Keseruan yang Memikat di Pantai Nemberala

Panorama Baharinya Sangat Menakjubkan

Pantai Nemberala NTT
Sunset nan Romantis di Pantai Nemberala NTT

Hamparan pasir putihnya yang menyenangkan berpadu dengan keindahan biru laut yang kontras, serta keseruan ombaknya yang menantang membuat penggemar selancar merasa terpanggil untuk menikmati dahsyatnya ombak laut disini.  Traveler pasti tak ingin beranjak dari sini, dan terus ingin menikmati keseruan disini, di Pantai Nemberala.

Rasa senang, nyaman, tenang dan damai begitu kental saat menikmati pemandangan di pantai ini. Luasnya hamparan pasir pantainya ini, benar-benar membuat wisatawan yang datang terpuaskan untuk bermain di pantainya, apalagi ketika menjelang sore hari, suasana keindahan alam pun semakin memanjakan pandangan mata. Warna langit yang berubah menjadi jingga begitu kontras  dan menyatu dengan arsiran biru tosca air laut Samudera Hindia, benar-benar lukisan alam nan mempesona.  Sang surya yang perlahan mulai tenggelam, menyisakan suasana romantis yang dapat dinikmati di bibir pantai dalam balutan cuaca tropis yang hangat, berpadu dengan angin laut yang sangat sejuk.

Pantai Nemberala NTT
Alam Panorama di Pantai Nemberala

Pantai Nemberala menawarkan panorama bahari yang sungguh menakjubkkan.  Deburan ombaknya yang sangat menantang, menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara.  Daya pikat ombak-ombaknya, menjadi surga tersendiri bagi para peselancar.  Apalagi jika laut tengah pasang, ombak di pantai ini bisa mencapai 7 sampai 10 meter.  Tidak heran, peselanacar kelas dunia yang tingkat mahir sangat tergila-gila untuk bisa menaklukkan ombak Pantai Nemberala ini.  Berbagai kompetisi selancar bertaraf internasional sering diadakan disini.  Pantai Nemberala memang telah menjadi maghnet yang dapat menarik dan mendatangkan para pemburu ombak dari seluruh dunia.  Tujuannya sama, ingin menikmtai tantangan dan berdamai dengan gulungan ombak yang maha dahsyat tingginya, ombak terbaik di Indonesia.

Pantai Nemberala NTT
Uji Adrenalin dalam kedahsyatan Ombak, Photo by @maduma.tourismtravel

Keseruan di Pantai Nemberala bukan semata dimiliki bagi pecinta selancar saja.  Traveler yang tidak berselancar, juga dapat menikmati kegiatan yang tak kalah serunya selama berada di pantai ini, misalnya memancing, berenang, snorkeling dan berkeliling antar pulau.

Bagi Traveler yang gemar memancing, akan merasa terpuaskan melakukan kegiatan satu ini disini. Lautan di sekitar pantai ini memiliki banyak jenis ikan yang asyik untuk dipancing. Biasanya ikan-ikan jenis umum seperti Tuna Sirip Kuning, Ikan Kakap Putih, Kerapu, Marlin, Makarel dan masih banyak jenis lainnya.  Selain keanekaragaman ikannya yang begitu banyak ditemui, keindahan alam bawah lautnya dengan terumbu karang dan tanaman-tanaman bawah laut, sangat cantik dan sayang dilewatkan begitu saja.  Traveler dapat menikmati kegiatan snorkeling, untuk bisa bermanja-manja dengan penghuni bawah laut.

Pantai Nemberala NTT
Menyewa perahu untuk Island Hopping, Photo by @ivan.gi,

Pantai Nemberala merupakan salah satu pantai di Pulau Rote, tepatnya berada di lokasi Desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.  Pantai ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Australia. Di sekitar pantai ini, ada beberapa pulau-pulau kecil yang juga memiliki keindahan tersendiri.  Traveler dapat melakukan kegiatan Island Hopping, istilah dari mengunjungi pulau-pulau di sekitar. Dengan menyewa perahu nelayan setempat, kegiatan mengunjungi pulau-pulau kecil yang terdapat di sekitar pantai menjadi kegiatan yang sangat seru dan mengasyikkan.  Traveler dapat mengeksplore keseruan di Pulau Donna, Pulau Do’o dan Pulau N’Doa.

Ada dua alternatif akses perjalanan menuju Pulau Rote dari Kota Kupang, yaitu melalui jalur udara dan jalur laut. Jika melalui udara, Traveler dapat menggunakan pesawat dari Bandara El Tari Kupang ke Bandara Lekunik Rote, dengan menggunakan maskapai yang melayani rute penerbangan Kupang-Rote-Kupang.

Pantai Nemberala NTT
Hamparan Pasir Panatainya nan Luas

Sementara itu jika memilih lewat laut, ada 2 pilihan alternatif kapal yaitu dengan menggunakan kapal ferry (jalannya agak lamban) dan kapal cepat (speed boat).  Waktu keberangkatan dengan menggunakan kapal ferry yaitu pukul 08.00 WITA yang bertolak dari Pelabuhan Bolok, Kupang yang kemudian berlabuh di Pelabuhan Pantai Baru, Rote. Waktu penyeberangan memakan waktu tempuh hingga 4 jam (tergantung cuaca dan kondisi laut).  Sementara itu, Traveler yang memilih alternatif kapal cepat, berangkat bertolak dari Pelabuhan Tenau, Kupang dengan waktu keberangkatan pukul 08.00 WITA. Perjalanan ini memakan waktu perjalanan sekitar 2 jam, tergantung kondisi angin dan gelombang di laut.(Puteri)