Liburan Asyik di Pulau Kelapa

Banyaknya Palung-Palung Menakjubkan

Liburan Asyik di Pulau Kelapa
Pulau Kelapa, pulau berpenghuni yang terkenal dengan keramahtamahan penduduknya

Kepulauan Seribu merupakan salah satu objek wisata yang masih masuk dalam kawasan Kota Jakarta, tepatnya terletak di sebelah utara Jakarta.  Dan untuk mencapainya harus melalui jalur laut.  Meskipun namanya Kepulauan Seribu, namun pulau-pulau yang ada dalam wilayah ini tidak sampai seribu. Sebagai objek wisata, kawasan ini memiliki deretan pulau-pulau yang sangat cantik dan penuh daya tarik. Salah satunya adalah Pulau Kelapa.

Liburan Asyik di Pulau Kelapa
Deretan pohon kelapa menghiasai panorama, Photo by @fahmypradana

Pulau Kelapa letaknya agak jauh dari pulau-pulau yang masuk dalam kawasan Kepulauan Seribu ini.  Dari Pulau Pramuka berjarak kira-kira setengah jam perjalanan.  Pulau Kelapa yang memiliki luas mencapai 13.09 hektar ini, terkenal dengan legenda setan lautnya, cerita ini sangat dipercaya oleh penduduk setempat.  Menurut kepercayaan mereka, seringkali terlihat ketika sedang menyelam mencari ikan di laut.  Namun, lepas dari kepercayaan itu, sajian panorama keindahan Pulau Kelapa tak diragukan lagi.   Bahkan, pulau ini memiliki keunikan tersendiri dibanding pulau-pulau di sekitarnya, yaitu banyaknya palung-palung yang sangat menakjubkan.

Sesuai dengan namanya, pulau ini banyak ditumbuhi pohon-pohon kelapa, membuat suasana pantai selalu dihiasi dengan banyaknya semilir angin.  Berkolaborasi dengan hamparan pantainya yang berpasir putih halus serta air laut yang sangat jernih, membuat siapapun yang menghabiskan liburan disini akan sangat kerasan.

Liburan Asyik di Pulau Kelapa
Pengakaran penyu, Photo by @pulaukelapadua

Jernihnya air laut memperlihatkan betapa indahnya dunia bawah laut sana.  Dengan beragam habitat terumbu karang serta ribuan ikan-ikan hias yang mewarnai lautan sekitar pulau, menjadi kegiatan snorkeling atau diving yang sangat mengasyikkan. Pulau ini juga menjadi tempat penanaman Mangrove dan terumbu karang. Selain keseruan dalam melakukan kegiatan snorkeling dan diving, disini ada tempat penangkaran penyu yang dapat dijadikan sebagai sarana wisata edukasi, tepatnya di Pulau Kelapa Dua yang terletak di sebelah utara Pulau Kelapa dan Pulau Harapan.  Terdapat dua jenis penyu hijau yang dikonservasi yaitu Penyu Sisik dan Penyu Sirip. Selain itu, dengan banyaknya spot-spot keren di sepanjang garis pulau serta keindahan jejeran pohon-pohon kelapa, yang menciptakan keindahan yang instagramable, sayang jika tidak diabadikan dalam sebuah frame photo.

Liburan Asyik di Pulau Kelapa
Pemandangan bawah lautnya selalu mengesankan, Photo by @kelapaisland

Pulau Kelapa merupakan pulau yang berpenduduk. Keramahtamahan penduduknya sangat terkenal, tak heran ketika Traveler datang berkunjung akan mendapatkan sambutan hangat dari keramahtamahan penduduk yang berdomisili tidak terlalu besar di pulau ini.  Suasana keakraban ini membuat wisatawan yang datang merasa nyaman dan sangat menikmati liburannya di Pulau Kelapa ini.

Untuk menuju ke Pulau Kelapa, Traveler dapat menggunakan kapal ferry yang berangkat dari Muara Angke dengan memakan waktu perjalanan selama 3.5 jam.  Pulau Kelapa hanya berjarak 30 menit dari Pulau Pramuka dan hanya perlu menyeberang dengan menggunakan jembatan dari Pulau Harapan. Pada malam hari, Pulau Kelapa menjelma menjadi sangat cantik, yah seakan-akan berubah menjadi pulau bintang karena dihiasi oleh lampu-lampu berwarna warni yang sangat mempesona.(Puteri)