Mata Langit by Plataran Borobudur, Wisata Kuliner di Atas Jurang

Menikmati Pemandangan 6 Gunung Sekaligus

Mata Langit by Plataran Borobudur
Salah satu Sudut Instagramable, Photo by Rossa

Ini bukan destinasi wisata, tapi kalau dilihat dari fasilitas dan panorama yang dimiliki, laksana objek wisata yang ‘wajib’ disambangi karena memiliki keindahan yang luar biasa.  Tapi, sekali lagi, ini bukan tempat wisata, lho!  Yah, Mata Langit by Plataran Borobudur, adalah sebuah resto yang dikemas dengan sejuta keindahan alam sekitarnya juga spot-spot yang instagramable, yang sayang dilewatkan begitu saja.  Dan uniknya, resto ini berada di atas jurang!

Mata Langit by Plataran Borobudur
Sisi Jurang yang Menganga Lebar, Photo by Matalangit.Borobudur

Mata Langit by Plataran Borobudur menghadirkan sebuah tempat makan dengan view menakjubkan.  Berada di puncak bukit, resto ini menawarkan keindahan alam yang luar biasa.  Bayangkan, dari ketinggian ini, Traveler dapat melihat panorama alam perbukitan yang benar-benar mengagumkan.  Dari sini, terlihat 6 gunung dengan kegagahannya penuh pesona yaitu Gunung Sumbing, Gunung Tidar, Gunung Telemoyo, Gunung Andong, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Tidak saja itu, Traveler juga dapat melihat Sungai Progo, Candi Borobudur dan kota Yogyakarta.

Sambil menikmati keindahan alam serta kuliner disini, ada beberapa paket yang bisa Traveler pilih, seperti paket Paket Breakfast Alfresco (minimal pemesanan 2 orang) dan Paket American Breakfast (minimal pemesanan 4 orang) atau disebut juga  Sunrise Breakfast Picnic atau Paket Lesehan, dengan konsep picnic breakfast.  Spot untuk Breakfast Alfresco sangat spesial dengan mengambil tempat di sekitar bebatuan besar, yang di set-up ala piknik.  Posisi ini langsung menghadap ke lembah luas serta pemandangan ke arah gunung-gunung indah. Namun sebelumnya, Traveler harus reservasi terlebih dahulu, baru bisa datang kesini.  Karena tanpa reservasi, tamu akan ditolak masuk area ini.

Mata Langit by Plataran Borobudur
Menikmati Sajian Makanan di atas Awan, Photo by Matalangit.Borobudur

Menunya juga beragam mulai dari western sampai makanan khas Indonesia.  Ada aneka sop, aneka salad, roasted chicken breast, aneka pasta, soto ayam bathok, gurame asam manis, nasi goreng, sop buntut, ayam bakar dan lainnya.   Rasanya pun sangat lezat!

Sejak pandemik ini, jam buka resto dimulai sejak pukul 7 pagi hingga 7 malam.  Kecuali ada yang reservasi untuk ambil paket breakfast atau lesehan, yang memang dimulai pada pukul 5 pagi dengan jumlah yang datang minimal 2 orang, sementara itu untuk yang reservasi breakfast ala carte yang dimulai pukul 5 pagi dengan minimal orang yang datang sejumlah 4 orang.  Tamu yang datang ke Mata Langit memang disarankan ambil paket sunrise atau sunset.  Kedatangan untuk sunrise sebaiknya paling telat jam 6 pagi sudah ada di Mata Langit, Sementara kedatangan untuk paket sunset sebaiknya jam 4 sore sudah ada disana.  Untuk biaya kuliner sekaligus menikmati spot dan keindahan disini, dikenai biaya Rp 500,000++ untuk 3 orang.

Mata Langit by Plataran merupakan perpaduan wisata kuliner dengan wisata alam perbukitan yang menakjubkan.  Konsep menikmati makanan dengan pemandangan alam yang mempesona ini, benar-benar membuat banyak wisatawan tertarik untuk mendatanginya. Tidak hanya mendapatkan pengalaman seru menikmati sajian hidangan ala bintang lima dengan pemandangan indah, namun Mata Langit juga menghadirkan berbagai macam fasilitas, guna memanjakan tamu yang datang.

Mata Langit by Plataran Borobudur
Sudut Memandang 6 Gunung, Photo by Matalangit

Lokasi Mata Langit ini terletak di Ngargogondo, Kecamatan Borobudur Magelang.  Jarak ke tempat ini dari Candi Borobudur sekitar 7 kilometere atau memakan waktu perjalanan sekitar 20 menit.  Sementara itu, jika Traveler berangkat dari Magelang, berjarak kurang lebih 22 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit.

Letak resto ini di atas bukit dan untuk menuju kesini. Jalanan menuju tempat ini menanjak dan agak sempit, namun mobil dapat melewatinya meskipun harus bergantian.  Yah, begitu memasuki jalan menuju resto, disana ada petugas yang menjaga guna mengatur lalu lintas keluar masuk mobil.(Niel)