Keindahan Telaga Dringo dari Jawa Tengah

Telaga Dringo, tempat ini dijamin membuat anda terpana akan keindahannya. Sebelum menyelami keindahan Telaga Dringo, salah satu hal yang perlu anda tahu tentang Dieng adalah lokasinya berada di kompleks pegunungan.

Dataran Tinggi Dieng selalu berhasil membuat jatuh hati lewat beragam destinasi wisatanya yang tersaji bagi wisatawan. Selain Bukit Sikunir dan juga Batu Ratapan Angin, ada satu lagi destinasi wisata yang wajib masuk ke dalam bucket list mu saat berkunjung ke Dieng.

Adalah Telaga Dringo, tempat ini dijamin membuat anda terpana akan keindahannya. Sebelum menyelami keindahan Telaga Dringo, salah satu hal yang perlu anda tahu tentang Dieng adalah lokasinya berada di kompleks pegunungan. Hal itu pula membuatnya terdapat banyak telaga dan bukit-bukit cantik yang menghampar.

Dringo ini adalah salah satu telaga terindah di Dieng. Mengutip berbagai sumber, Telaga Dringo terbentuk akibat letusan Gunung Sinila sekitar tahun 1786. Saat gunung tersebut meletus, Gunung Sinila yang hancur menyisakan cekungan besar berupa kawah mati yang kemudian terisi oleh air dan terbentuklah Telaga Dringo.

Nama Dringo diambil dari tanaman yang tumbuh secara alami di sekitar telaga, hingga kemudian masyarakat sekitar menamakan telaga ini sebagai Telaga Dringo. Selain namanya yang unik, Telaga Dringo menjadi salah satu telaga tertinggi di Jawa Tengah karena terletak di ketinggian 2.222 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tak heran, jika Telaga Dringo punya pemandangan yang memukau.

Udara sejuk khas Dieng serta keindahan telaga dengan air jernih dengan lanskap menghijau, membuat Telaga Dringo disebut-sebut sebagai miniaturnya Ranu Kumbolo. Telaga Dringo bisa jadi obat rindu bagi anda yang belum sempat ke Semeru. Tak sampai di situ, sebelum menuju ke Telaga Dringo anda pun disuguhkan dengan panorama alam yang memukau. Hamparan perbukitan yang hijau dengan berbagai macam tanaman cantik menjadi teman di sepanjang perjalananmu.

Selain berkemah untuk menikmati keindahan telaga, anda juga bisa menyambut indahnya sunrise di Dieng. Karena view terbaik untuk menikmati Telaga Dringo, justru pada saat sunrise. Pancaran sinar sunrise, membentuk lukisan indah Telaga Dringo yang dikelilingi oleh bukit-bukit, sungguh sangat menakjubkan!

Jika anda yang ingin ke tempat ini, Telaga Dringo terletak tidak jauh dari Kawah Cadradimuka, Dieng. Untuk menuju ke sana, anda membutuhkan tenaga ekstra karena obyek wisata ini masih belum dikelola dengan baik. Sehingga, akses jalan maupun fasilitas penunjang masih sangat sulit dan seadanya. Meski begitu keindahan tempat ini tak kalah menarik untuk dijelajahi.

Namun, meskipun akses kesana masih sangat terbatas, telaga yang terletak di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah ini, tetap jadi salah satu destinasi incaran wisatawan. Terbukti dengan banyak pengunjung yang datang untuk berkemah dan menikmati sejuknya udara yang bertiup dari balik lembah ini, kesulitan dalam menempuh perjalanan tak digubris lagi.

Tertarik untuk berkunjung ke Ranu Kumbolo ala Dieng ini?