Keindahan dan Kesejukan di Kebun Buah Mangunan

Dengan memiliki ketinggian sekitar 200 mpdl, menjadikan daya tarik utama Gardu Pandang Mangunan, karena dengan ketinggian tersebut, Traveler dapat menikmati keindahan gumpalan awan yang membalut Pegunungan Sewu.

Negeri di atas awan, itulah julukan bagi Kebun Buah Mangunan di Bantul, Yogyakarta. Dengan memiliki ketinggian sekitar 200 mpdl, menjadikan daya tarik utama Gardu Pandang Mangunan, karena dengan ketinggian tersebut, Traveler dapat menikmati keindahan gumpalan awan yang membalut Pegunungan Sewu.

Sekaligus menikmati panorama pemandangan yang cantik, Traveler juga bisa sekalian belajar mengenai tumbuh-tumbuhan secara langsung. Kebun Buah Mangunan dibangun pada tahun 2003 di atas tanah seluas 23 hektar. Berbagai jenis tanaman buah dikembangbiakan disini. Ada 1500 pohon durian, 950 pohon mangga, 220 pohon jeruk, 300 pohon jambu air, dan 200 aneka tanaman buah lainnya. Selain tanaman buah, disini juga ditanami pohon jati dan pohon pinus, yang menambah keindahan alam sekitarnya.

Berlokasi di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi Kebun Buah Mangunan tidak begitu jauh dari kota, sehingga untuk menuju lokasi tersebut hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit saja. Harga tiket masuk wisata ini dibandrol Rp5.000 per orang. Untuk biaya parkir sepeda motor Rp3.000, sedangkan untuk mobil Rp.5.000.

Photo By ngetripkemana.com
Photo By ngetripkemana.com

Traveler dapat mengunjungi Kebun Buah Mangunan setiap hari, karena tidak ada hari libur atau tutup pengunjung disini. Hanya waktunya saja yang ditentukan, yaitu dibuka pukul 04.30 dan ditutup pada pukul 18.00
Menikmati keindahan panorama di Kebun Buah Mangunan, tidak hanya 1 atau 2 jam saja. Hasrat hati masih ingin berlama-lama, menghirup udara segar dan menatap keindahan alam semesta di Kebun Buah Mangunan ini. Terlebih lagi pemburuan sunset dan sunrise nya yang sangat cantik. Inilah juga menjadi hal utama yang diincar bagi para wisatawan yang berkunjung kesini.

Waktu yang paling bagus untuk berkunjung ke wisata ini adalah saat pagi hari jam 05:00 WIB, karena traveler bisa menikmati sunrise dan kabut tebal dari atas gardu pandang Kebun Buah Mangunan. Dan, jika traveler ingin berburu sunset, bisa datang ke wisata ini pada saat pukul 17:00 WIB. Yah, pemandangan yang disuguhkan gardu pandang ini juga tak kalah cantik dengan keindahan pemandangan saat sunrise. Traveler bisa melihat keindahan matahari yang terbenam bersamaan dengan turunnya kabut-kabut di atas Gardu Pandang Kebun Buah Mangunan. Bagi yang punya hobi fotografi, bisa memuaskan hobi tersebut di lokasi ini, karena semua area tempat wisatanya sangat cocok jadi spot foto instagenic!(DT)