Gunung-Gunung di Jawa Tengah Yang Asyik bagi Pendaki Pemula

Panorama keindahannya yang luar biasa keren.

foto by yuhdifian

Mendaki gunung menjadi satu kegiatan yang terlihat keren bagi sebagian traveler atau pendaki gunung. Melewati terjalnya trek, menyusuri hutan-hutan sambil menghirup udara segar pegunungan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Di Indonesia pun ada banyak gunung dengan panorama keindahannya yang luar biasa keren dan suka disatroni para pendaki gunung. Dari yang masih aktif hingga yang sudah pasif. Ukurannya pun berbagai macam, ada yang besar dan kecil.

Nah, bagi traveler yang ingin mendaki gunung untuk pertama kalinya, ini dia rekomendasi gunung di Jawa Tengah untuk para pendaki pemula.  Tetap ingat, walaupun gunung-gunung tersebut berukuran ‘mini’, harus tetap mempersiapkan peralatan dan segala kebutuhan untuk mendaki nanti. Jika ragu, traveler bisa mendaki bersama teman yang sudah berpengalaman.

Terakhir, hal yang harus diperhatikan adalah jangan membuang sampah di puncak gunung. Gunung bukanlah tempat sampah. Jaga kelestarian alam kita!

foto by explore.solo

Gunung Gandul

Gunung Gandul berada di Wonogiri, lebih tepatnya di sebalah barat Kota Wonogiri. Untuk menuju ke lokasi pun sangat mudah, traveler bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum dan memakan waktu sekitar 40 menit dari pusat kota.

Sesampainya di tempat parkir, traveler bisa langsung mendaki Gunung Gandul tersebut. Untuk sampai ke puncak hanya memakan waktu sekitar 20 menit. Terdapat anak tangga di gunung tersebut sampai ke tempat terbuka yang pertama. Dengan fasilitas anak tangga ini, traveler atau pendaki gunung pemula tidak terlalu bersusah payah.

Setelah melewati anak tangga, ada jalan setapak bebatuan yang harus traveler lalui. Lagi-lagi tidak terlalu sulit, sekali pun musim hujan, batunya tidak licin. Karena memang batunya kasar. Pendakian selesai setelah melewati jalan setapak itu. Di puncak Gunung Gandul traveler dapat menikmati sejuknya udara dan panorama yang indah.

Panorama di sini tersebar dari berbagai arah. Dari sebelah Utara traveler akan melihat Kota Sukoharjo beserta wisatanya, yaitu Waduk Tandon dan megahnya Gunung Gajah Mungkur. Dari arah Selatan terlihat pegunungan-pegunungan. Dari arah Timur traveler dimanjakan oleh panorama eksotis Kota Wonogiri. Dari sini, traveler akan melihat Gunung Lawu dan bukit-bukit kecil lainnya yang berjejer indah.

Hal yang menarik dari Gunung Gandul adalah gunung ini bisa didaki saat musim hujan. Tidak seperti kebanyakan gunung yang lainnya.

foto by kabarsolo

Gunung Andong

Gunung Andong berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Meskipun lebih dekat ketika diakses dari Salatiga via Kopeng. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 1800mdpl dan bisa didaki dengan memakan waktu sekitar 2 jam. Selama pendakian, traveler akan melewati hutan pinus yang pohon-pohonnya tumbuh tinggi menjulang serta memberikan udara segar.

Jika dihitung, Gunung Andong memiliki 4 puncak yang terbentang dari Timur ke Barat, Puncak Alap-alap, Puncak Andong, Puncak Jiwa, dan Puncak Makam. Masing-masing puncak menawarkan panoramanya sendiri.

Puncak Andong merupakan puncak tertinggi. Traveler akan melihat pemandangan-pemandangan yang eksotis dari puncak-puncak tersebut. Akan terlihat juga megahnya beberapa gunung yang ada di Jawa Tengah.

Setiap akhir pekan, banyak para pendaki yang menikmati keindahan Gunung Andong.  Tak heran, akhir pekan merupakan hari yang teramai di Gunung Andong ini.   Tentunya traveler bisa berbincang-bincang dengan pendaki lainnya.

foto by stefanushariyanto

Gunung Sepikul

Gunung ini berada di Desa Tiyaran, Kecamatan Bulu, Sukoharjo. Dari pusat kota hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke lokasi. Untuk sampai ke puncak gunung, Traveler harus mendaki terlebih dahulu sekitar 20 menit. Trek di sini pun lumayan menanjak, walaupun tinggi Gunung Sepikul hanya 350mdol.

Selain menanjak, beberapa treknya juga berdebu dan licin, perlu berhati-hati supaya traveler tidak tergelincir. Puncak gunung ini cukup luas sehingga mampu menampung lumayan banyak pendaki. Di sini kurang cocok untuk berkemah, pasalnya permukaan puncak Gunung Sepikul tidak ada yang datar.

Keindahan pemandangan Gunung Sepikul juga dapat dilihat dari berbagai arah. Waktu terbaik untuk mendaki gunung pada saat menjelang matahari terbit dan tenggelam.

foto by dolankemari

Gunung Ungaran

Gunung Ungaran merupakan satu-satunya gunung yang ada di Semarang, Ibukota Jawa Tengah. Gunung Ungaran mempunyai tinggi kurang lebih 2000mdpl. Trek di sini pun cukup menantang bagi para pemula. Selain banyaknya trek yang datar, banyak pula jalur menanjak serta licin. Jadi traveler harus berhati-hati.

Terdapat 3 jalur untuk mencapai ke puncak, yaitu Jalur Mawar, Jalur Gedongsongo, dan Jalur Promasan. Jalur Mawar merupakan jalur favorit yang biasa dilalui. Sehingga di jalur ini ramai para pendaki lain dan memudahkan traveler untuk sampai ke puncak serta berbincang-bincang selama perjalanan.

Melewati jalur Gedongsongo, akan dimanjakan oleh panorama artistik candi-candi yang berada di bawah.  Dan yang terakhir yaitu melalui jalur Promasan yang akan menyuguhkan perkebunan teh.

Pemandangan indah akan menyambut traveler saat sampai ke puncak. Di puncak inilah, traveler bisa melihat gunung-gunung lainnya dari kejauhan, juga menikmati udara sejuk, serta menyaksikan matahari yang terbit dan tenggelam.(AS/IPG)