Kemah Yang Asik di Ranca Upas

Berkemah, menyatu dengan alam sambil menimati kesejukan udara alam terbuka, apalagi udara pegunungan, adalah satu kegiatan yang sangat mengasyikkan.

photo by megalata uci blogspot
photo by megalata uci blogspot

Berkemah, menyatu dengan alam sambil menimati kesejukan udara alam terbuka, apalagi udara pegunungan, adalah satu kegiatan yang sangat mengasyikkan. Begitu banyak tempat-tempat wisata yang dijadikan tempat berkemah. Salah satunya adalah Ranca Upas, yang berada di Ciwidey, Bandung Selatan. Traveler bisa menikmati udara yang sangat sejuk di Ranca Upas. Berada di ketinggian 1.700 meter di atas pemukaan laut, menciptakan udara di Ranca Upas sangat dingin.

Udara akan semakin dingin menjelang malam. Bahkan, suhu bisa mencapai 0 derajat, sedangkan suhu normal mencapai 17-20 derajat. Akses untuk menuju ke Ranca Upas juga tidak terlalu sulit, karena jalannya sudah bagus. Jika traveler mengambil jalur jalan tol, keluar di pintu tol Soreang. Lalu belok kanan menuju Ciwidey. Setelah menemui pasar Ciwidey, lanjutkan perjalanan menuju Situ Patengan. Tidak jauh dari situ akan terlihat gerbang menuju kampung Cai Ranca Upas di sebelah kanan jalan.

Lahan untuk mendirikan tenda di Ranca Upas sangat luas. Jadi, traveler tidak perlu khawatir akan kehabisan lapak untuk mendirikan tenda. Saat pagi hari, traveler akan melihat hamparan kabut yang akan membuat hati jatuh cinta dengan tempat ini. Kabut yang mengelilingi Ranca Upas memiliki aura magis yang bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di sini.

Fasilitas di Ranca Upas juga sangat lengkap. Terdapat mushola, toilet, dan juga warung makanan untuk traveler yang tidak mau ribet memasak saat berkemah. Namun, saat traveler memilih berkemah di sini, sebaiknya traveler harus menyiapkan beberapa alat pendukung. Seperti selimut tidur untuk penghangat, dan juga beberapa alat masak untuk traveler yang suka memasak sendiri.

Nah, berkemah bersama keluarga atau para sahabat, Ranca Upas bisa menjadi pilihan yang sangat tepat!(DT)