Mengintip Kosovo, Negara Termuda di Benua Eropa

Liburan Termurah di Eropa

Kosovo
Monumen Newborn, Photo by KosovoInfo

Kosovo merupakan negara muslim terbesar di Eropa yang merdeka pada tanggal 17 Februari 2008. Sebelum menjadi negara sendiri, Kosovo merupakan bagian dari negara Serbia.   Sebagai negara muda yang terletak di bagian tenggara Eropa, Kosovo memiliki beberapa destinasi wisata yang asyik dan  mengagumkan.  Dan yang asyiknya lagi, meskipun masuk dalam wilayah negara Eropa, biaya liburan kesini sangat murah, ketimbang liburan di Eropa lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, Kosovo memiliki lebih dari satu bahasa. Bahasa resmi yang digunakan adalah Alabnia dan Serbia. Namun, selain dua bahasa tersebut, penduduk Kosovo juga menggunakan bahasa Bosnia, Turki, Romani, Kroasia, Inggris dan bahasa Eropa lainnya untuk komunikasi sehari-hari.  Mayoritas penduduknya beragama Islam, tidak heran jika di Kosova begitu mudah menemukan bangunan masjid yang sangat indah dan megah, mulai dari masjid Hadum, masjid Sinan Pasha hingga masjid Xhamia e Madhe.

Beberapa destinasi wisata berikut bisa dijadikan acuan untuk Traveler kunjungi selama berada di Kosovo.

Kosovo
Pegunungan Rugovo, Photo by Panacomp

Pegunungan Rugova

Bagi Traveler punya hiking, mengunjungi Pegunungan Rugova akan menjadi keseruan tersendiri yang sangat mengasyikkan.  Pegunungan ini jadi destinasi yang wajib untuk dijelajahi. Nuansa sangat indahnya kental dengan alam Kosovo yang begitu eksotis.  Sejauh-jauh mata memandang selama perjalanan hiking, Traveler akan terpesona dengan alam ini.  Dan ketika sampai di puncak Hajla, puncak yang menandai perbatasan antara Kosovo dan Montenegro, rasa takjubpun akan semakin memuncak, mendapat lukisan alam Sang Pencipta yang begitu memukau.

Patriarchate of Pec

Patriarchate of Pec ialah komplek gereja yang memiliki keunikan pada setiap bangunannya, karena mengadopsi gaya arsitektur abad pertengahan Serbia, yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.   Patriarchate of Pec sudah ada sejak abad ke-13. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, Patriarchate of Pec merupakan salahh satu tempat bersejarah di Kosovo. Keunikan Patriarchate of Pec ini dilirik oleh UNESCO sehingga destinasi ini masuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2006.

Kosovo
Patriarchate of Pec, Photo by Wikimedia.

Masjid Kekaisaran

Masjid Kekasisaran merupakan bangunan yang sangat megah dan indah yang terletak di Pristina, berdiri sejak tahun 1690. Masjid ini dibangun oleh Sultan Mehmet II Fatih atau Muhammad Al Fatih yang tak lain ialah Sultan Ottoman, sang penakluk yang pernah meluluhkan kota Konstantinopel, Turki saat Perang Salib.

Interior masjid sangat indah.  Tak heran keindahannya ini menyita perhatian siapapun yang mengunjungi masjid ini.  Terutama pada bagian atap yang terdapat aneka ragam bentuk mosaik yang menghiasi masjid ini.

Kosovo
Air Terjun Mirusha

Air Terjun Mirusha

Wisata Air Terjun Mirusha merupakan salah satu destinasi yang cukup populer di Kosovo.  Memiliki kekayaan akan panoramanya yang cantik, air terjun ini memiliki  ketinggian sekitar 22 meter. Air terjun ini mengalir ke sungai Mirusha yang mana banyak wisatawan memanfaatkannya untuk berenang atau sekadar duduk santai di bebatuan pinggir sungai sembari menikmati keindahan air terjun Mirusha.

Danau Gazivoda

Danau Gazivoda merupakan danau buatan namun keindahannya seperti danau alami. Penampakan alam danau ini bak permata berwarna hijau, karena di sekitar danau dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan hijau, sungguh sangat asri dipandangnya. Dan, meskipun hanya danau buatan, banyak wisatawan yang berkunjung kesini, menikmati danau ini. Danau Gazivoda terbentuk dari aliran sungai Ibar, yang difungsikan sebagai pasokan irigasi dan air minum di wilayah tengah dan utara Kosovo.

Kosovo
Danau Gazivoda, Photo by Wikipedia

Monumen Newborn

Tak afdol rasanya berkunjung ke Kosovo tidak mampir ke Monumen Newborn. Monumen ini juga melambangkan negara Kosovo.  Jadi, Traveler harus kesini dan mengabadikannya dalam photo-photo yang mengesankan.  Monumen yang sudah berdiri sejak 2008 ini dibuat sebagai bentuk deklarasi kemerdekaan Kosovo dari Serbia. Tak hanya itu, pada tembok monumen ini, di cat warna bendera negara-negara yang mengakui kedaulatan Kosovo.(Rafa)