Little Seoul Bandung, Menyatroni ‘Korea’ Saat Pandemik

Memfasilitasi Penggemar Budaya Korea

Little Seoul Bandung
Kental dengan nuansa asli Korea

Suasana pandemik yang tidak jelas kapan berakhirnya ini, tidak membuat para Traveler kehabisan gaya buat tetap mengeksplore wisata yang ditujunya.  Meskipun lampu hijau terbang ke negara impian masih belum ada tanda-tandanya kapan dibuka, bukan berarti ‘negara impian’ tidak dapat disatroni.  Seperti ke negara Korea Selatan, Traveler dapat singgah ke Bandung, menikmati suasana negaranya Lee Min Ho ini juga sekaligus menikmati sajian makanan khas sana.

Little Seoul Bandung
Spot Asyik Berswaphoto, Photo by Indonesiatraveler (Ani AHmad)

Tepatnya ke Little Seoul Bandung, yang berlokasi di Jalan Sawunggaling No. 10, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Tepatnya di dekat UNISBA Tamansari dan tidak jauh dari stasiun Bandung. Markas jajanan street foodnya Korea ini, sedikit banyak mengobati dan memfasilitasi bagi para penggemar kebudayan Korea untuk tetap bisa berkunjung ke ‘Korea Kecil’ ini, saat isue travel warning mulai ramai.

Little Seoul Bandung sejak awal berdiri memang sudah mengambil nuansa yang mengadopsi suasana Dongdaemun, sebuah kawasan di Seoul yang sangat terkenal sebagai kawasan perbelanjaan dan juga wisata kuliner street foodnya, selalu ramai dipadati pengunjung.  Selain hasrat hati ingin merasakan aura Korea, makanan yang tersaji disini pun juga patut untuk dicoba.  Barisan kios di Little Seoul menyediakan beragam menu street food khas Korea Selatan.  Menu yang tersedia sangat beragam, seperti Jjampong, Jjajangmyeon, Tteokbeokki, Bibimbab, dan masih banyak lagi yang lainnya. Rasa dan tempat penyajiannya pun di-mirip-mirip kan dengan aslinya, lho! Seperti  tteokbokki yang memiliki tekstur seperti mochi diberi saus berwarna merah. Sementara tteokbokki disajikan di wadah, tteokkochi disajikan dengan cara ditusuk seperti sate. Selain itu terdapat odeng, sejenis bakso ikan aneka bentuk yang bisa menghangatkan badan, serta hotteok yang manis dan kadang disajikan dengan es krim.

Little Seoul Bandung
Korean Style-nya Pas, Photo by Phinemo

Little Seoul berada dalam kawasan Chingu Café, sebuah kafe yang menawarkan menu dari Korea Selatan. Tepatnya berada di area taman belakang kafe yang berseberangan dengan area Chagiya Korean Suki dan BBQ yang memiliki suasana tradisional Korea.

Begitu sampai, Traveler langsung disambut dengan keindahan jajaran toko berwarna-warni yang menarik mata. Bangunan berwarna pastel dengan papan toko bertuliskan huruf hangul, benar-benar menciptakan suasana di Korea. Di depan toko, terdapat pepohonan dan barisan bangku-bangku kayu, kotak pos berwarna merah menyala, dan papan penunjuk jalan. Papan ini bertuliskan nama-nama daerah di Korea Selatan, seperti Gangnam dan Myeongdong. Di ujung jalan, terdapat pohon besar yang rindang dan dinding dengan hiasan mural suasana Seoul.

Little Seoul Bandung
Pajangan Photo Artsi Korea menghiasi Dinding Resto, Photo by Indonesiatraveler (Ani AHmad)

Ya, Bandung memang juaranya kreatif!  Apa – apa yang diciptakan dan disajikan Bumi Parahiangan ini, selalu disukai dan diminati banyak kalangan.   Populer karena memiliki pemandangan yang indah dan mengasyikkan serta hawa yang sejuk, destinasi wisata yang kreatif pun langsung viral dan terus menerus didatangi.  Dan ketika saat ini semua orang terhalang untuk bisa melancong ke negara Korea, cukup dengan ke Bandung dan mampir ke Little Seoul ini, rasa rindu Korea akan terbayarkan. Yes, itulah Bandung!(Niel)