Menikmati Keseruan dan Pesona di Kawah Putih Tinggi Raja

Suhu Panasnya Mencapai 90 derajat Celcius

Menikmati Keseruan dan Pesona di Kawah Putih Tinggi Raja
Tingginya Suhu Kawah, dapaty merebus telur disana

Kawah Putih Tinggi Raja merupakan salah satu objek wisata di Sumatera Utara.  Kawasan objek wisata ini bagaikan surga terpendam di Tanah Tapanuli, karena berada di tengah-tengah kawasan hutan yang penuh dengan pepohonan yang tinggi-tinggi.  Kawah Putih Tinggi Raja merupakan sumber air panas dengan memiliki suhu 90 derajat celcius, yang terletak dalam Cagar Alam Dolok Tinggi Raja yang memiliki luas 176 hektar, serta lahan kawah dengan luas kurang lebih 4 hektar.

Siapapun yang datang berkunjung ke objek wisata ini, akan langsung terpesona dengan keindahan bukit putih kapur serta aliran air panasnya ini.  Yah, di dalam hutan ini, menyimpan berjuta pesona pemandangan kawah yang luar biasa memukau.  Model kawah ini sangat unik, dimana air panas mengalir diantara bebatuan kapur yang tersusun berundak-undak.  Hal tersebut membuat batuan-batuan ini berwarna putih bersih bagaikan salju.  Hampir tiap sudut menyajikan pemandangan unik dan indah, yang seru untuk diframe dalam jepretan kamera.  Sangat instagramable!

Menikmati Keseruan dan Pesona di Kawah Putih Tinggi Raja
Hamparan Putihnya laksana salju, Photo by @sheymon_siahaan

Traveler juga dapat menikmati keindahan panorama  bukit kapur yang di lalui oleh aliran air panas, dimana kawasan ini memiliki pemandangan yang sangat mempesona, sehingga membuat bebatuan ini menjadi indah dipandang oleh mata.  Ada juga keindahan karpet alam yang terbentuk dari aliran sungai yang berlumut dan dilewati oleh air panas, menjadikan bebatuan tersebut bagaikan hamparan karpet yang berwarna hijau keputihan.  Sungguh sangat cantik dilihat!

Juga terdapat sebuah kolam alam yang tidak begitu luas, namun cukup besar.  Kolam ini mengeluarkan sumber air panas, dimana hal tersebut dapat dilihat adanya gelembung-gelembung udara yang keluar dari dasar kolam. Aliran air panas ini mengalir melalui semak-semak pepohonan yang mengering karena panas, lalu berkumpul menjadi satu aliran dan membentuk sebuah danau yang airnya berwarna biru kehijauan.  Keindahan ini benar-benar begitu menakjubkan.

Menikmati Keseruan dan Pesona di Kawah Putih Tinggi Raja
Warna Biru Danau sangat cantik mempesona

Kawasan ini terbentuk  dari panas bumi yang mengandung belerang, yang lama kelamaan membentuk bukit kapur putih dengan sumber air panas bersuhu cukup tinggi.  Karena tingginya, bahkan Traveler dapat merebus telur disini.  Untuk itu, pengunjung pun dilarang berenang di kawah yang memilih suhu cukup mendidih ini.  Namun, di sisi lain kawah, Traveler dapat menikmati sungai yang airnya hangat.  Karena sebagian besar airnya berasal dari mata air Kawah Putih.

Lokasi Kawah Putih Tinggi Raja berada di Desa Dolok Marawa, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.  Untuk mencapai objek wisata ini, Traveler harus menempuh jarak sekitar 90 kilometer dari Kota Medan, dan memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan.   Ada tiga rute yang dapat dipilih untuk ke lokasi wisata ini.   Yaitu Medan – Lubuk Pakam – Galang – Banun Purba – Dolok Tinggi Raja.  Rute kedua yaitu Medan – Lubuk Pakam – Galang – Dolok Tinggi Raja.  Dan rute yang ketiga yaitu Masihul – Nagori Dolok – Dolok Tinggi Raja.

Menikmati Keseruan dan Pesona di Kawah Putih Tinggi Raja
Air Panas yang Mengalir Lewat Undak-Undakan,

Keberadaan Kawah Putih Tinggi Raja di dalam hutan belantara ini, tidak membuat Traveler berjiwa petualang surut untuk mendatanginya.  Bahkan, banyak Traveler yang makin penasaran ingin turut menikmati pesona dan keindahan panorama pemandangan kawah putih ini.  Dengan berada di dalam hutan ini yang berusia ratusan tahun ini, menjadi daya tarik tersendiri untuk mendatangkan para wisatawan. Dengan berada di area cagar alam, maka sejatinya para pengunjung harus bersikap ramah terhadap alam sekitar!(Rafa)