Keindahan Pantai Jogan, Yang Berpaduan Dengan Air Terjun

Air Terjunnya tepat di bibir pantai, dengan ketinggian air terjun di pantai ini mencapai 12 meter.

Pantai Jogan

Membahas wisata-wisata yang ada di Kota Yogyakarta memang tidak pernah bosan dan tidak pernah ada habisnya. Wisata disini mempunyai pesona keunikan yang luar biasa cantik ditambah dengan air terjun di area bibir pantainya. Salah satunya yaitu di Pantai Jogan yang  berlokasi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Berjarak kurang lebih 75 km dari Pusat Kota Yogyakarta.

Pantai Jogan

Pantai Jogan terkenal dengan Air Terjunnya tepat di bibir pantai, dengan ketinggian air terjun di pantai ini mencapai 12 meter, dengan sumber air yang mengalir berasal dari perbukitan di sebelah utara Pantai Jogan. Air terjunnya sendiri memiliki keunikan yang langsung mengalir ke laut karena Pantai Jogan tidak memiliki garis batas laut.

Untuk menikmati air terjun yang ada, Traveler harus siap turun ke bawah dulu melalui tehnik canyoning atau rappeling di air terjun. Cara ini memerlukan keberanian dan kemampuan serta harus didukung dengan peralatan agar bisa menaklukkannya.

Pantai Jogan

Sungguh takjub luar biasa, dapat melihat indahnya Samudera Hindia dengan berada di atas air terjun. Traveler juga dapat menyaksikan deburan ombak yang sangat besar. Tidak perlu merasa ngeri, karena Traveler dapat menikmati keramahan percikan air saat kaki-kaki menjamah kerasnya batuan karang.

Selain itu, pada tengah-tengah pantai, terdapat sebuah batu karang besar yang berfungsi sebagai pemecah ombak yang datang, sehingga menambah keindahan Pantai Jogan ini. Pada saat senja, Traveler juga dapat menikmati ungunya langit yang sangat indah dan dapat digunakan untuk berfoto-foto di sekitar pantai karena memiliki keindahan yang luar biasa.

Pantai Jogan

Harga tiket masuk wisata Pantai Jogan hanya dibanderol Rp10.000 per orang, sudah termasuk dengan retribusi masuk wisata pantai yang lainnya seperti Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Biaya parkir di kawasan wisata ini dikenakan sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Jam operasional Pantai Jogan dibuka setiap hari senin sampai dengan minggu dan tanpa mengenal kata tutup alias buka 24 jam nonstop. Fasilitas di Pantai Jogan ini masih sangat minim yaitu hanya ada parkiran yang tidak begitu luas, warung makanan dan minuman kurang begitu menarik, tapi untuk toiletnya cukup memadai dan bersih.(DT)