Air Terjun Mata Jitu is a Queen Waterfall

Surga di Balik Hutan Pulau Moyo

Air Terjun Mata Jitu
Sir Terjun Yang sangat Mempesona

Keindahan Air Terjun Mata Jitu yang merupakan salah satu destinasi wisata Sumbawa, sangat mengagumkan.  Menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan penuh menakjubkan. Setiap wisatawan yang pernah berkunjung ke lokasi air terjun ini, selalu menyebutnya surga tersembunyi. Yah, air terjun ini sangat memanjakan pandangan mata.  Termasuk wisatawan asing seperti Mendiang Lady Diana juga pernah berkunjung ke tempat ini.  Sejak itu, masyarakat setempat menjuluki air terjun ini sebagai ‘Queen Waterfall’.

Sebutan Air Terjun Mata Jitu sebagai surga tersembunyi di Bumi Sumbawa ini memang benar.  Karena untuk mencapai lokasi air terjun ini, Traveler harus merambah hutan Pulau Moyo.  Karena air terjun ini terletak di balik hutan Pulau Moyo, tepatnya di Desa Labuhan Haji Kecamatan Badas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Air Terjun Mata Jitu
Stalagmit dan Stalaktitnya keren

Nama ‘mata jitu’ merupakan pengungkapan dari masyarakat setempat, bahwa air terjun ini berasal dari mata air yang jatuhnya tepat mengenai kolam dibawahnya.  Uniknya, air terjun ini memiliki empat udakan / tingkatan dan tujuh kolam.  Seperti terasering, air yang mengalirpun terjun berundak-undak, menciptakan panorama yang cantik dan mengesankan.  Keindahan air terjun berundak-undak ini tidak hanya pada air yang turun dari atas. Bebatuan yang telah terbentuk sejak ribuan tahun lalu juga dapat disaksikan di sini.

Keindahan semakin sempurna dengan kehadiran stalaktit-stalagmit yang menghiasi permukaan dinding Air Terjun Mata Jitu. Bentuk stalaktit dan stalagmit yang beragam ini, benar-benar menjadi daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.  Yah, Air Terjun Mata Jitu ini, memiliki magis yang sangat sempurna, yang selalu menarik wisatawan untuk datang dan datang lagi memandang, menikmati dan merasakan keindahannya.  Panoramanya yang begitu asri, komplit dengan deretan pepohonan rimba, sehingga wisata air terjun Sumbawa ini langsung menjadi destinasi wisata favorit di pulau Moyo.

Pemandangan Pulau Moyo yang indah ini, dapat Traveler tempuh selama 2 jam perjalanan dengan menyewa perahu nelayan dari Desa Ai Bari di Kabupaten Sumbawa.  Dari sini, perjalanan masih harus dilanjutkan lagi dengan menggunakan ojek motor, yang memakan waktu kurang lebih selama 20 menit untuk sampai di air terjun yang super cantik ini.    Atau, Traveler memilih trekking,  berjalan kaki selama 1,5 jam. Selama perjalanan menuju air terjun, akan disuguhi pemandangan savana dan perbukitan yang indah. Yah, Traveler akan dimanjakan dengan suguhan alam yang sangat cantik, yang akan mengundang decak kagum siapa pun yang melihatnya.

Air Terjun Mata Jitu
Jatuhnya air berundak, menciptakan keindahan

Mendengar gemericik air sayup-sayup dalam keheningan dan kesunyian alam, di antara rimbunan pohon-pohon tinggi, tersembunyi di balik Hutan Pulau Moyo ini, Traveler akan hanyut dalam imaginasi nan indah.  Tersirap dengan kecantikan dan keindahan Air Terjun Mata Jitu!(Rafa)