto by nurzaqina_qn10

Walaupun hanya bisa dilalui dengan perahu, tetapi tempat ini tidak pernah sepi. Selama perjalanan, traveler akan dimanjakan dengan sepoi-sepoi angin serta menatap segar jernihnya air laut. Setelah sampai dan menginjakkan kaki di Pulau Karampuang, traveler akan melihat jernihnya air laut berwarna biru dengan biota-biota bawah laut yang dilihat tanpa harus menyelam, serta terumbu-terumbu karang nan eksotis.

foto by emilzamluthfan

Terdapat dermaga kayu dengan panjang 600m yang menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan bawah laut ini. Keindahan bawah laut di sini menjadi daya tarik bagi para traveler. Dari dermaga kayu, traveler bisa melihat keanekaragaman terumbu karang serta ikan-ikan laut seperti ikan kakak tua dahi bulat (ikan bumphead) dan ikan badut.

Untuk menikmati panorama ini, traveler tidak harus menceburkan diri ke dalam air, semuanya bisa terlihat dari permukaan. Namun, jika traveler tergoda dan ingin menikmatinya, traveler juga bisa berenang atau bersnorkeling.

foto by kandoradivecenter

Selain itu, di Pulau Karampuang terdapat Sumur Jodoh atau Sumur 3 Rasa. Sumur itu dipercaya dapat mempermudah mendapatkan jodoh. Cocok untuk yang masih berstatus single. Namun, itu hanyalah ‘keyakinan’, benar atau tidaknya tergantung pada kepercayaan traveler masing-masing.

Bukan hanya keindahan laut dan sumurnya, di sini juga terdapat Goa Lidah. Tersedia anak tangga untuk menyusuri goa ini sampai ke dalam goa. Uniknya, dari luar Goa Lidah terkesan sangat kecil, tetapi ketika masuk ke dalamnya, sangat luas serta dinding-dinding goa ini begitu kokoh.

Bagi traveler yang ingin bermalam di sini, beberapa pondok penginapan disana bisa dipilih. Pondok tersebut dibuat dari anyaman bambu, sehingga membuat suasana semakin nyaman dan merasakan suasana alam yang khas.

Fasilitas yang ada di Pulau Karampuang memang belum cukup banyak. Namun, Pulau Karampuang sangat berpotensi dikembangkan untuk menjadi salah satu wisata yang menarik. (AS/IPG)