Kue Clorot, Kudapan Unik Khas Purworejo

Berkunjung ke Purworejo, belum lengkap rasanya bila belum mencoba salah satu jajanan unik bernama kue clorot. Mendengar namanya yang unik semakin menggugah rasa penasaran traveller yang belum pernah mencobanya. Dari namanya yang unik, kira-kira bagaimana rupa dan rasanya ya?

Clorot merupakan jajanan khas daerah Purworejo, Jawa Tengah. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras yang rasanya manis, gurih, dan bertekstur legit. Yang lebih menarik lagi, kemasan clorot berbentuk kerucut memanjang yang terbuat dari ulinan janur (daun kelapa yang masih muda) kuning.

Kue Clorot
Kue Clorot, photo by ferlyarianto

Clorot terbuat dari tepung beras dengan sedikit campuran tepung kanji, kapur sirih, garam, gula jawa, dan pandan. Cara memasaknya mudah, semua bahan dicampur dengan air santan dan diaduk hingga rata dan sedikit mengental. Jika adonan sudah siap, tuang ke wadah atau urung clorot yang terbuat dari janur kuning yang telah dipilin sehingga membentuk wadah yang mirip terompet kecil. Kukus selama satu jam, angkat, tiriskan, diamkan beberapa saat, dan clorot siap disantap.

Rasanya yang manis dan kenyal, membuat clorot banyak dinikmati sebagai kudapan di kala senggang maupun di acara-acara besar. Cara menikmati clorot butuh teknik tersendiri. Kemasan clorot yang terbuat dari janur kuning, tidak perlu traveller buka ujungnya hingga clorot terbuka. Cukup tekan dengan satu jari dari bawah, isi clorot akan menyembul dan siap di santap.

Kue Clorot,Purworejo
Kue Clorot,Purworejo, photo by ainimappedeceng

Kue clorot juga mengandung nilai gizi yang tinggi yaitu karbohidrat, protein, zat besi, vitamin B1, kalsium, dan fosfor. Kue clorot juga cocok untuk dinikmati semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa dapat menikmati jajanan ini.

Kue clorot biasa digunakan sebagai kudapan di berbagai acara. Pemerintah juga menghimbau untuk selalu menyajikan kuliner tradisional di berbagai acara maupun hajatan. Mulai dari rapat kantoran, perayaan hari selamatan seperti pernikahan, kelahiran, khitanan, dan sebagainya kue clorot cocok untuk disajikan.

Clorot biasa ditemukan di berbagai pasar tradisional di Purworejo. Harganya sangat terjangkau. Dalam satu ikat clorot yang berisi 10 buah, harganya hanya Rp8.000,-. Kue clorot termasuk kategori kudapan basah. Namun jangan khawatir, karena dapat tahan hingga dua hari. Sehingga bisa untuk oleh-oleh. (NC/IPG)

spot_imgspot_img

Subscribe

Related articles

Liburan di Filipina, Dimas Anggara-Nadine Chandrawinata Berendam di Bak Luar Ruang

Pasangan Nadine Chandrawinata dan Dimas Anggara memang suka traveling atau berpergian,...

Mengenal Tradisi Jogja yang Jarang Diketahui

Salah satu alasan Jogja menjadi destinasi wisata favorit wisatawan...

Gubernur Arinal berharap ajang Puteri Indonesia dapat mengenalkan potensi wisata Lampung

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Ketua Dekranasda Provinsi Lampung...

Inilah Makanan Khas Bali yang Halal Dikonsumsi

Traveler muslim gak perlu khawatir lagi untuk wisata kuliner...

Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Melbourne, Australia

Kalau berkunjung ke Australia rasanya akan makin seru saat...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here