Yuk Kemping di Pulau Dolphin, Pulau Tak Berpenghuni nan Cantik

Surganya Kemping

Yuk Kemping di Pulau Dolphin, Pulau Tak Berpenghuni nan Cantik
Perahu Merapat sedekat mungkin di pantai, Photo by @entertraveller

Mencari suatu ketenangan dan kenyaman dalam mengisi liburan yang letaknya tidak jauh dari Kota Jakarta, Pulau Dolphin lah tempatnya! Pulau Dolphin merupakan salah satu gugusan dalam kawasan Kepulauan Seribu, yang juga termasuk salah satu pulau tak berpenghuni yang benar-benar tidak berpenghuni.  Pantainya disebut juga pantai perawan.  Namun, sajian panorama dan keseruannya, tak kalah mengasyikkan!

Tidak ada fasilitas yang tersedia disini.  Semuanya disediakan langsung dari alam. Termasuk sajian kindahan alamnya yang benar-benar alami, bersih serta pesona keanekaragaman bawah lautnya yang menakjubkan, semua apa adanya, alam yang menyiapkan  Disini juga tidak ada fasilitas dermaga labuh untuk kapal. Yang pasti, diperlukan tingkat kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi, oleh setiap pengunjung yang datang ke pulau ini untuk tetap menjaga alam nan cantik ini agar selalu terjaga keasliannya dan selalu bersih.

Yuk Kemping di Pulau Dolphin, Pulau Tak Berpenghuni nan Cantik
Menikmati hamparan pantai nan bersih, Photo by @rosmayantiema

Kontur pantainya yang landai dengan hamparan pasirnya berwarna putih, menjadikan area pantai Pulau Dolphin menjadi spot yang asyik untuk kemping.  Yah, Pulau Dolphin adalah surga kecil bagi para Backpacker, yang kebanyakan menjadikan pulau unik ini sebagai destinasi yang cocok dan layak untuk kamping.  Paling tidak, menginap satu malam di pulau terpencil yang indah ini.  Traveler dapat  menikmati gradasi warna di pantainya yang jernih serta landai, sambil membakar bakar ikan untuk santap malam.  Ditemani gemerlapnya bintang-bintang di langit.

Karena pulau ini benar-benar sunyi tanpa penghuni, Traveler yang ingin kemping disini harus membawa semua perlengkapan menginap, terutama makanan dan minuman, karena tidak ada warung disini. Pastikan mencari spot terbaik, seperti berada di sekitar tepi laut. Jadi, ketika membuka pintu kemah, akan langsung disuguhi suara ombak dan bau angin laut yang khas dan menyegarkan.  Pulau Dolphin serasa menjadikan surga untuk para wisatawan yang hobi melakukan kemah dengan teman-temannya ini.

Yuk Kemping di Pulau Dolphin, Pulau Tak Berpenghuni nan Cantik
Pulau unik tanpa penghuni, Photo by @pulaudolphin

Serunya lagi, Pulau Dolphin dikelilingi spot snorkeling dan pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang cantik lainnya.  Nikmatilah snorkeling di kawasan laut sekitar Pulau Dolphin yang sangat indah ini, dan siap-siap bersapa dengan nemo serta terumbu-terumbu karang yang cantik.  Sesekali penyu pun sering bermain di sekitaran laut ini.

Akses mencapai Pulau Dolphin dari Jakarta, Traveler dapat memilih 2  dermaga untuk transportasi umum, yaitu dermaga Marina Ancol dan  dermaga Kaliadem – Muara Angke, dengan tujuan ke Pulau Kelapa atau Pulau Harapan, dengan memakan jarak tempuh sekitar 1,5 jam menggunakan kapal cepat (speed boat) dan 3 jam dengan kapal fery atau kapal ojeg, sebutan masyarakat setempat. Pulau Harapan merupakan alternatif jalur terdekat untuk mencapai Pulau Dolphin.  Dengan menyewa perahu, perjalanan menuju Pulau Dolphin dari Pulau Harapan akan memakan waktu tempuh sekitar 30 menit.   Biasanya nelayan yang mengantar ke pulau tersebut akan menawarkan untuk berkegiatan snorkeling.  Pulau Dolphin tidak memiliki dermaga dan tidak memiliki penjagaan. Jika ingin berlabuh, perahu menambatkan badannya di pinggiran pasir pantai Pulau Dolphin.

Yuk Kemping di Pulau Dolphin, Pulau Tak Berpenghuni nan Cantik
Area kemping yang asyik di Pulau Dolphin, Photo by @pulauseribuDotCoDotId

Hal menarik lainnya yang dapat dijadikan keseruan yang tak akan habisnya yaitu bermain futsal, voli pantai, berjemur, bermain pasir dan lainnya. Dengan kondisi pantainya yang landai ini, aktifitas tersebut sangat pas dilakukan disini.  Selain itu, Traveler juga dapat menikmati pemandangan nan eksotis ketika matahari terbenam.

Nah, meskipun tidak berpenghuni, di Pulau Dolphin sudah ada listrik, juga sudah ada toilet untuk buang air atau mandi.(Puteri)