Keindahan Curug Malela di Bandung Barat

Curug Malela punya hulu yang berada di Utara Gunung Kendeng, gunung yang sudah tidak aktif lagi.

Selain ngetop dengan beragam kulinernya, Bandung juga ngetop dengan banyaknya panorama air terjun alias curug. Seperti Curug Malela yang berada di kawasan Rongga, Bandung Barat, tepatnya di Desa Cidadas. Curug Malela punya hulu yang berada di Utara Gunung Kendeng, gunung yang sudah tidak aktif lagi.

Dengan ketinggian 60 meter, Curug Malela memiliki lima buah jalur air terjun yang sangat indah. Gempuran air yang deras, saling berebut turun ke kolam yang berada di bawah, membuatnya sekilas mirip Air Terjun Niagara di Kanada.

Suasana alam yang begitu sejuk ditambah dengan pemandangan asri khas Ciwidey siap bikin traveler betah berlama-lama. Apalagi, banyak burung yang saling bercuitan, terbang rendah di sekitar air terjun, membuat suasana semakin damai dan alam. Curug Malela bukan satu-satunya air terjun yang ada di sana. Traveler juga bisa mampir ke beberapa curug lainnya, seperti Curug Ngebul, Curug Manglid, Curug Sumpel, Curug Palisir hingga Curug Pameungpeuk.

Untuk mencapai ke lokasi disini, traveler harus menempuh perjalanan darat selama dua jam dari kota Bandung. Rute yang bisa dipilih melalui kawasan Cimahi menuju Sindang Kerta. Kalau mau naik kendaraan umum, naik angkutan kota dari Terminal Leuwipanjang ke Cimahi sebelum lanjut bus kejurusan Gunung Halu.

Tiket masuknya pun terbilang masih terjangkau. Hanya Rp10-15 ribu per orang. Dan jika traveler membawa kendaraan, biaya parkir Rp5 ribu untuk motor, dan Rp10 ribu untuk mobil.(DT)