Mencicipi Makanan Khas Vietnam

Masakannya menggunakan sedikit minyak dan banyak sayuran.

Saat ini, masakan Vietnam mulai familiar dirasakan banyak masyarakat Indonesia. Sedikit banyak memang bahan utamanya tidak jauh beda dengan kekhasan masakan Indonesia. Dan, alangkah serunya tahu lebih detail jenis-jenis makanan khas mereka. Yah, masakan Vietnam menggunakan sedikit minyak dan banyak sayuran. Makanan utama sering terdiri atas beras, kecap asin dan kecap ikan. Karakter rasanya adalah manis yang di ambil dari manisnya gula, pedas didapat dari serrano peppers, asam yang diracik dari perasan jeruk nipis, umami dari kecap ikan dan berbagai rasa dari mint dan kemangi. Lezat? Sudah pasti!

Berikut ini, indonesiatraveler.id mengulik beberapa jenis makanan khas Vietnam, yang rasanya menendang!

Pho, Noodle Soup

Paling favorit dan selalu diserbu banyak orang. Terdiri dari mie beras atau kwetiau, ditaburi irisan daging sapi atau ayam yang diris tipis-tipis, disajikan dengan semangkuk sup yang dicampur sedikit toge dan daun jeruk. Beberapa pengelola rumah makan Pho bahkan juga ada yang menambahkan daging Pork kedalam sajian ini loh! Untuk itu, hati-hati dan sebaiknya terlebih dahulu check label halal dalam resto tersebut, karena yang halal pun juga sudah banyak.

Banh Cuon, Sajian Kue Beras Kukus

Berupa kue beras kukus yang tipis dan lembut, rasanya cukup gurih. Rasa gurih ini didapat dengan adanya bawang goreng yang bercampur dengan potongan mentimun, daun selada, serta irisan daging. Biasanya sajian ini dihidangkan bersamaan dengan tempura udang dan gorengan kacang hijau. Saus ikan pun turut disajikan guna menambah kayanya cita rasa dari sajian Vietnam yang satu ini.

Ca Kho To, Hidangan Unik Dalam Clay Pot

Makanan yang disajikan dalam Clay Pot memang banyak jenisnya. Tapi Cha Kho To khas Vietnam, bisa dibilang cukup istimewa! Hidangan Ca Kho To dalam clay pot ini merupakan sebuah sajian klasik masyarakat Vietnam yang masih saja dilestarikan dari generasi ke generasi.

Anda yang doyan berwisata kuliner harus siap meluangkan waktu untuk menyantap makanan khas Vietnam yang wajib dicicipi ini! Kuah kentalnya sungguh menggugah selera!

Banh Mi, Sandwich Vietnam

Banh Mi, Sandwich-nya khas Vietnam yang merupakan pengaruh dari kebiasaan masa penjajahan Perancis dahulu. Saat itu, roti-roti Perancis mewarnai kuliner Vietnam. Oleh karena itu Banh Mi menggunakan roti baguettes yang kemudian diisi dengan berbagai macam daging, baso ikan, acar wortel, dan lobak. Berhati-hatilah, karena Banh Mi juga berisi potongan cabai yang membuat rasa pedas nan nikmat di mulut, lho!

Goi Cuon

Goi Cuon adalah lumpia khas Vietnam. Beda dengan lumpia Indonesia, lumpia Vietnam penampilannya dengan kulit yang agak transparan, terbuat dari tepung beras yang dikukus. Kulit ini diisi dengan hidangan laut seperti udang, sayuran, dan yang menjadi ciri khas lumpianya Vietnam adalah adanya potongan daun ketumbar. Menyantap goi cuon biasanya dicocol dnegan saus kecap ikan. Goi cuon biasa dijadikan makanan pembuka, baik di restoran kaki lima sampai restoran fine dining besar di Vietnam.

Kopi Vietnam

Sebagai penikmat kopi sejati, harus juga mencicipi kopi khas Vietnam ini. Ciri khas kopi vietnam adalah menggunakan cangkir tetes di bagian atas, yang berfungsi untuk menyaring ampas kopi agar tidak jatuh ke dasar gelas. Kemudian penggunaan susu kental manis, hingga menimbulkan rasa karamel pada saat kopi diminum. Kopi Vietnam bisa diminum dalam kondisi hangat atau dingin, tetap tidak mengurangi kelezatan dan cita rasa kopi tersebut.

Ada istilah atau sebutan dari kopi vietnam ini. Dalam  Bahasa Inggris-nya, Vietnamese Drip Coffee atau nama aslinya ca phe sua da, disingkat jadi cafe da. Asal usul kopi Vietnam juga tak luput dari andil Perancis, yang pernah singgah di Vietnam. Kopi dibawa Perancis ke Vietnam sekitar tahun 1850-an. Begitu pula dengan budaya minum susu. Susu kental manis berperan menetralisir rasa pahit dari biji kopi yang dipanggang sampai gosong. Dan sampai sekarang, budaya kopi Vietnam jadi ciri khas Vietnam juga.(Nil/berbagai sumber)