Berpetualang di Padang Pasir Eksotis ‘The Sand Dunes, Vietnam’

Memiliki padang pasir cantik yang terkenal.

Vietnam, sand dunes

Mui Ne, sebuah lokasi indah yang terdapat di negri Vietnam, yang menyajikan banyak tempat-tempat destinasi wisatanya Vietnam. Berkunjung ke Mui Ne dari ibukota Vietnam Ho Chi Min, bisa ditempuh dengan menggunakan bus. Karena jarak tempuh yang cukup jauh, biasanya bus yang digunakan adalah Sleeper Bus.

sand dunes Vietnam, indonesiatraveler.id, indonesia traveler
photo by Fruugo

Terletak di bagian selatan Vietnam, di propinsi Binh Thuan, kota Mui Ne memiliki padang pasir cantik yang terkenal dengan pasirnya yang berwarna putih dan merah, yaitu The Sand Dunes. The Sand Dunes adalah salah satu tempat wisata di Vietnam yang paling terkenal, terlihat lebih seperti dessert atau padang pasir, selain tempat wisata terkenal lainnya seperti pantai Mui Ne dan Phan Thiet. Jarak dari laut Phan Thiet sekitar 65 km.

The Sand Dunes atau yang lebih populer disebut dengan gumuk pasir, adalah hasil dari bentukan alam yang tercipta secara alami. Bentukan alam ini merupakan paduan dari dampak angin dan batuan alam yang terjadi secara terus menerus, sehingga terbentuklah gumuk dengan motif yang khas dan unik.Hal ini jarang ditemui di tempat lain. Sand Dunes ini biasanya terbentuk di daerah-daerah kering dan tandus seperti wilayah timur tengah yang banyak memiliki padang pasir.

Vietnam, sand dunes, indonesiatraveler.id, indonesia traveler
Vietnam, sand dunes

Ada dua tempat di Sand Dunes yang bisa dikunjungi, yaitu White Sand Dunes dan Red Sand Dunes. White Sand Dunes dengan area yang cukup luas, oleh penduduk setempat dikenal dengan nama Bau Trang atau White Lake. Terdapat banyak pohon-pohon pinus, sehingga di area White Sand Dunes banyak spot-spot yang memberikan keteduhan, juga tersedia sarana penyediaan untuk jajanan makanan dan minuman.   Disini juga terdapat danau kecil ditengah padang pasir yang berwarna putih sehingga membuat tempat ini makin menarik untuk dikunjungi dan menjadi objek photo buat para photografer. Suasananya cukup teduh ini menambah nuansa romantis di tempat berpasir tersebut. Untuk menikmati sahara White Sand Dunes ini, dengan mengirit rasa lelah, Traveler dapat menyewa ATV untuk berkeliling di hamparan pasir putih itu seharga USD 25.00. Tapi jika tidak pun, Traveler bisa berjalan pelan-pelan, sambil menikmati panorama sekitar, untuk sampai ke tengah hamparan pasir tersebut.

Vietnam sand dunes, indonesiatraveler.id, indonesia traveler
photo by Alamosa

Sedangkan di Red Sand Dunes, area nya  tidak terlalu luas, namun keindahan pasirnya yang berwarna merah, menjadi daya tarik tersendiri sahara ini. Bulir pasirnya lebih kasar ketimbang bulir pasir di White Sand Dunes. Lokasi ini berada tepat di pinggir jalan, sehingga Red Sand Dunes sering menjadi lokasi yang pertama yang lebih banyak dikunjungi oleh para turis karena aksesnya yang cukup dekat. Para pengunjung biasanya mencoba bermain papan seluncur, yang terbuat dari bahan fiber atau jika musim sedang berangin, biasanya banyak yang bermain layangan.

White Sand Dunes, bulir pasirnya terasa lebih halus dan lokasi tempatnya ini berada agak lebih dalam dari akses jalan raya, sehingga membuat area wisata White Sand Dunes ini jadi lebih sepi dibanding Red Sand Dunes.

Ingin berburu sunset dan menikmati eloknya sunrise di Sand Dunes Vietnam? Menginap saja di hotel yang berada di sekitar sini! Jelang sunset atau sunrise, keajaiban dunia akan langsung dirasakan. Lukisan alam nan alami dan cantik, ada di depan mata. Yah, mata akan terpana dengan pemandangan yang ada. Betapa tidak? Suguhan pemandangan alam khas The Sand Dunes Vietnam yang keunikannya tidak dapat jumpai ditempat lain, siap dilahap. Bagaikan berpetualang di negeri antah berantah, Traveler akan merasakan sensasi dan pengalaman yang sangat berbeda dari perjalanan yang pernah dilakukan sebelumnya. (Nil/berbagai sumber)