Melihat Keindahan Danau Biru Kolaka Utara

Keindahan alamnya yang sangat memikat.

Photo by dwex12

Menginjakkan kaki di tempat wisata yang satu ini akan membuat traveler tidak ingin beranjak lagi karena keindahan alamnya yang sangat memikat, yaitu Danau Biru Kolaka Utara.  Danau Biru terletak di Desa Walasiho, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.  Berjarak 320 km dari Kendari. Jika traveler dari Kendari maka akan memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan untuk mencapai ke lokasi.

Ada 2 opsi untuk menuju ke Danau Biru. Yang pertama menggunakan Bus atau kendaraan pribadu rute Kendari-Makasar kemudian menuju Kolaka. Opsi yang ke dua menggunakan pesawat dari Bandara Internasional Hasanudin Makasar ke Bandara Sangia Nibandera Kolaka. Jalur darat ke tempat ini seperti pegunungan, naik turun dan tikungan tajam. Jadi sangat disarankan berkunjung bersama rombongan untuk bergantian menyetir kendaraan. Tiket masuk Danau Biru sebesar Rp10 ribu per orang, sedangkan biaya parkir mobil hanya Rp5 ribu dan Rp3 ribu untuk biaya parkir motor.

Photo by bary_sukarta

Menurut masyarakat setempat sumber air Danau Biru berasal dari tempat duduk bertapa seorang putri raja. Benar atau tidaknya, pesona danau ini sangat menawan. Dinding bebatuan terlihat kokoh mengelilingi danau serta bukit dan pohon-pohon di sekitarnya menjadi pelengkap pesona Danau Biru.

Danau ini mempunyai air berwarna biru. ketika cuaca cerah, perpaduan antara air danau dengan pantulan cahaya matahari akan terlihat memukau. Kedalaman Danau Biru kurang kebih 7m, traveler bisa berenang menikmati air payaunya. Di sebalah kanan terdapat dinding atau tebing yang cukup tinggi, traveler bisa lonca dari dinding itu, tentunya jika traveler berani. Di Danau Biru juga menyediakan spot foto bagi traveler yang ingin mengabadikan momen dengan latar belakang yang keren. Live streaming keindahan ini di sosial mediamu, jadi keasyikkan tambahan dalam petualangan ini. Jangan lupa selalu gunakan XL atau Axis yang jaringan internetnya stabil. Dengan jaringan internet XL Axiata yang telah terfiberisasi, streaming pun tidak lola. Click disini untuk memastikan jaringan daerahmu sudah terjangkau XL Axiata 4.5G.

Fasilitas di sini sangat banyak, diantaranya gazebo, kamar mandi, toilet, dan kamar ganti ganti baju. Terdapat juga tempat sampah di beberapa titik danau yang bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kelestariannya. Meskipun di Danau Biru banyak ikan, tetapi traveler tidak boleh memancing. Karena warga setempat percaya siapa pun yang memakan atau mengambil ikan dari danau ini, akan mendapatkan malapetaka.

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos tersebut, alangkah baiknya traveler harus mematuhi larangan itu. Anggap saja larangan memancing di Danau Biru bertujuan untuk melestarikan ekosistemnya. #JaringanInternetStabil #Fiberisasi  (AS/IPG)