Liburan di Kepulauan Derawan, Traveler Wajib Datangi 4 Tempat ini

Keasrian itu tak lepas dari peran serta pemerintah bersama warga desa yang selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Siapa sangka, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur, yang awalnya desa administratif menjelma menjadi desa wisata. Bahkan, kepulauan ini disebut sebagai Pristine Island yaitu tempat yang keasriannya masih terjaga. Keasrian itu tak lepas dari peran serta pemerintah bersama warga desa yang selalu menjaga kebersihan lingkungan. Alhasil Pantai Derawan tetap alami dari masa ke masa.

Redaksi indonesiatraveler.id sudah merangkum 4 lokasi yang wajib dikunjungi saat berada di Kepulauan Derawan, lets check this out!

Jelajah Goa Haji Mangkung

Goa Haji Mangku memiliki bibir goa yang berbentuk vertikal dengan bagian dalam yang dipenuhi air. Jika diperhatikan goa ini lebih mirip sebuah danau atau kolam.

Goa yang terletak sekitar 10 menit dari bibir pantai utara Pulau Maratua. Lokasinya berada di tengah-tengah hutan yang dikelilingi oleh pepohonan rimbun.

Untuk ke sana, traveler harus berjalan kaki melewati hutan kecil, dan waspada karena jalurnya berkarang tajam. Setelah sampai di sana akan disambut oleh genangan air jernih yang menyegarkan.

Penginapan Apung Maratua Paradise

Di Kepulauan Derawan ada penginapan yang berada di atas permukaan air laut di tepi pantai, tepatnya di Maratua Paradise. Menginap di sini akan memberikan pengalaman yang tidak akan mengecewakan.

Di sini memiliki pemandangan yang luar biasa indah dengan view laut yang sangat jernih. Selain itu pemandangan matahari terbenamnya juga keren banget.

Renang di Danau Labuan Cermin

Labuan Cermin menjadi pilihan destinasi saat menjelajahi Derawan. Untuk bisa mencapai lokasi ini, kamu harus menjelajahi sungai yang ditumbuhi rimbunnya bakau. Lokasinya berada di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk.

Dari Pulau Derawan dapat dicapai dengan kapal selama kurang lebih 3 jam. Berhubung jaraknya cukup jauh, disarankan buat jadwal tersendiri untuk berlibur ke sini.

Diving Bareng Penyu dan Pari Raksasa

Kepulauan Derawan mempunyai banyak hewan-hewan eksotis. Beberapa spesies tersebut di antaranya penyu, pari raksasa hingga hiu.

Kepulauan ini pun didapuk menjadi ekosistem penyu terbesar di Indonesia. Selain bermain dengan penyu, di sini juga bisa diving bersama Manta Ray, ikan pari raksasa yang sedang berburu plankton. (IPG)