Legenda Klasik Danau Tolire

Selain bentuknya yang unik juga memiliki cerita legenda yang menarik!

Danau Tolire
Danau Tolire

Danau Tolire merupakan danau yang terletak di Ternate, Maluku Utara, sekitar 10 km dari pusat kota Ternate. Selain bentuknya unik juga memiliki cerita legenda yang menarik banyak wisatawan. Keindahan panorama di Danau Tolire, danau yang berada di bawah kaki gunung api tertinggi di Maluku Utara, yaitu Gunung Gamalama, sangat indah luar biasa. Danau Tolire terdiri dari dua danau, Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil, yang hanya berjarak sekitar 200 meter. Yah, Panorama alam dua danau di area ini, Danau Tolire Besar dan Tolire Kecil, begitu mempesona. Airnya yang jernih berwarna kebiruan, dengan latar belakang keindahan Gunung Gamalama serta hamparan hutan disekitarnya nan hijau, sungguh sangat mempesona mata.

Danau Tolire
Danau Tolire

Dibalik keindahannya ini, Danau Tolire di Ternate ini diselimuti oleh beragam kisah legenda. Ada cerita tentang asal usul danau, siluman buaya putih dan ajaibnya atraksi melempar batu dimana batu yang dilempar tidak akan pernah bisa mencapai permukaan air danau.

Asal usul danau ini, menurut legenda pada masyarakat setempat, terjadi akibat kutukan akibat seorang ayah, yang saat itu menjadi pemimpin desa, berhubungan intim dengan putrinya hingga sang putri tersebut mengandung. Mereka mendapatkan hukuman sosial, diusir dari desa tempat mereka berada. Namun belum sempat pergi, terjadi gempa dahsyat yang akhirnya menenggelamkan desa itu ke dalam bumi. Akhirnya desa tersebut pun menjadi sebuah Danau raksasa yang dikenal sebagai Danau Tolire besar.

Danau Tolire
Danau Tolire

Sementara sang Putri yang sempat kabur melarikan diri hingga ke tepian pesisir laut. Namun, kutukan gempa tersebut tetap terjadi dan melanda tanah tempat putri tersebut berpijak. Daerah itu pun juga tenggelam dan menciptakan danau lainnya yang lebih kecil dan dikenal sebagai Danau Tolire kecil.

Sementara itu, tentang kepercayaan siluman buaya putih, masyarakat setempat mempercayainya bahwa buaya-buaya putih tersebut merupakan penduduk desa yang ikut tenggelam akibat kutukan kepada ayah dan putrinya tersebut. Mereka ikut terkena imbas dosa dari Ayah dan putrinya itu dan Sang Kuasa pun mengutuk mereka semua menjadi buaya putih penjaga Danau Tolire Besar yang awalnya adalah desa mereka.

Danau Tolire
Danau Tolire

Cerita-cerita yang sudah melegenda ini menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak wisatawan yang ingin berkunjung kesini. Hamparan Danau seluas 5 hektar dengan kedalaman mencapai 50 meter ini selalu indah dan menarik para wisatawan. Menjelang sore hari, pemandangan cantik akan mewarnai kedua danau tersebut, Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil menjadi tempat sempurna untuk menikmati matahari terbenam dengan latar lautan biru nan indah.

Untuk mencapai lokasi ini, Traveler dapat menggunakan kendaraan roda dua atau mobil dari pusat kota Ternate. Terletak di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung api tertinggi di Maluku Utara, Danau Tolire berada di Desa Takome dan dibutuhkan waktu sekitar 10-20 menit perjalanan darat dari pusat kota Ternate.(Raditya)