Los Angeles: Kotanya Selebritis Dunia

Pernahkah Anda mendengar nama Hollywood? Sangat jarang orang yang akan menjawab tidak tahu. Sebuah wilayah di Los Angeles yang terkenal diseluruh dunia karena Industri perfilmannya. Nama-nama tempat seperti Hollywood Walk of Fame, Universal Studios dan tulisan Hollywood yang menjadi landmark di Hollywood Hills sudah pasti menjadi destinasi wajib yang harus dikunjungi saat Anda datang ke kota yang dijuluki City of Angels. Namun bukan hanya Hollywood saja yang mampu memikat perhatian, masih banyak tempat yang akan membuat ingatan Anda tak mau pergi dari Los Angeles yang berada di dalam Negara Bagian California, Amerika Serikat.

Sejarah menyebutkan nama Los Angeles diambil dari bahasa Spanyol, karena memang awalnya didirikan oleh kekaisaran Spanyol pada tahun 1781-1821 lalu beralih ke Meksiko ditahun 1821-1848 dan terakhir jatuh ketangan Amerika pada tahun 1848 hingga saat ini. Daerah yang tumbuh pesat setelah Perang Dunia II ini, juga dijuluki sebagai  “Ibukota Hiburan Dunia” karena industri pembuatan produksi televisi, rekaman musik berkelas dunia serta bisnis hiburannya menjadi kiblat budaya di dunia. Anda tak perlu kaget jika nanti bertemu dengan para pekerja seni ternama yang sering muncul di layar televisi, karena memang cukup banyak selebriti yang menetap di kota metropolitan terbesar kedua di Amerika ini.

Kota yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 1932 dan 1984 ini menawarkan banyak sekali tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Downtown yang merupakan Jantung kota Los Angelespun menyuguhkan berbagai hiburan menarik kelas dunia. Union Station sebagai pusat transportasi massal membuat akses Anda untuk menjelajahi kota ini dengan kendaraan umum menjadi mudah. Stasiun yang berjuluk “Last of the Great Railway Stations” terintegrasi dengan enam jalur commuter rail, dua jalur subway atau kereta bawah tanah, serta jalur bus lokal dan regional.

Tak jauh dari stasiun Anda dapat mengunjungi kawasan Olvera Street, komplek bangunan bersejarah, museum dan gedung pameran. Area El Pueblo ini merupakan pusat sejarah Los Angeles. Pusat sejarah lainnya adalah Chinese American Museum yang terletak di 425 North Los Angeles Street, tepatnya di Gedung Garnier. Museum ini memamerkan aneka warisan budaya Amerika Cina di California. Di Downtown juga terdapat Natural History Museum of Los Angeles County. Di dalamnya tersimpan lebih dari 3,5 juta spesimen termasuk yang berasal dari 4,5 miliar tahun yang lalu.

Semua wisatawan yang berkunjung ke Hollywood pasti akan dihadang oleh Hollywood & Highland Center sebagai “pintu masuk”.  Pusat perdagangan ini menjadi surga belanja dan hiburan buat wisatawan karena terdapat puluhan butik, toko fashion, klub malam, restoran serta bioskop berkelas dunia.

Los Angeles selain terkenal sebagai kota metropolitan juga banyak melahirkan klub-klub olahraga terkenal dari berbagai jenis olahraga. Wisatawan yang juga penggemar olah raga basket dan NBA dapat berkunjung ke Staples Center, markas klub LA Lakers yang ternama. Penggemar baseballpun bias datang ke Dogder Stadium yang terletak diantara bukit Chavez Ravine dan San Gabriel Mountains untuk melihat tim LA Dodger berlatih. The Home Depot Center di Carson juga boleh dikunjungi penggemar sepak bola yang ingin melihat latihan  kesebelasan LA Galaxy, klub yang namanya terangkat karena pernah merekrut bintang ternama Inggris, David Beckham. Pesatnya kemajuan kota banyak mendatangkan orang-orang dari berbagai macam penjuru dunia dan sebagian menetap hingga menjadikan Los Angeles kota multietnis yang tak hanya di huni masyarakat kulit putih saja. Kaum migran yang berdatangan dari Asia, bekas Uni Soviet, Amerika Tengah dan Selatan, serta Afrika dan menetap bertahun-tahun dahulu juga membawa budaya dari daerah masing-masing lantas menciptakan lingkungan etnis sendiri. Uniknya lingkungan tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung.

Tengok saja Chinatown atau pecinan yang berada dikawasan utara Old Plaza,Downton Los Angeles.  Di wilayah yang kental dengan budaya Tionghoa ini wisatawan dapat berkunjung ke bangunan-bangunan yang menjadi saksi sejarah pertumbuhan Chinatown Los Angeles seperti Twin Dragon Towers Gateway, Chinese Heritage and Visitors Center, Thien Hau Temple, sampai First Chinese Baptist Church of Los Angeles Little Tokyo yang berada di selatan chinatown  benar-benar mencerminkan kondisi seperti ditempat aslinya. Sebagai pusat budaya disana banyak sekali diadakan festival budaya yang juga di adakan di Jepang. Bagi pecinta sushi, ramen, dan hidangan kuliner jepang lainnya datanglah ke Sawtelle di sebelah barat, tepatnya di Sawtelle Boulevard. Komplek yang sering disebut Litlle Osaka ini memang menjadi surga bagi pemburu Japanese Cuisene.

Korea sebagai salah satu negara maju di Asia juga memiliki Koreatown yang terletak di Wilshire. Arsitektur tradisional negeri ginseng di Da Wool Jung (Korean Pavilion & Garden), Thal Mah Sah Buddist Temple, dan Koreatown Senior Citizen & Community Center menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Historic Filipinotown yang merupakan pemukiman warga Filipina ini juga hadir di sebelah barat daya Echo Park. Wisatawan dapat mengamati gereja tua Filipino Christian Church, serta menyaksikan festival budaya Filipina. Kuliner lokal khas Filipin dapat Anda temui di Eagle Rock. Berkunjung ke Thai Town di Hollywood Boulevard Anda akan disambut patung malaikat Apsonsi.Di daerah yang menjadi pusat budaya inilah perayaan tahun baru Thailand, Songkran Festival dihelatkan. 

Pemukiman imigran Armenia,Little Armenia yang terletak di distrik Hollywood menawarkan pengunjung untuk menikmati lukisan mural yang menggambarkan sejarah Armenia tepatnya di sepanjang North Vermont Avenue. Namun yang tak boleh terlewatkan Saint Garabed Armenian Apostolic Church, rumah ibadah keturunan Armenia di Los Angeles. Masih ada beberapa lagi lingkungan etnis yang menyebar di kota Los Angeles, seperti Glendale yang banyak menyuguhkan hidangan khas Timur Tengah. Little Persia di kawasan Westwood Boulevard yang dihuni etnis Persia dari Iran. Wilayah Anaheim yang ditinggali etnis Arab dan dikenal dengan nama Little Arabia.  Ada juga Little India yang menempati wilayah Artesia di bagian Tenggara Los Angeles.

Beralih dari hiruk pikuk kota metropolitan, Anda dapat pergi ketempat-tempat yang tenang disekitar Los Angeles, beberapa tempat wisata alam seperti pantai dan taman bisa menjadi pilihan. Pantai Venice Beach seluas 75 mil bisa menjadi pilihan. Bukan sekedar kawasan pantai saja tapi sudah menjadi pusat rekreasi yang meliputi Ocean Front Walk atau Broadwalk yaitu area pejalan kaki dan jalur sepeda yang mengarah ke pantai, Muscle Beach atau tempat kebugaran terbuka di sisi pantai, lapangan voli pantai, lapangan tenis, arena Skate Dazling Plaza, taman bermain anak-anak dan lapangan basket outdoor.

Liburan keluarga adalah hal yang paling indah, bermain dan bercanda bersama orang terkasih ditempat terindah. Marina Del Rey Beach adalah pilihan utama ketika mengunjungi Los Angels. Pantai laguna ini sangat nyaman untuk anak-anak. Gelombang ombaknya kecil aman untuk bermain balita.Kolam renang indoor dan outdoor lengkap de

Los Angeles Music Center, Downtown

ngan CCTV untuk memantau kegiatan anak-anak Anda.  Pengguna kursi rodapun diistimewakan karena disediakan jalur khusus yang memungkinkan untuk mencapai bibir pantai. Masih ada beberapa pantai yang bisa jadi pilihan seperti  Torrance Beach di South Bay yang terkenal tenang dan bersuhu hangat, Royal Palms Beach yang memfasilitasi meja piknik menghadap laut lepas dengan pemandangan lebih dekat ke Catalina Island. Cabrillo Beach Park yang berada di Los Angeles Selatan juga menjadi tempat menyenangkan menikmati suasana Samudra Pasifik. Taman kota sebagai paru-paru kota sudah menjadi kewajiban untuk dimiliki sebuah kota besar. Griffith Park Los Angeles lebih dari sekedar sebuah ruang hijau, namun juga sebagai tempat rekreasi yang paling besar dan popular di Amerika Utara. Banyaknya kegiatan yang dilakukan seperti berkemah, hiking, renang, membuat api unggun serta berkuda. Penggemar olah raga golf bisa memilih empat lapangan golf disana.kebun binatang Los Angeles Zoo dan Botanical Garden juga berada di dalamnya. Terdapat pula arena permainan dengan komidi putar buatan tahun 1926 yang mampu memuaskan hasrat bermain anak-anak Anda. Saat cuaca cerah pengunjung dapat menggunakan teleskop untukmengamati antariksa di dalam Griffith Observatory yang juga berada dikawasan taman ini.

Sadar sebagai kota tersibuk dan juga menjadi destinasi wisata dunia  maka pemerintah Los Angeles menyediakan metro atau kereta untuk alat transportasi massal yang cepat dan efektif. Terbagi dari beberapa jalur yang menghubungkan 80 stasiun di Los Angeles County dan beberapa wilayah California. Setiap Jalur memiliki rute yang berbeda oleh karena itu informasi detail rutenya menjadi bagian penting bagis wisatawan agar tidak salah naik metro. Meskipun Anda bukan Angelenos, sebutan penduduk Los Angeles- yang tentunya sudah hafal akan rute metro, Anda dapat mengakses petunjuk perjalan menggunakan metro yang tersedia di setiap stasiun metro. Anda dapat pula merencanakan penggunaan metro dengan melihat situs resmi metro Los Angeles, www.metro.net. Mudahkan…!