Menikmati Suguhan Aurora Terindah, Surga di Bumi

Untuk melihat Aurora yakni di sekitar daerah Kutub Utara atau Kutub Selatan

Aurora Australis di Tasmania
Aurora Australis di Tasmania, photo by Discover Tasmania

Aurora adalah kejadian alam yang terbentuk karena tabrakan antara badai matahari dengan atmosfer bumi sehingga membentuk cahaya berwarna hijau, merah, ungu, hingga biru pada langit di malam hari. Cahaya yang terbentuk ini akibat adanya interaksi antara medan magnetik bumi, dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari. Aurora merupakan fenomena alam yang tidak bisa dinikmati setiap saat. Fenomena ini bisa terlihat jelas saat malam hari, tanpa bulan namun kondisi cuaca sedang cerah. Tempat paling terkenal untuk melihat Aurora yakni di sekitar daerah Kutub Utara atau Kutub Selatan.

Aurora menghasilkan cahaya yang sangat indah di langit. Cahaya aurora ini bahkan bisa dilihat dari luar angkasa. Aurora yang ada di langit bagian selatan bumi disebut Aurora Australis (Southern Lights) seperti di Selandia Baru, Antartika dan lainnya. Sedangkan Aurora yang ada di langit bagian utara bumi disebut Aurora Borealis (Northern Lights) yang mencakup kawasan Eropa, Alaska, Kanada hingga Siberia. Semakin mendekati kutub, semakin besar kesempatan melihat aurora. Aurora hanya dapat dilihat di tempat-tempat tertentu yang memiliki langit gelap.

Berikut ini negara-negara yang kerap menampilkan aurora, yang selalu diserbu para Traveler mancanegara dan diabadikan keindahannya.

Aurora Australis di Selandia Baru,
Aurora Australis di Selandia Baru, photo by Pinterest

Selandia Baru dan Tasmania

Tasmania dan Selandia Baru merupakan tempat terbaik untuk melihat aurora. Disini, hampir sepanjang tahun kemunculan aurora dapat terjadi. Tapi waktu paling bagus adalah saat equinoxes. Equinox merupakan salah satu fenomena astronomi yang rutin, dua kali setahun.

Kanada

Kanada merupakan salah satu negara dengan pemandangan aurora terbaik. Negara dengan polusi cahaya yang rendah serta memiliki desa wisata untuk menikmati pemandangan langit aurora. Ada dua lokasi terbaik yang asyik untuk menikmati keindahan aurora, yakni pertengahan Agustus sampai akhir April di Churchill, serta Wood Buffalo pada Agustus sampai Mei.

Alaska

Menikmati aurora di Alaska, tepatnya di Fairbanks, pada bulan Agustus hingga pertengahan April adalah waktu terbaik. Fairbanks berlokasi di bagian utara yang merupakan tempat terbaik melihat langit aurora di Amerika ini. Yang uniknya, disini memiliki sistem perkiraan cuaca dan paket perjalanan untuk melihat dan menikmati kecantikan aurora.

Aurora Borealis di Finlandia
Aurora Borealis di Finlandia, photo by Lex18DotCom

Islandia

Berlokasi di barat laut Eropa, Islandia memiliki banyak geyser, air terjun besar, dan gunung berapi aktif. Objek – objek ini menjadi lebih menarik dan sangat menawan ketika berpadu dengan aurora yang muncul di langit. Waktu terbaik munculnya aurora disini adalah sepanjang akhir Agustus hingga awal April.

Kepulauan Georgia

Kepulauan Georgia merupakan negara paling selatan yang selalu tertutup lautan es setiap tahunnya. Datanglah kesini dengan menggunakan kapal pesiar. Dan pilihlan Kepulauan Sandwich Selatan di Georgia Selatan untuk menenggelamkan diri dalam indahnya pesona langit aurora disana. Saat yang tepat sekitar bulan Maret dan September.

Aurora Northern Lights di Greenland
Aurora Northern Lights di Greenland, photo by The Mirror

Greenland

Ada dua momen yang pas untuk bisa melihat keindahan aurora di Greenland ini. Yaitu pada pertengahan bulan Agustus sampai akhir bulan April dengan lokasi di wilayah bagian selatan. Dan di wilayah Nuuk pada akhir Agustus sampai pertengahan April. Walau harus menempuh perjalanan yang sangat jauh, namun keindahan yang sangat memukau tak bisa dipungkiri lagi. Traveler dijamin tak akan menyesal.

Aurora Borealis di Norwegia
Aurora Borealis di Norwegia, photo by YouTube

Norwegia

Aurora di sini bisa dilihat saat pertengahan September sampai akhir Maret. Norwegia memiliki objek yang indah seperti fyord (semacam teluk yang berasal dari lelehan gletser atau glaciar) dan deretan gunung Lyngen Alps.

Tromso adalah salah satu tempat wisata yang pas yang merupakan kota terbesar di Norwegia Utara dengan keindahannya yang luar biasa, dikelilingi dengan pemandangan alam yang sangat eksotis. Wilayah kota ini berada di dataran tinggi sehingga menjadi tempat terbaik untuk melihat aurora borealis yang dikenal dengan sebutan  Northen Lights.

Argentina

Bisa dikatakan, tidak semua wisatawan dapat menikmati keindahan aurora di  Ushuaia, Argentina, meskipun tempat ini juga merupakan salah satu negara yang langitnya disinggahi kecantikan aurora ini. Untung-untungan, itulah istilahnya!  Namun demikian, waktu yang biasa sering munculnya aurora di sini, yaitu pada  saat musim dingin Antartika, antara Maret dan September.

Nah, itulah  lokasi terbaik untuk dapat melihat keindahan langit aurora.  Sayangnya fenomena ini tidak bisa ditemukan di daerah khatulistiwa. Jadi, apakah sudah siap merencanakan liburan melihat langit aurora? Patinya setelah badai corona ini berlalu, sederet rencana pun siap dijalankan! (Nil/ Berbagai Sumber)