Menengok Pesona Destinasi Wisata Madura

Banyak destinasi wisatanya.

foto by boy_iksan13

Madura mempunyai tempat wisata yang tak kalah cantiknya dengan Bali. Walaupun ukuran pulaunya lebih kecil dari Bali, tapi destinasi wisatanya cukup banyak. Nah, ini dia beberapa tempat wisata yang wajib traveler kunjungi ketika di Madura.

foto by alluring_sunset

Air Terjun Toroan

Air Terjun Toroan terletak di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Sampang, Madura. Berjarak sekitar 5km dari pusat kota Sampang dan 108km dari Kota Surabaya.  Untuk menuju ke lokasi, jika dari Surabaya bisa melalui Jembatan Suramadu. Ketika sudah sampai di Desa Ketapang, traveler harus berjalan kaki sejauh 60m. Jalanannya agak sedikit curam, jadi harus berhati-hati.

Air Terjun Toran merupakan air terjun unik yang berada di Kota Madura, air terjun ini memiliki tinggi 20m dan berhadapan langsung dengan pantai. Hal tersebut yang menjadi daya tarik tersendiri.  Bayangkan, air yang jatuh akan bertemu langsung dengan air laut di muara.  Benar-benar menakjubkan!  Traveler pun bisa merasakan kesegaran air dari Air Terjun Toroan.

Tidak hanya itu, di sini terdapat juga pepohonan yang tumbuh tinggi sehingga membuat susana sekitar semakin nyaman. Tempat wisata ini masih asri dan udaranya pun masih segar.

foto by sumenepsuperhits

Pantai Siring Kemuning

Pantai Siring Kemuning menawarkan hamparan pasir putih, air berwarna biru kehijauan, serta pohon-pohon kelapa di sekitar tepi pantai. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok untuk bersantai dan berlibur bersama keluarga, karena terdapat beberapa fasilitas yang asyik dinikmati keluarga dan makanan-makanan khas Madura.

Pantai Siring Kemuning terletak di Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Madura. Karena keindahannya yang menawan seperti di Bali, Pantai Siring Kemuning mendapat julukan Kuta in Madura. Banyak traveler dari luar negeri yang berkunjung ke sini, bahkan sampai menginap berhari-hari demi menikmati panoramanya.

Traveler juga dapat menikmati keindahan sunset dan sunrise yang eksotis di sini. Karena Pantai Siring Kemuning menampakan keelokkannya ketika sunrise dan sunset.

foto by quinshajasmine

Gili Genting

Gili Genting merupakan tempat yang cocok untuk berlibur dan menghilangkan rasa penat. Tak salah memang, karena suasana di sini begitu tenang dan nyaman.  Terdapat beberapa wisata lainnya di Gili Genting. Ada pantai-pantai dengan hamparan pasir putih lembut, serta angin sepoi-sepoi yang membuat traveler merasakan ketenangan.

Gili Genting terletak di Desa Bringsang, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Madura. Bagi traveler yang ingin merasakan suasana dan panorama Hawai, traveler bisa berkunjung ke sini. Panorama di Gili Genting sangat eksotis. Traveler pun juga bisa menikmati sunrise dan sunset yang cantik di sini.

foto by adji_mahadewa

Bukit Jaddih

Bukit Jaddih tergolong tempat wisata baru di Madura. Bukit ini terbentuk dari bekas tambang kapur putih. Tebing-tebing raksasa di sini sangat unik bentuknya dan artistik.  Ketika berada di sini traveler akan melihat bongkahan kapur putih raksasa, terdapat juga beberapa goa kecil dan panorama yang mirip seperti di Kapadokia, Turki.

Selain itu, terdapat kolam renang di tengah bukit ini. Traveler bisa berenang di situ dengan membayar Rp. 5ribu. Bukit Jaddih ini sangat digemari oleh para fotografer. Pasalnya, tebing-tebing raksasa serta panorama di sekelilingnya sangat mempesona sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Bukit ini terletak di Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Madura. Berjarak sekitar 10km dari Bangkalan. Untuk menikmati keindahan di Bukit Jaddih traveler hanya merogoh kocek Rp3 ribu untuk tiket masuk, sedangkan untuk biaya parkir kendaraan yaitu Rp5 ribu.(AS/IPG)