Makin Hanyut dengan Kecantikan Gunung Tumpeng

Kombinasi Bukit, Pantai, Lembah serta Udara Sejuk

Gunung Tumpeng
Keindahannya Langsung Viral

Menikmati pemandangan alam, sekaligus mengabadikannya dan membagikan pada halaman sosial media, menjadi satu keasyikkan tersendiri bagi banyak Traveler.  Apalagi, foto yang diunggahnya menjadi viral karena ketakjuban akan keindahan panorama alam yang terekam, memukau banyak orang.

Seperti wisata alam berikut ini, yang semakin hari semakin viral dan membuat banyak orang penasaran ingin membuktikan sendiri keajaiban panorama alam ini.  Nama destinasi wisatanya, Gunung Tumpeng atau dijuluki juga Gunung Koneng.  Berada di Desa Girimukti, Ciemas Geopark Ciletuh, Sukabumi Selatan.  Namanya memang gunung, tapi fisiknya bukan gunung. Gunung Tumpeng merupakan sebuah kawasan perbukitan hijau yang menjadi bagian dari Geopark Ciletuh.  Disebut Gunung Tumpeng karena bentuk bukit ini tampak terlihat menyerupai tumpeng nasi. Bukit ini juga populer dengan sebutan Gunung Koneng, hal ini lantaran area hutan menuju perbukitan ini  banyak ditemukan pohon kunyit atau koneng dalam bahasa Sunda.

Gunung Tumpeng
Modelnya seperti tumpeng nasi, Photo by Indonesiatraveler

Gunung Tumpeng menjadi salah satu alternatif baru bagi wisatawan untuk menikmati panorama alam di Sukabumi ini.  Pemandangannya yang sangat menakjubkan, penuh pesona dan begitu memukau. Ada bukit, pantai, lembah serta udaranya yang selalu sejuk, semilir angin yang menyapa pun meninabobokan hati, hanyut tenggelam menikmati hasil karya Sang Khalik ini.  Apalagi, menikmati sunsrise dan sunset yang sangat keren, penuh syahdu, terlalu melankolis hati ini menjabarkannya.  Yah, itulah fenomena panorama keindahan Gunung Tumpeng yang makin hari makin viral.  Wisata yang berada diatas ketinggian sekitar 700 Mdpl (meter diatas permukaan laut) ini, benar-benar memiliki pesona akan keindahan alamnya serta keunggulannya sebagai spot yang sangat menarik.  Dari atas perbukitan ini, Traveler juga bisa menikmati pemandangan hamparan laut dari kejauhan.

Gunung Tumpeng
Alternatif lain menikmati alam Sukabumi, Photo by Yadhie_Qomi

Gunung Koneng atau Gunung Tumpeng merupakan salah satu spot wisata yang berada di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, yang belakangan menjadi viral dan menjadi buruan banyak wisatawan.  Untuk menuju ke lokasi ini, Traveler dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.  Jika menggunakan roda dua, Traveler dapat sampai langsung ke tepi perbukitan, sementara jika roda empat disarankan yang jenis offroad karena medannya cukup unik, banyak batu-batuan. Pilih arah yang melewati jalur Loji, setelah Puncak Gebang ada pertigaan lalu belok kekiri arah Ciemas.  Perjalanan ini akan ditempuh sekitar 3 jam dari Sukabumi kota. Dan selama perjalanan, hamparan pemandangan sepanjang jalan jalur Loji akan membuat Traveler terkesima, menikmati indahnya pemandangan pantai dan bukit yang menakjubkan.

Gunung Tumpeng
Banyak Spot Indah nan Cantik, Photo by Yadhie_Qomi

Untuk mencapai puncak bukit, Traveler hanya melewati jalan tanah setapak. Tak sulit menemukan lokasi tersebut, patokannya Kantor Desa Girimukti. Dari kantor desa ini menuju Gunung Koneng memiliki jarak kurang lebih sekitar 1,5 kilometer. Jika mobil yang dikendarai terasa kurang pas, dapat dititipkan di kantor Balai Desa lalu perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek.  Trek dari area parkir kendaraan ke puncak Gunung Tumpeng terlihat sangat jelas. Namun,  jalur memasuki lokasi Gunung Tumpeng diapit oleh jurang. Untuk itu, tetap harus hati-hati dalam menyelusuri jalur ini.(Rafa)