Liburan Seru di Taman Wisata Alam Punti Kayu

Liburan Seru di Taman Wisata Alam Punti Kayu
Spot Menyegarkan diantara Pepohonan Pinus, Photo by @milasartikalihasa

Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang merupakan sebuah hutan kota tempat wisata dan rekreasi keluarga. Kawasan hutan penghasil oksigen segar ini berada di tengah Kota Palembang, tepatnya terletak di Jalan Kolonel Burlian Km 6,5, Karya Baru, Alang-alang Lebar, Palembang.  Taman ini sangat luas, sekitar 50 hektar, sangat pas untuk tempat mengisi liburan bersama sahabat, kerabat dan keluarga.

Liburan Seru di Taman Wisata Alam Punti Kayu
Hutan kota tempat wisata dan rekreasi keluarga, Photo by @momo_odhye94

Taman Wisata Alam Punti Kayu ini memiliki wahana  yang cukup unik, salah satunya adalah kawasan replika keajaiban dunia.  Di area ini, Traveler akan menikmati ikon-ikon negara terkenal berupa replika, seperti Opera House Sidney, Piramida, Patung Liberty, Kincir Angin Belanda dan Menara Eiffel. Selain itu juga ada Red Telephone Box-nya London, miniatur Big Ben London, bahkan Candi Borobudur, serta Pantai Punka pun ada disini. Spot-pot unik ini menjadi favorit bagi wisatawan yang datang ke  Taman Wisata Alam Puntui Kayu ini, yang mereka manfaatkan untuk berswafoto.

Kawasan Wisata Hutan kota ini memiliki empat bagian wilayah. Yaitu wilayah perkemahan, hutan lindung, danau dan rawa, serta wilayah rekreasi. Wilayah rekreasi menjadi area ramah anak yang cocok bagi wisatawan terutama dengan keluarga.

Liburan Seru di Taman Wisata Alam Punti Kayu
Flying Fox, salah satu wahana

Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang juga telah menyiapkan wahana air yang menyegarkan, yaitu sebuah waterboom.  Waterboom ini dilengkapi dengan sebuah seluncur air putar. Pada seluncur air tersebut, Traveler akan diajak menikmati sensasi berputar dalam pipa seluncur yang kemudian mendarat di permukaan kolam yang memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter.

Wahana lainnya yang tak kalah serunya adalah Farm Zone, Taman Bermain, Taman Kupu-Kupu, Taman Burung, Kampung Indian, Flying Fox, Paint Ball dan Danau Rekreasi.  Juga spot-spot unik yang instagramable seperti jembatan gantung, hamparan pepohonan pinus yang begitu sejuk dan asri, dan banyak lagi. Objek wisata ini merupakan kawasan Ruang Terbuka Hijau kota yang buka setiap hari.   Ratusan pohon pinus yang menjulang tinggi dengan dedaunan hijuanyanya, menciptakan udara benar-benar segar terasa dan area ini pun jauh dari polusi.  Yah, ruang Terbuka Hijau ini menyajikan keindahan alam dan suasana tenang serta lokasinya cukup mudah dijangkau dengan angkutan umum seperti LRT, sehingga banyak pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini.

Liburan Seru di Taman Wisata Alam Punti Kayu
Pose di depan Rumah Hoalland ‘Kincir Angin’, Photo by @ryakhoiriah,

Kenyamanan pengunjung benar-benar terjaga karena fasilitas umum lainnya seperti Musholla, restoran, toilet dan area parkir yang luas tersedia di taman yang dikelola oleh Dinas Kehutanan ini. Bahkan banyak kursi kayu tersedia di setiap sudut Taman Wisata Alam Punti Kayu ini, agar pengunjung yang merasa lelah bisa istirahat sesaat.(Adhit)