Mashumaru, Museum Terapung dan Unik di Hokkaido

Museum ini cukup unik, disebut juga museum yang terapung.

photo by kosublog.com
photo by kosublog.com

Tepatnya terletak di Hakodate, di pulau Hokkaido, Jepang. Museum Mashumaru tidak jauh dari Hakodate Station dan pasar pagi Hakodate, kurang lebih sekitar 10 menit dengan berjalan kaki. Museum ini cukup unik, disebut juga museum yang terapung. Karena memang lokasinya ada di atas kapal. Kapal ini buatan tahun 1960, dan terakhir berlayar pada tahun 1988. Merupakan kapal terakhir yang berlayar antar pulau Hokkaido dan Honshu.

Honshu dan Hokkaido ini adalah 2 pulau besar dan utama yang ada di Jepang. Kedua pulau ini dipisahkan oleh sebuah selat yang bernama selat Tsugaru. Pada masa-masa sebelum tahun 1988, untuk menghubungkan kedua pulau ini, Jepang memilih menggunakan armada kapal. Tetapi, tahun 1988 Jepang meresmikan penggunaan terowongan bawah laut terpanjang di dunia, yakni Seikan dengan panjang 53,85 km dan berada 240 meter di bawah permukaan laut, sehingga perjalanan antar pulau yang tadinya dilayani oleh moda kapal berubah menjadi kereta api.

Kapal ini kemudian ditambatkan pada dermaga aslinya, di pelabuhan Hakodate, dan kemudian disulap menjadi museum terapung, Museum Mashumaru. Terletak di atas kapal sungguhan, semua benda yang ada di museum ini benda-benda asli yang ada di kapal ketika kapal ini masih beroperasi. Ada beberapa ruangan yang dibuka untuk umum, seperti ruang kemudi (Funabashi) dan ruang komunikasi nirkabel. Semua benda-benda di sana masih terletak di tempat aslinya.

photo by flickriver.com
photo by flickriver.com

Namun, ada juga beberapa ruangan yang tidak bisa di akses, seperti ruang mesin utama, ruang control umum dan dek tempat kendaraan. Sedangkan, sebagian ruangan yang lain disulap menjadi ruang untuk pameran dan juga toko kecil yang menjual beberapa jenis souvenir. Ruang duduk penumpangnya, sebagian masih ada. Kursinya cukup enak lho untuk diduduki, ada yang reclining seat juga!

Di ruang pameran museum ini, nampak banyak benda-benda dan peralatan yang pernah dipakai di dalam kapal. Ada jangkar, rantai, jam, kompas dan pernak pernik lainnya. Ada lagi yang menarik, yaitu beberapa maket kapal yang bahkan dilengkapi dengan masa dimana kapal tersebut berlayar.

Kapal-kapal yang sudah tidak digunakan lagi untuk perjalanan dari Honshu ke Hokkaido dan sebaliknya kemudian dialihkan ke pulau lain di Jepang. Tetapi ada juga yang kemudian dijadikan museum, namanya museum kapal Hakkodamaru. Nah, jika Museum Mashumaru terletak di pulau Hokkaido, Museum Hakkodamaru terletak di pulau Honshu. Kedua museum ini merupakan prasasti kehebatan Jepang dalam hal teknologi pembuatan terowongan. (DT)