Maldives, Wisata Impian Banyak Wisatawan

Surganya Para Pelancong

Maldives
Maldives Photo by TheTimes

Siapa yang tak tahu tentang Maldives, surganya para pelancong dalam menikmati keindahan alam bahari.  Menjadi impian banyak wisatawan untuk bisa mengunjungi World Leading Beach Destination ini.  Keindahan pulau, laut hingga terumbu karangnya sungguh sangat mempesona. Air laut yang jernih memberi kesan menyejukkan serta  hamparan pasir putih pantainya benar-benar menenangkan jiwa. Snorkling atau diving disana pun sangat menyenangkan, karena terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya.   Begitu banyak pengalaman menyenangkan yang didapat ketika berlibur ke laut, terutama di Kepulauan Maldives atau yang juga disebut Maladewa ini. Mulai dari snorkling, diving, memancing, jelajah pulau, hingga bersantai di pantai.  Merasakan hembusan angin, sambil menikmati keindahan air lautnya yang jernih dan berwarna biru serta pantainya yang mempesona, benar-benar menyegarkan jiwa.  Tak heran, berwisata ke Maldives merupakan impian berjuta wisatawan.

Wisata Maldives
Bungalow di Atas Laut

Setelah cukup lama terpuruk akibat pandemik Covit-19, yang selama ini menutup segala akses menuju ke negara ini, Maladewa sekarang akhirnya terbuka untuk semua turis global, dengan persyaratan yang cukup ringan. Mulai tanggal 15 Juli, negara kepulauan di Samudra Hindia ini dibuka kembali untuk pariwisata internasional dengan tidak terlalu banyak aturan.

Maldives merupakan sebuah negara yang berada di sekitar Srilanka, yang menjadi surganya tempat wisata pantai dan lautan. Maldives pun pernah dianugerahi penghargaan sebagai destinasi terbaik bagi para pencinta diving.  Maldives punya banyak sekali keunggulan pada wisata pantainya.  Merupakan salah satu tropical place yang paling indah di dunia.  Dan, begitu banyak keindahan-keindahan yang dapat dinikmati di Maldives ini.

Wisata ke Maldives
Maldives Impian Berjuta Wisatawan, Photo by @funislandresort

Maladewa terdiri dari 26 atol yang dipenuhi lebih dari 1.000 pulau yang ditempati oleh puluhan resor, semuanya tersebar di 90.000 kilometer persegi. Sebagian besar pulau di Maladewa dikembangkan untuk fitur pariwisata hanya satu resor.  Terkenal dengan perairan zamrud yang jernih, pantai indah yang membentang sejauh mata memandang, dan tentu saja yang selalu menjadi ikonik tempat ini adalah, bungalow atau cottage di atas air yang mewah.

Wisaata ke Maldives
Terkenal dengan Surfing nya, Photo by TheMaldivesExpert

Wisatawan yang berlibur ke Maldives sudah pasti banyak yang menginap di cottage-cottage yang berdiri megah diatas laut, meskipun masih ada juga yang menginap di penginapan yang ada di pulau. Menginap di cottage dengan fasilitas mewah, ditunjang dengan view hamparan laut bewarna hijau tosca tentu akan membuat pengalaman menginap yang berkesan. Traveler dapat berenang sepuasnya karena hanya tinggal menceburkan diri saja dari cottage tempat tinggalnya.

Maladewa adalah rumah bagi setidaknya 1.192 pulau tak berpenghuni dan 200 pulau berpenghuni. Sebaiknya Traveler dapat menjelajahi beberapa pulau dengan menginap di lebih dari satu resor selama liburan, atau menyewa perahu dan melakukan tur sehari ke atol yang berdekatan, pastikan untuk melakukan Island Hop saat mengunjungi tujuan.

Maldives dunianya snorkling.  Betapa tidak, Traveler cukup mencemplungkan diri tak jauh dari permukaan laut dan sudah dapat melihat keindahan karang atau biota laut di sana. Terumbu karang yang ada disana sangatlah mempesona bagi para pecinta snorkling ataupun diving.  Yang membuat keseruan makin asyik ketika sedang snorkeling tiba-tiba ditemani penyu laut. Wah, makin seru, kan!

Wisata di Maldives
Menikmati Alam Bawah Laut bersama Penyu, Photo by CinnamonHotel

Selain mengeksplorasi keindahan isi laut Maldives, keseruan lainnya dalam menikmati permainan air di sini yaitu surfing.  Yah, Maldives juga dikenal sebagai destinasi papan atas dunia untuk aktivitas surfing ini. Jika Traveler merasa belum mahir, jangan sungkan untuk meminta bantuan karena disana tersedia juga jasa pelatih yang siap mendampingi.  Bulan Maret hingga Oktober merupakan waktu yang tepat untuk berselancar. Untuk bulan Juni hingga Agustus biasanya ombak-ombak besar sering menghampiri. Jika traveler ingin bermain surfing, sebaiknya datang ke Atoll of Male yang populer untuk dikunjungi.

Keunikan lainnya di Maldives atau Maladewa yaitu, memiliki pantai yang bercahaya di malam hari.  Yah, selain memiliki kehidupan laut yang beragam, termasuk pari manta, hiu paus, dan lebih dari 2.000 spesies ikan, sebagian besar pulau dikunjungi oleh plankton bercahaya di titik-titik tertentu sepanjang tahun. Untuk mengalami pertunjukan cahaya ajaib ini, Traveler sebaiknya berkunjung selama musim ramai plankton (pertengahan musim panas hingga pertengahan musim dingin), saat organisme bercahaya melapisi pantai dan menciptakan efek cahaya dalam gelap di tepi air.

Ada baiknya juga, Traveler mengunjungi Mahibadhoo, suatu tempat yang juga sangat indah dan fotogenik. Mahibadhoo adalah sebuah pulau di Maladewa yang sangat bersih, karena penduduk lokal secara sukarela membersihkan pulau ini minimal seminggu sekali. Selain bisa menemukan pemandangan lepas pantai dan melakukan snorkeling di tempat ini, Mahibadhoo juga memiliki beberapa bangunan yang berwarna-warni.  Warna-warni bangunan tersebut menampilkan warna pelangi dengan warna pastel yang sangat instagramable. Traveler dapat menjelajah pulau terpencil dalam sehari di Mahibadhoo ini, mulai dari Dhanbidhoo, Kalhaidhoo, dan Pulau Isdhoo.

Wisata ke Maldives
Penuh Ketenangan dan Menyenangkan, Photo by BarefoofLuxury

Selain keindahan alamnya, Maldives juga terkenal dengan wisata kulinernya. Makanan khas yang ada disana yang cukup terkenal dikalangan wisatawan internasional yaitu nasi briyani, huni roshi, bajiya, gulha, mas huni dan lainnya. Mas huni merupakan makanan khas Maldives yang terbuat dari campuran kelapa dan ikan tuna.  Makanan ini cocok untuk menjadi santapan makan siang.  Sementara huni roshi merupakan makanan khas mirip kebab.(Niel)