Menikmati Ketenangan di Pulau Nusa Barong

Mencari tempat liburan yang cocok untuk keluarga dan teman-teman sepertinya hal yang membingungkan. Namun jangan khawatir, di Jember ada satu tempat wisata yang wajib traveler kunjungi, yaitu Pulau Nusa Barong. Pulau Nusa Barong berada di Kecamatan Puger, Jember, Jawa Timur. Dari arah Barat Daya Pelabuhan Puger Wetan berjarak kurang lebih 4 km. Akses jalan menuju tempat tersebut sebenarnya tidak susah, tetapi cukup menguras isi dompet. Traveler berangkat dari Pelabuhan Puger menggunakan kapal dengan biaya Rp1,5 juta berkapasitas 8 orang dan memakan waktu perjalanan selama 3 jam.

Pulau Nusa Barong
Pulau Nusa Barong, Photo by anamfadlillah

Pulau Nusa Barong mempunyai luas 6.100 hektare dan ditetapkan sebagai cagar alam berdasar SK Jendral Hindia Belanda, tetapi telah diperbaharui oleh SK Menteri Pertanian No. 110/VIII/1957. Di pulau ini terdapat 3 formasi hutan, antara lain hutan pantai, hutan dataran rendah, dan hutan mangrove. Selain keindahan alamnya, di sini terdapat beraneka ragam flora dan fauna. Traveler bisa melihat berbagai satwa seperti kera, rusa, ayam hutan, penyu, lutung, dan lainnya. Satwa-satwa tersebut akan menemani traveler selama berlibur di Pulau Nusa Barong ini.

Pulau Nusa Barong
Pulau Nusa Barong, photo by Dheny Mardiono

Suasana di sini sangat tenang karena Pulau Nusa Barong adalah pulau tak berpenghuni. Cocok bagi traveler yang ingin melepas penat dari kehidupan sehari-hari atau pun berlibur bersama keluarga dan teman-teman, lepas dari kebisingan. Banyak aktivitas yang bisa traveler lakukan di sini, misalnya seperti berenang, snorkeling melihat keindahan bawah laut; aneka ragam terumbu karang beserta ikan-ikannya. Atau berleha-leha sambil santai menikmati angin sepoi-sepoi, menatap panorama alam semesta.

Selain itu traveler bisa bermalam di Pulau Nusa Barong, mendirikan tenda di kawasan tempat tersebut. Pada malam hari melihat cahaya bintang-bintang sambil bersenda gurau bersama teman-teman tentunya akan jadi pengalaman yang mengasyikkan.

Pulau Nusa Barong
Pulau Nusa Barong, Photo by skyscrapercity_jember

Banyak spot-spot foto yang ciamik untuk traveler yang menyukai dunia fotografi. Sebut saja kera-kera yang bergelantung dari pohon ke pohon, atau matahari yang akan tenggelam di seberang laut sana. Merupakan pemandangan yang sangat mengesankan.

Hal yang harus diperhatikan selama berlibur di Pulau Nusa Barong adalah membawa bekal dan semua peralatan dan kebutuhan dari rumah, mengingat pulau ini tak berpenghuni, dan tentu saja fasilitasnya juga masih sangat minim.

Keadaan yang sunyi sepi itu tidak bisa mengalahkan minat para Traveler untuk menikmati panorama alam Pulau Nusa Barong yang sangat menakjubkan ini. Banyak wisatawan berkunjung ke pulau ini karena ketenangannya.(AS/IPG)

Subscribe

Related articles

Tradisi Unik Saat Ramadhan di Pontianak

Bulan Ramadhan merupakan satu dari dua belas bulan hijriah yang paling...

Pengalaman Denny Sumargo Hampir Dijemput Maut Saat Traveling

Aktor Denny Sumargo (35) memiliki hobi melakukan jalan-jalan (traveling),...

Kue Khas Aceh Cocok Disajikan untuk Takjil Buka Puasa

Masih bingung mau buka puasa pakai apa? Nah, kue...

Dubai sambut Ramadhan di bawah Sengatan Matahari

Kehidupan di Dubai bisa dikatakan berhenti selama siang hari...

Wisata Religi di Masjid Al Jabbar Bandung

Anda mungkin sudah tidak asing dengan nama masjid yang satu ini...
spot_imgspot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here