Coban Jidor Malang, Air Terjun nan Eksotis di Ujung Timur Malang

Penuh Perjuangan, Namun sangat Memikat

Coban Jidor Malang
Suara Gemuruh Air Terjunnya sangat keras

Kota Malang memang selalu menjanjikan keseruan yang menyihir banyak wisatawan untuk banyak menghabiskan waktu disana.  Dengan iklim dan suhu yang nyaman dan menyejukkan, Malang menawarkan beragam keindahan wisata alamnya.  Seperti air terjun satu ini, dengan panoramanya yang eksotis, berusaha menyihir siapapun yang datang kesana untuk langsung takjub dan terpesona.  Itulah Coban Jidor, air terjun yang sangat memikat.

Dilihat dari artinya, Jidor dalam Bahasa Jawa Timur adalah Bedug Masjid, Coban adalah air terjun / curug.  Karena air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter, sementara itu aliran airnya sangat deras, sehingga jatuhnya air menimbulkan suara yang keras dan jelas seperti bedug yang ditabuh dengan kencangnya.  Itulah asal usul air terjun ini dinamakan Air Terjun Coba Jidor.

Coban Jidor Malang
Suasananya Masih Sangat Asri, Photo by AmazingMalang

Coban Jidor memiliki panorama yang masih sangat asri.  Sungguh sangat memikat. Perpaduan antara hijaunya pepohonan dan air terjun yang menawan, serta  riuhnya suara gemericik air terjun juga suara-suara binatang di sekitar lokasi membuat wisatawan menjadi kerasan disini, hanyut menikmati keindahan alam yang masih jauh dari tangan-tangan pengunjung.  Coban Jidor ini menawarkan pemandangan air terjun yang masih alami, baik alam disekitar lokasi maupun air yang mengalir sangat jernih dan menyejukan.  Aliran airnya  yang sangat bersih, bening dan menyegarkan ini membuat wisatawan yang datang bisa langsung meminum air dari Coban Jidor ini.

Sebelum ke air terjun ini, persiapkan dahulu kondisi fisik Traveler sebaik-baiknya.  Saat melakukan perjalanan ini, Traveler dapat merasakan sensasi yang berbeda.  Sensasi yang cukup menantang melalui jalur yang selalu menanjak, dengan trek yang agak ekstrim dan menguras cukup tenaga,  namun dimanjakan dengan pemandangan yang instagramable.  Jalur ini hanya bisa dilewati oleh pejalan kaki dan pengendara motor.

Coban Jidor Malang
Penunjuk Jalan Yang Memudahkan Traveler

Air terjun yang berada di Dusun Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang ini, dapat ditempuh sekitar 23 kilometer dari pusat Kota Malang, dengan melewati Jalan Raya Benjor. Sekitar 50 menit jarak waktu yang dapat ditempuh dalam perjalanan ini.  Setelah itu, Traveler masih harus berjalan kurang lebih 1 kilometer lagi, untuk mencapai lokasi Air Terjun Coban Jidor ini, juga akan melewati tebing-tebing dan aliran sungai. Air terjun ini letaknya agak tersembunyi, dengan suasana yang masih sepi dan tenang sangat direkomendasikan untuk Traveler yang mencari wisata dengan konsep alam yang nyaman dan tenang.(Adhit)