Kranji Reservoir Park, Sisi Lain Menikmati Singapura

Menikmati Alam Terbuka Singapura nan Alami

Kranji Reservoir Park, Sisi Lain Menikmati Singapura
Menikmati Singapura dari wisata lain

Keindahan Singapura, memang lebih banyak dikenal dengan gedung-gedung pencakar langit dan blok apartemennya yang tersusun cantik serta sedap dipandang mata.  Namun, jika Traveler jeli, ada satu tempat yang agak tersembunyi, di sudut barat laut, yaitu sebuah kawasan yang berbalut sentuhan alam nan alami, area yang nyaris tak terlihat dan tertutup oleh bangunan-bangunan tinggi.  Namanya Kranji Reservoir Park, salah satu objek wisata yang juga masih berada dalam wilayah negara Singapura.  Daerah ini dikenal sebagai Pedesaan Kranji, merupakan sisi alternatif Singapura di sekitar Waduk Kranji yang dipenuhi dengan pertanian, pepohonan, dan ada nilai sejarahnya.

Kranji Reservoir Park, Sisi Lain Menikmati Singapura
Kranji Reservoir Park nan teduh

Keasrian yang ditemukan di Singapura memperlihatkan bahwa negeri ini memiliki perpaduan yang cukup harmonis antara teknologi dan alam, antara gedung-gedung bertingkat di perkotaan dan pepohonan hijau yang membaur. Itulah nilai lebih yang membuat Singapura selalu menjadi tempat yang asyik untuk dikunjungi, lagi dan lagi…

Kranji Reservoir Park, salah satu objek wisata di Singapura yang gambarannya jauh dari objek wisata Singapura pada umumnya.  Kawasan ini merupakan sebuah taman dengan luas sekitar 9 hektar, yang terletak di sebelah Kranji Reservoir yang berada di sepanjang Kranji Way,  Singapura.  Diantara para penggemar kegiatan memancing, taman yang letaknya menghadap ke Selat Johor ini merupakan tempat yang paling favorit untuk menghabiskan hari libur sambil memancing.

Kranji Reservoir Park, Sisi Lain Menikmati Singapura
Menikmati pemandangan panorama Selat Johor di Kranji Reservoir Park

Traveler dapat menikmati panorama Selat Johor yang menakjubkan di Kranji Reservoir Park ini.  Taman yang banyak menampilkan pepohonan dengan kanopi hijau yang rimbun, tersedia dua tempat pemancingan, juga ada paviliun, dan penempatan bangku – bangku dengan latar belakang yang indah, menjadi salah satu spot seru untuk berswaphoto.  Yah, taman ini benar-benar menjadi taman favorit untuk melepaskan penat dari rutinitas harian yang cukup menyita pikiran.

Kranji Reservoir Park juga merupakan bagian dari salah satu situs bersejarah Singapura. Disana terdapat sebuah plakat peringatan perang memperingati Pertempuran Kranji.  Plakat ini didirikan sebagai penghormatan kepada para prajurit pemberani yang kehilangan nyawa mereka, dalam Pertempuran Kranji saat Perang Dunia II.  Selain sebagai plakat peringatan perang, juga menginformasikan kepada wisatawan yang datang berkunjung kesini, tentang masa lalu yang bersejarah dan penuh kekerasan dari tempat ini.  Di sinilah Pertempuran Kranji terjadi. Tentara Jepang menyerbu Kranji dalam rencana mereka untuk merebut Singapura pada Perang Dunia Kedua.  Salah satu tempat atau area pemancingan berada tepat di seberang Situs Pertempuran Pantai Kranji sementara tempat pemancingan lainnya berada di ujung timur Kranji Way.

Kranji Reservoir Park, Sisi Lain Menikmati Singapura
Plakat Memperingati Pertempuran Kranji Saat PD 2

Di objek wisata ini, wisatawan dapat leluasa melakukan kegiatan mengasyikkan di taman, seperti piknik di lapangan terbuka, memancing di area pemancingan yang sudah ditentukan, dan terpesona dengan keindahan pemandangan matahari terbit yang cantik dan memukau, di mana tempat terbaik untuk melihat sunrise adalah di salah satu sisi  dekat Bendungan Kranji.

Nah, ingin menimati Negara Singapura dengan suasana alamnya yang masih alami ?  Di Kranji Reservoir Park tempatnya!(Nil)